Manfaat Koperasi Karyawan di Dalam Sebuah Perusahaan

Koperasi karyawan merupakan sebuah koperasi di suatu perusahaan dan biasanya untuk anggotanya sendiri yaitu karyawan-kawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Sebenarnya kehadiran dari koperasi untuk karyawan ini tidak jauh berbeda dengan koperasi pada umumnya yang menerapkan asas kekeluargaan di dalamnya.

Tujuan didirikannya koperasi tersebut yaitu guna mengembangkan perekonomian serta membantu kesejahteraan setiap karyawan yang ada di perusahaan. Sifat dari koperasi untuk karyawan ini sangat terbuka sehingga tidak adanya paksaan apapun dan semua anggota di perusahaan boleh ikut asalkan memang masih bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Manfaat Koperasi Karyawan di Dalam Sebuah Perusahaan

Pengertian Koperasi Karyawan

Koperasi untuk karyawan apa yang dikenal dengan kopkar ini menjadi sebuah koperasi yang posisinya berada di dalam perusahaan dengan anggota karyawan perusahaan yang bersangkutan. Koperasi yang satu ini juga menggunakan asas kekeluargaan sama seperti halnya koperasi pada umumnya yang memiliki tujuan guna membantu kesejahteraan setiap karyawan yang ada di dalam perusahaan.

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Karyawan

Dengan memahami Koperasi untuk karyawan ilmunya bisa merasakan apa saja manfaat yang dihadirkan dengan bergabung menjadi anggota. Bahkan sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menghadirkan koperasi untuk karyawan yang disingkat dengan kopkar.

Inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika sudah menjadi anggota dari kopkar:

1. Belajar Tentang Organisasi

Apabila tergabung menjadi anggota Golkar tentunya semua hal di dalamnya itu akan diurus juga oleh anggota yang telah masuk ke kopkar. Inilah yang menjadikan setiap anggota bisa saling membantu anggota lain untuk belajar organisasi guna meningkatkan kemampuannya.

2. Melakukan Pengaturan Keuangan Dengan Baik

Manfaat lain yang bisa dirasakan ketika menjadi anggota bentuk koperasi yang satu ini maka kamu akan lebih mudah untuk mengatur keuangan dengan baik. Setiap orang memang tidak semuanya memiliki kemampuan dalam pengaturan keuangan dengan baik sehingga gaji bulan yang diterimanya bisa habis dalam waktu sekejap.

Apabila kamu masuk ke dalam anggota kopkar ini tentunya bisa melakukan pengaturan keuangan dengan baik karena kamu sudah mengetahui akan menyisihkan sebagian gaji bulanan yang dimasukkan ke dalam koperasi. Perlu diperhatikan bahwasanya terdapat sejumlah koperasi karyawan dengan iuran yang berasal dari pemotongan gaji secara langsung.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Saling Membantu Satu Sama Lain

Pada saat kamu memutuskan untuk bergabung untuk menjadi anggota kopkar dan melakukan penyimpanan sebagian dana di dalam kopkar ini maka secara tidak langsung kamu juga turut membangun modal kopkar. Hal inilah yang nantinya memberikan kemudahan bagi setiap karyawan lain ketika membutuhkan uang ke koperasi apabila sedang sangat membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Akan tetapi perlu dipahami bahwasanya koperasi juga menekankan untuk melakukan pemilihan uang pada saat terdapat hal yang mendesak saja. Dengan demikian koperasi tidak akan mengutamakan orang yang meminjam uang hanya untuk kebutuhan konsumtif semata.

4. Memperoleh Keuntungan

Ketika bergabung menjadi anggota komkar tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan dari koperasi berupa SHU atau sisa hasil usaha. Sementara itu untuk pembagian sisa hasil usaha biasanya akan ditentukan ketika dilakukan rapat anggota tahunan.

Pembagian sisa hasil usaha yang akan diterima harus disesuaikan dengan kebijakan setiap koperasi yang ada di dalam perusahaan. Dengan demikian setiap anggota tidak bisa melakukan penolakan karena sebelumnya sudah dilakukan rapat terlebih dahulu untuk seberapa besar sisa hasil usaha yang akan diterima oleh setiap anggota.

Cara Kerja Koperasi Karyawan

Cara kerja dari kopkar ini pada kenyataannya dilandasi dengan adanya prinsip-prinsip dari koperasi diantaranya:

  • Pembagian SHU yang harus dilakukan secara adil dan sesuai dengan besaran jasa dari setiap masing-masing anggota
  • Melakukan pengelolaan secara demokratis
  • Mengutamakan kemandirian
  • Pendidikan perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi
  • Keanggotaan dengan sifat sukarela dan terbuka
  • Pemberian balas jasa yang terbatas untuk modal.

Sementara itu untuk segi prakteknya sendiri jika mengacu terhadap koperasi simpan pinjam, maka cara kerja dari koperasi ini yaitu antar anggotanya melakukan pembayaran iuran serta cicilan yang dilakukan secara rutin dan. Jika ternyata koperasi karyawan tersebut dibangun dengan fungsi yang sama maka untuk cara kerjanya cenderung tidak jauh berbeda dengan cara kerja yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam.

Tujuan dan Fungsi Koperasi Karyawan

Adanya tujuan terbentuknya Koperasi untuk karyawan yaitu guna memberikan kontribusi untuk memberikan kesejahteraan dan membangun pengembangan taraf perekonomian antar karyawan yang menjadi anggota di dalam koperasi pada sebuah perusahaan. Semua hal yang dilakukan tersebut berhubungan dengan produktivitas karyawan yang tidak mampu diberikan oleh perusahaan maka akan disediakan bentuk koperasi ini.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik

Dengan demikian perusahaan ataupun karyawan akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan di dalam kopkar. Adapun untuk tujuan dan fungsi adanya kopkar di dalam perusahaan sebagai berikut:

  • Mampu berperan secara aktif untuk membantu dalam meningkatkan kualitas hidup setiap anggota kopkar
  • Meningkatkan kesejahteraan sosial dengan cara membangun potensi dari ekonomi setiap anggota dan masyarakat umum
  • Mengembangkan dan mewujudkan perekonomian nasional menjadi lebih baik dengan adanya sejumlah kegiatan usaha bersama dengan berlandaskan demokrasi ekonomi serta asas kekeluargaan
  • Menguatkan sistem perekonomian sebagai dasar dari ketahanan dan kekuatan ekonomi nasional sebagai pondasinya.

Struktur Organisasi Koperasi

Supaya sebuah koperasi yang di jalan ini bisa berjalan dengan lancar maka akan dibutuhkan adanya struktur organisasi yang baik. Hal ini tentunya mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia No.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

Semua koperasi yang ada di Indonesia memiliki struktur organisasi kepengurusan guna melakukan pengelolaan koperasi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa bagian dari struktur organisasi kepengurusan dalam menjalankan koperasi untuk karyawan di sebuah perusahaan:

  • Rapat anggota untuk membahas kebijakan atau keputusan
  • Pengurus inti dan pengurus lengkap
  • Pengawas
  • Manajer atau pengelola
  • Unit usaha
  • Sejumlah anggota.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait koperasi karyawan yang ada di dalam perusahaan untuk memberikan kesejahteraan secara maksimal bagi anggotanya. Koperasi ini menawarkan sisa bagi hasil sehingga memberikan keuntungan bagi setiap anggota yang tergabung.