Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia

Artikel ini membahas tentang biaya kuliah dan biaya hidup di Malaysia, negara yang berbatasan langsung denga Indonesia. Malaysia punya beberapa kampus yang di dalamnya terdapat banyak mahasiswa asal Indonesia.

Dengan atrakasi alam yang menakjubkan, budaya yang kaya, dan pemandangan yang indah, Malaysia menjadi salah satu negara tercantik di Asia dan berhasil menarik perhatian turis-turis mancanegara.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Jepang

Negeri ini memiliki kombinasi yang unik antara arsitektur kuno dan modern yang pada awalnya terinspirasi dari perpaduan budaya dan etnis Malaysia sendiri. Dari taman laut hingga Situs Warisan Dunia UNESCO, dari sektor ekonomi yang dinamis, hingga keadaan masyarakat yang aman dan damai, Malaysia tampaknya memiliki semua yang kita butihkan dan impikan.

Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Malaysia
Sumber: Instagram/hrixth

Sistem dan struktur pendidikan tinggi di sini dijalankan oleh Kementerian Pendidik Tinggi yang berhasil membawa Malaysia masuk dalam 500 universitas teratas dunia menurut QS World university Rankings 2022.

Keunggulan Berkuliah di Malaysia

Dari sekian banyak alasan, ada satu alasan kuat mengapa siswa internasional memilih Malaysia sebagai tujuan studi luar negeri adalah karena pendidikan tinggi di Malaysia memiliki biaya yang sangat hemat dan berkualitas. Sebagai contoh, kamu dapat memperoleh gelar teknik (yang sama seperti gelar teknik di Inggris) selama 3 tahun hanya dengan menghabiskan biaya sekitar MYR 68.000 (IDR 231 juta).

Jika kamu mengambil gelar teknik di Inggris langsung, kamu perlu mengeluarkan biaya hingga MYR 217.000 (IDR 735 juta). Dari sini dapat dilihat bahwa berkuliah di Malaysia lebih hemat dibandingkan di negara lainnya.

Biaya Kuliah di Malaysia

Seberapa terjangkaukah biaya pendidikan di Malaysia? Berikut ini adalah gambaran biaya yang ditetapkan di universitas-universitas secara umum.

Biaya kuliah di universitas negeri

• Program Sarjana : EUR 2.500 – 4.000 (IDR 8.5 – 13.5 juta) per tahun
• Program Master : EUR 500 – 4.000 (1.7 – 13.5 juta) per tahun

Untuk program jurusan kedokteran dapat menyentuh nominal EUR 27.000 (IDR 441 juta) per tahun.

Biaya kuliah di universitas swasta

• Program Sarjana : EUR 1.300 – 9.300 (IDR 4.5 – 31.5 juta) per tahun
• Program Master : EUR 1.500 – 3.000 (IDR 5 – 11 juta) per tahun

Untuk program jurusan kedokteran dapat menyentuh angka EUR 19.850 (IDR 325 juta) per tahun.

Rekomendasi Universitas untuk Pelajar Internasional

Berdasarkan perkiraan diatas, dibawah ini serangkaian universitas di Malaysia yang memiliki biaya terjangkau bagi pelajar asing. Tentunya tinggi-rendah biaya pendidikan ditentukan oleh jenis kampus, jenis level, dan jenis jurusan yang dipilih.

1. University Teknologi Mara (UTM)

UTM adalah universitas negeri terbesar di Malaysia yang memiliki 35 kampus dan tersebar di 13 kota di Malaysia. Universitas ini menyediakan162 program Master dan 55 program Ph.D, menjadikan UTM sebagai institusi untuk pendidikan level Pascasarjana yang sempurna.

• Program Master: MYR 3.940 (IDR 14 juta) per semester
• Khusus untuk program Master jurusan sains dan teknologi: MYR 4.840 (IDR 17 juta)

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

2. University of Malaya (UM)

UM adalah universitas negeri tertua di Malaysia yang didirikan pada tahun 1949. Saat ini, UM terbagi menjadi 13 fakultas, yaitu 2 akademik, 5 institusi, dan 6 pusat akademik. Menurut QS World University Rankings, UM menduduki peringkat ke-65 universitas terbaik dunia, ke-9 universitas terbaik Asia, dan ke-3 universitas terbaik se-Asia Tenggara. UM menyediakan program Sarjana, Master, dan Ph.D.

• Program Sarjana: MYR 10.000 – 14.000 (IDR 34 – 48 juta) per tahun
• Program Master & Ph.D: MYR 16.500 – 30.300 9IDR 56 – 103 juta) per tahun
• Khusus untuk program jurusan kedokteran: MYR 60.625 – 65.700 (IDR 206 – 223 juta)

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

3. University Kuala Lumpur (UKL)

UKL adalah universitas teknik multi-kampus yang berbasis di Kuala Lumpur. UKL memiliki 14 institut yang tersebar di 12 kota. Terdapat 139 program untuk Diploma, Sarjana, bahkan Ph.D, yang mana kesemua program UKL telah disetujui dan diakreditasi oleh Malaysian Qualification Agency (MQA).

• Program Diploma: MYR 4.500 – 6.500 (IDR 16 – 16 juta) per semester
• Program Sarjana: MYR 7.000 – 8.570 (IDR 24 – 29 juta) per semester

4. University Utara Malaysia (UUM)

UUM didirikan pada tahun 1984 dan dikenal sebagai universitas manajemen. UUM memiliki 2 kampus di Sintok dan Kuala Lumpur. Motto dari universitas ini adalah “pengetahuan, kebaikan, pelayanan”.

• Program Sarjana: MYR 2.100 – 2.350 (IDR 8 – 9 juta) per tahun
• Program Master: MYR 2.250 – 3.000 (IDR 8 – 11 juta) per tahun

Biaya Hidup di Malaysia

Untuk siswa internasional, dalam sebulan kamu mungkin memerlukan EUR 450 – 800 (IDR 8 – 14 juta) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biaya tersebut dapat dirincikan ke dalam bagian-bagian berikut.

Biaya Akomodasi

Sama seperti negara lain, siswa dapat memilih untuk tinggal di asrama kampus atau menyewa tempat secara mandiri. Untuk menghemat pengeluaran, lebih baik siswa tinggal di asrama kampus sehingga bisa lebih mengenal suasana unversitas dan teman-teman lainnya. Selain itu, biaya akomodasi asrama tergabung dengan utilitas (listrik dan air).

• Asrama kampus: EUR 65 – 255 (1 – 5 juta) per bulan (sudah termasuk utilitas)
• Sewa flat : EUR 85 – 680 (IDR 1.3 – 12 juta) per bulan ditambah dengan utilitas EUR 40 – 70 (IDR 653 ribu – 1.2 juta)

Biaya Makan

Biaya hidup di Malaysia untuk makan. Biasanya siswa menghabiskan sekitar EUR 200 – 350 (IDR 3.3 – 5.8 juta) per bulan untuk makanan dan belanja. Memasak di rumah dan mencari diskon di pasar atau supermarket dapat menghemat pengeluaran.

Biaya Transportasi

Biaya hidup di Malaysia untuk Transportasi. Transportasi umum (bus dan metro) sangat mudah, nyaman, dan murah di Malaysia. Sekali perjalanan hanya mengocek EUR 0.85 (14 ribu) dan EUR 20 (IDR 327 ribu) per bulan. Jika kamu adalah siswa, biasanya ada harga potongan.

Kebanyakan universitas di Malaysia juga memiliki bus pribadi yang bisa mengantar siswa internasional untuk keliling kota. Beberapa bus mengenakan biaya, namun ada juga yang gratis. Kalaupun membayar, harganya sangat murah.

Untuk naik taxi biasanya mulai dari EUR 0.80 (IDR 14 ribu) dan dilanjutkan dengan 0.40 (IDR 7 ribu) per km.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Tambahan

Biaya hidup di Malaysia untuk tambahan. Untuk mahasiswa internasional juga bisa menikmati keindahan kota dengan mengakses fasilitas yang disediakan.

• Hiburan (konser, olahraga, bioskop): EUR 30 – 70 (IDR 490 ribu – 1.2 juta) per bulan
• Asuransi kesehatan probadi: EUR 70 – 185 (IDR 1.2 – 3.1 juta) per tahun
• Visa dan i-Kad: EUR 200 (IDR 3.3 juta) untuk sekali pembayaran

I-Kad adalah kartu izin tinggal biometric yang harus dibawa setiap saat.

Secara keseluruhan, biaya hidup di Malaysia lebih rendah dibandingkan Amerika atau Inggris. Budget yang disarankan untuk pelajar internasional adalah MYR 10.000 – 15.000 (IDR 34 – 51 juta) per tahun. Biaya ini sudah termasuk dengan makanan, transportasi, dan akomodasi.

Tentunya budget ini dapat berbeda jika kamu tinggal di kota besar seperti Kuala Lumpur yang memiliki biaya lebih tinggi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah ulasan mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di Malaysia. Jika kamu ingin berkuliah di Malaysia, pastikan untuk mempertimbangkan universitas dan budget yang tepat untukmu.

Instagram