bunga deposito bank bukopin

Bunga deposito Bank Bukopin terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa bank lain yang ada di Indonesia. Deposito memang tidak jauh berbeda dengan tabungan namun perbedaannya deposito akan memberikan bunga yang jauh lebih tinggi dibandingkan bunga pada tabungan.

Baca Juga Artikel Cara Bunga Deposito Lainnya dari Transfez

Bunga Deposito Line Bank
Bunga Deposito Bank Mandiri
Bunga Deposito Bank Central Asia
Bunga Deposito Bank Neo
Bunga Deposito Bank Rakyat Indonesia
Bunga Deposito CIMB Niaga

Apabila dibandingkan, bunga tabungan pada bank kisaran pada angka 0,5% sampai 3,0%, sementara itu untuk bunga deposito paling tinggi pada bank bisa mencapai angka 5% per tahunnya.

bunga deposito bank bukopin

Besaran bunga deposito tertinggi ini bisa berbeda tergantung dari bank yang mengeluarkan salah satunya adalah Bank Bukopin.

Daftar Bunga Deposito Bank Bukopin Dan Bank Lain

Data bunga deposito tertinggi yang ditawarkan oleh beberapa bank bisa dilihat di laporan harian bank umum atau LHBU Bank Indonesia. Bunga deposito Bank Bukopin juga bisa mengalami perubahan karena harus menyesuaikan dengan adanya perubahan suku bunga acuan pada bank Indonesia itu sendiri.

Bunga deposito akan selalu mengalami perubahan untuk jangka waktu Deposito yang telah disepakati antara bank dan nasabah mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan bahkan 12 bulan. Berikut inilah daftar Bank yang menawarkan bunga deposito tertinggi pada tahun 2021:

1. Bunga Deposito Untuk 1 Bulan

Bank Bunga Deposito (%)
BANK KB BUKOPIN 4,25%
BANK MAYORA 4,13%
J TRUST BANK 4,00%
BANK COMMONWEALTH 3,75%
BANK HSBC INDONESIA 3,63%
BANK PERMATA 3,38%
STANDARD CHARTERED BANK 3,38%
BANK BTPN 3,20%
BANK DANAMON INDONESIA 3,20%
BANK TABUNGAN NEGARA 3,13%

2. Bunga Deposito Untuk 3 Bulan

Bank Bunga Deposito (%)
BANK KB BUKOPIN 4,38%
J TRUST BANK 4,25%
BANK MAYORA 4,13%
BANK COMMONWEALTH 3,99%
BANK SINARMAS 3,75%
BANK HSBC INDONESIA 3,63%
BANK BTPN 3,50%
STANDARD CHARTERED BANK 3,50%
BANK DANAMON INDONESIA 3,38%
BANK PERMATA 3,38%

3. Bunga Deposito Untuk 6 Bulan

Bank Bunga Deposito (%)
BANK KB BUKOPIN 4,63%
BANK COMMONWEALTH 4,00%
BANK MAYORA 4,00%
STANDARD CHARTERED BANK 3,75%
BANK UOB INDONESIA 3,65%
BANK DANAMON INDONESIA 3,63%
BANK BTPN 3,50%
BANK HSBC INDONESIA 3,50%
BANK MAYBANK INDONESIA 3,25%
BANK PERMATA 3,25%

4. Bunga Deposito Untuk 12 Bulan

Bank Bunga Deposito (%)
BANK KB BUKOPIN 4,88%
BANK MAYORA 4,00%
STANDARD CHARTERED BANK 4,00%
J TRUST BANK 3,75%
BANK COMMONWEALTH 3,75%
BANK HSBC INDONESIA 3,58%
BANK BTPN 3,38%
BANK DANAMON INDONESIA 3,38%
BANK UOB INDONESIA 3,30%
BANK PERMATA 3,25%

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Bukopin

Dengan kamu mengetahui daftar bunga deposito tertinggi dari beberapa bank yang ada di Indonesia maka kamu juga harus memperhatikan cara perhitungan yang benar untuk deposito. Sebelum memutuskan untuk menanamkan dana pada deposito maka ketahui tentang keuntungan yang nantinya akan didapatkan pada masa akhir periode jatuh tempo deposito, dalam perhitungan deposito terdapat cara mengetahui seberapa besar keuntungan yang nantinya didapatkan sebagai berikut:

• Menghitung keuntungan bunga deposito Bank Bukopin yang akan diterima setiap bulan
• Melihat secara keseluruhan atas pendapatan yang nantinya akan kamu terima ketika deposito tersebut sudah jatuh tempo

Selain itu juga perlu kamu ketahui dalam melakukan kegiatan investasi deposito maka kamu akan dikenakan pajak dalam pph pasal 4 ayat 2 yang menyatakan bahwa deposito termasuk objek kena pajak dengan nilai pajak sebesar 20%. Berikut inilah rumus dan cara menghitung bunga deposito yang dapat kamu ketahui:

Total Pendapatan Pada Waktu Jatuh Tempo

Dalam hal ini kamu bisa memilih masa tenor deposito sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Melalui cara yang satu ini kamu bisa mengetahui besaran keuntungan dari bunga deposito dengan cara menjumlahkan setoran pokok awal dan profit bersih bunga deposito tertinggi sesudah dikurangi pajak deposito, berikut inilah cara perhitungannya:

• Dana: Rp10 juta
• Jangka waktu (tenor): 3 bulan
• Bunga deposito: 5%
• Pajak deposito: 20%.
• Perhitungan bunga deposito: Profit bunga deposito = (setoran pokok x bunga deposito x tenor) / 365 hari
• Jumlah pajak deposito = tarif pajak x profit bunga deposito
• Total pendapatan deposito saat jatuh tempo
• Bunga deposito selama 3 bulan
• Total deposito selama 3 bulan

Keuntungan Bunga Deposito Setiap Bulan

Apabila kamu Penasaran dengan perhitungan secara detail untuk mengetahui keuntungan yang nantinya bisa kamu dapatkan dari bunga deposito setiap bulan maka kamu bisa menghitungnya terlebih dahulu. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Bunga deposito x setoran pokok x 30 hari x (100% – pajak)] / 365 hari

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Ciri khas deposito

Jika kamu sudah mengetahui bunga deposito Bank Bukopin maka perlu memahami ciri khas deposito dibandingkan dengan jenis investasi yang lain. Hal ini mulai dari waktu pencairan, besaran bunga yang nanti bisa didapatkan dan tingkat resiko dengan mengambil deposito tersebut.

Berikut inilah ciri khas dari deposito yang dapat kamu ketahui:

1. Waktu Pencairan

Apabila kamu sudah memutuskan untuk mengambil deposito maka uang yang ditanamkan tidak bisa dicairkan sebelum waktunya jatuh tempo yang menjadi kesepakatan di awal. Pilihan jatuh tempo yang ditawarkan oleh bank yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan sampai 24 bulan.

2. Bunga Yang Didapatkan

Besaran bunga deposito bank yang nantinya didapatkan tergantung dari seberapa banyak uang yang kamu simpan pada deposit. Selain itu juga bank yang bersangkutan memiliki pengaruh yang besar terhadap besaran bunga yang nanti bisa didapatkan oleh nasabah.

3. Menjadi Jaminan

Deposito merupakan investasi yang sangat menarik karena bisa dijaminkan. Meskipun dalam hal ini tidak semua bank dapat menjadikan deposito sebagai jaminan akan tetapi dengan demikian bisa menarik nasabah yang ingin melakukan kegiatan deposito.

4. Tingkat Risiko

Deposito memang banyak dipilih oleh kalangan nasabah karena menawarkan risiko yang terbilang lebih rendah. Selain itu juga deposito sudah dijamin oleh lembaga penjamin simpanan sehingga menjadi investasi yang sangat aman untuk dilakukan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait bunga deposito Bank Bukopin yang bisa menjadi pilihan bagi nasabah untuk menyimpan sejumlah dana dan mendapatkan keuntungan. Deposito Bank Bukopin menawarkan bunga yang cukup tinggi dibandingkan dengan bank lain.

Instagram