Artikel tenor dari Transfez

Istilah tenor sangat erat hubungannya dengan pinjaman atau kredit. Tak jarang pula orang-orang masih kurang mengerti dengan istilah tenor yang satu ini.

Tenor adalah hal utama bagi kamu sebagai orang yang ingin mengajukan atau memutuskan untuk menggunakan kartu kredit.

Oleh karena itu supaya tidak ada kesalahan untuk kamu menentukan tenor pinjaman maka simak rangkuman lengkap tentang defines tenor dan berbagai jenisnya dibawah ini.

Artikel tenor dari Transfez

Pengertian Tenor

Dalam definisinya, tenor merupakan lamanya durasi atau waktu angsuran yang mana ditentukan dari kredit atau pinjaman yang kamu akan ajukan.

Dengan begitu kamu harus melunasi kredit tersebut sesuai dengan tenor yang sudah disepakati bersama. Tenor juga nantinya akan berpengaruh pada besaran nominal bunga pinjaman. Manfaat dari tenor sendiri adalah untuk dapat memastikan bahwasanya kamu memang bisa atau sanggup melunasi atau membayar angsuran dalam setiap bulannya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Sebagai contoh kamu meminta atau mengajukan pinjaman dengan waktu tenor selama 10 bulan. Maka dengan kasus yang seperti itu, tenor sebagai penentu nominal atau besaran uang yang harus dibayarkan tiap bulannya nanti.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Jenis-Jenis Tenor

Tenor panjang

Tenor yang satu ini adalah pemberian jangka waktu yang cukup lama untuk dapat melakukan pelunasan pinjaman dana. Tiga sampai lima tahun ialah jangka waktu yang biasanya diberikan untuk pengajuan kredit bermotor.

Sedangkan waktu 15 hingga 20 tahun adalah waktu untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa kita sebut KPR. Para karyawan dengan penghasilan tetap biasanya menggunakan tenor dalam kategori ini karena dipercaya oleh bank supaya tidak terjadinya kredit macet.

Tak hanya karyawan, para debitur dengan penghasilan stkamur pun biasanya menggunakan tenor panjang ini, karena tenor panjang ini dapat membayar cicilan jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan tenor pendek.

Walaupun begitu, jika memakai tenor panjang ini maka jumlah total pinjaman keseluruhan menjadi lebih besar karena jangka waktu yang cukup panjang membuat bunga yang dibayarkan selama cicilan berlangsung akan menjadi lebih banyak.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Tenor pendek

Tenor pendek adalah waktu singkat dalam jangka pelunasan pinjaman uang yang diberikan, waktu yang diberikan biasanya selama enam bulan hingga dua tahun.

Orang-orang yang memakai tenor yang satu ini bisa mengembalikan dana atau pinjamannya dengan jumlah total pinjaman yang lebih ringan.

Karena jangka waktu pembaginya lebih sedikit jika dibandingkan dengan tenor panjang maka jumlah cicilan yang wajib dibayar tiap bulannya menjadi lebih besar.

Kredit Pemilikan Rumah

Jenis tenor yang sering kita dengar ini KPR adalah sebuah kredit yang biasanya digunakan orang-orang untuk dapat membeli sebuah rumah impian. Terdapat dua buah suku bunga berbeda dalam KPR ini yang ditawarkan oleh bank, yaitu:

a. Floating rate atau suku bunga mengambang, yang memiliki arti tingkat bunga dalam cicilan yang akan terus berubah dan menyesuaikan dengan kondisi tingkat bunga kredit yang ada serta berlaku di pasar.

b. Fixed rate atau suku bunga tetap adalah tidak adanya perubahan dalam tingkat bunga selama cicilan, tentu saja ini menguntungkan bagi pembeli.

Kredit dengan Agunan

Kredit dengan agunan ini biasanya juga disebut dengan Kredit Multiguna yang memerlukan jaminan.

Kredit Tanpa Agunan

KTA ini adalah salah satu solusi kredit yang cukup populer. Karena persyaratannya yang cukup sederhana yaitu tanpa adanya jaminan yang diminta oleh pihak debitur, maka kredit tanpa agunan ini menjadi sangat disukai banyak orang.

Walaupun seperti itu cicilan yang harus dibayarkan akan menjadi lebih besar karena bunga yang diberikan akan lebih tinggi.

Contoh Tenor

Kredit dengan Agunan

Bank A memberikan penawaran produk kredit dengan agunan yang membutuhkan jaminan dari kamu seperti rumah, apartemen atau ruko.

Terdapat bermacam-macam tenor yang ditawarkan, hal tersebut tergantung dari kebijakan debitur yang biasanya dimulai dari 3-5 tahun atau mungkin bisa lebih.

Kredit Tanpa Agunan

Bank C menawarkan kredit tanpa agunan atau pinjaman tanpa jaminan dengan bunga dari 0.55 persen pada setiap bulannya dengan tenor mulai dari 12 bulan hingga 6 tahun lamanya.

Faktor Penentu Tenor

Kreditur berhak melihat seberapa besar kesanggupan kamu untuk membayar angsuran karena tenor adalah waktu yang telah disepakati bersama oleh kreditur dan debitur.

Maka dari itu ada beberapa faktor yang biasanya dilihat oleh kreditur, yaitu dari penghasilan, rumah, kendaraan yang dimiliki, dan harta-harta lainnya.

Kreditur juga akan memberikan penawaran atau saran tenor yang sesuai untuk kamu selain dari faktor-faktor tadi.

Manfaat Tenor

Dalam proses pinjam meminjam, tenor memiliki peran atau manfaat yang besar. Hal itu karena tenor ini dapat menjadi sebuah tolak ukur dalam proses kredit ketika kreditur dan debitur menyepakati tenor dari pinjaman yang diajukan.

Dengan begitu segala macam kemungkinan yang dapat terjadi dalam proses kredit bisa dilihat dari penentuan berapa lamanya tenor yang diambil, menjadikan segala resiko yang bisa terjadi dalam sistem kredit dapat diminimalkan dengan memanfaatkan penggunaan tenor ini.

Itulah beberapa pembahasan lengkap tentang tenor yang dapat diberikan. Pastikan kamu untuk dapat menentukan tenor berdasarkan faktor yang kamu sanggupi.

Tenor menjadi hal utama yang wajib kamu pertimbangkan ketika ingin mengajukan sebuah kredit.
Dengan tenor yang sesuai kesanggupan kamu dan pemilihan lembaga yang jelas serta terdaftar dalam OJK, maka kamu tidak akan terbebani dengan tagihan-tagihan yang wajib kamu lunasi atau bayarkan pada nantinya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Nah, demikianlah informasi tentang tenor yang harus kamu pahami. Jika masih ada pertanyaan mengenai topik pembahasan ini, bisa tulis komentar di bawah atau mention ke social media kami.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram