pengertian pajak penghasilan

Wajib pajak di Indonesia biasanya harus dikenakan pajak penghasilan atas penghasilan tahunan yang didapatkan. Kewajiban ini dilakukan oleh kebanyakan pekerja di tanah air, akan tetapi pengertian pajak penghasilan secara umum tidak banyak dipahami oleh masyarakat. Oleh sebab itu informasi mengenai pengertian dari pajak penghasilan ini perlu untuk dibagikan. Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai hal tersebut dari berbagai macam sisi dan sudut pandang.

Pengertian Pajak Penghasilan Menurut Undang Undang

Hal pertama yang perlu dipahami yaitu terkait dengan pengertian pajak penghasilan dari segi undang undang pajak penghasilan. Mengetahui pengertian hal tersebut akan mempermudah wajib pajak menentukan apa saja kategori penghasilan yang akan terkena pajak nantinya.

Adapun yang dimaksud dengan pajak penghasilan yaitu pajak yang dipungut dari setiap pendapatan yang didapatkan oleh wajib pajak dari aktivitas ekonomi yang dilakukan. Baik itu dari aktivitas jual beli, pemberian jasa, dan lain sebagainya yang dilakukan di dalam negeri. Dimana aktivitas ini akan membantu penambahan kekayaan secara berkala maupun secara temporer bagi wajib pajak yang bersangkutan.

Melalui pengertian di atas, maka pajak penghasilan juga bisa dikatakan sebagai pajak atas seluruh besaran penghasilan yang diterima oleh wajib pajak. Tentunya nilai atau besarnya pajak tersebut akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku terkait dengan tarif pajak penghasilan wajib pajak pribadi.

Pengertian Pajak Penghasilan Secara Umum

Secara umum pajak penghasilan menggambarkan suatu cara dari pemerintah untuk mendapatkan sebagian uang yang dihasilkan masyarakat dan perusahaan di negara tersebut. Untuk memastikan kewajiban perpajakan ini, para wajib pajak diwajibkan oleh undang-undang untuk menyampaikan Laporan Pajak Penghasilan setiap tahun.

Pemerintah pada dasarnya dapat menerima dana melalui pajak pendapatan. Mereka berupaya memenuhi tanggung jawab pemerintah, menyediakan komoditas bagi masyarakat, dan mendanai layanan publik dari hasil pajak tersebut.

Adapun yang dimaksud dengan pengertian pajak penghasilan pada dasarnya berupa pajak yang dipungut atas pendapatan masyarakat dan dunia usaha. Pendapatan merupakan faktor utama yang digunakan untuk menentukan kewajiban pajak seseorang. Biasanya dikategorikan sebagai pajak langsung karena tanggung jawabnya ditanggung oleh orang yang membayarnya. Sementara bagi para pengusaha, keuntungan setelah dikurangi biaya disebut laba bersih dan dikenakan pajak penghasilan badan.

Yang terakhir, hal ini telah digunakan untuk mendukung beberapa kegiatan dibandingkan kegiatan lainnya guna memfokuskan kembali keputusan ekonomi di sebagian besar negara. Dengan mempengaruhi daya beli dengan cara yang berbanding terbalik dengan perubahan pendapatan dan lapangan kerja, hal ini juga dapat memberikan stabilitas perekonomian.

Pengertian Pajak Penghasilan Secara Khusus Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian pajak penghasilan di atas, ada juga beberapa pengertian yang dikembangkan oleh para ahli. Karena pada dasarnya pengenaan pajak pada wajib pajak tersebut telah berjalan bertahun-tahun lamanya. Berikut ini pengertian yang didapatkan dari berbagai sumber menurut para ahli.

Menurut Rochmat Soemitro

Menurut Soemitro, pengertian pajak penghasilan merupakan iuran rakyat terhadap negaranya yang dilaksanakan berdasarkan undang-undang. Dimana hal ini juga diartikan sebagai peralihan kekayaan oleh sektor swasta pada sektor publik. Pajak juga sifatnya bisa dipaksakan dan iuran pajak nantinya akan digunakan untuk kemaslahatan umat.

Menurut Rimsky Kartika Judisseno

Berbeda lagi pengertian pajak penghasilan menurut Judisseno. Menurut ahli yang satu ini, pajak adalah kewajiban di bidang kenegaraan. Dimana hal tersebut merupakan peran aktif warga negara dan anggota masyarakat untuk mendanai keperluan negara. Baik ituberupa pembangunan nasional maupun hal lain dengan tujuan kesejahteraan bangsa dan negara.

Menurut Djajadiningrat

Pajak penghasilan bagi Djajadiningrat adalah kewajiban untuk menyerahkan sebagian kekayaan kepada negara. Dimana hal tersebut terjadi karena suatu keadaan, kejadian, atau perbuatan yang memberikan kedudukan tertentu. Kewajiban ini dapat dipaksakan karena didasarkan pada peraturan pemerintah.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Kebersihan

Menurut P.J.A. Andriani

Sementara menurut Andriani, pengertian pajak penghasilan merupakan iuran rakyat kepada negara yang dapat dipaksakan. Dimana pajak ini terutang bagi yang wajib membayarnya. Selain itu iuran pajak dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. Nantinya hasil iuran dapat dipakai oleh negara untuk pembiayaan yang diperlukan pemerintah.

Menghitung Pajak Penghasilan Dengan Mengetahui PPh 21

Agar bisa menentukan besarnya pajak secara akurat, maka informasi yang pertama harus diketahui oleh wajib pajak pribadi yaitu besarnya PPh 21 yang dikenakan. Tarif PPh 21 yang dikenakan pada tiap orang juga akan berbeda tergantung pada besarnya PKP tahunan yang didapatkan.

Dengan mengetahui nilai PPh 21 tersebut maka akan lebih mudah untuk menghitung pajak penghasilan tahunan yang harus dibayarkan kepada negara. Oleh sebab itu sangat penting memahami besaran nilai tariff pajak dalam peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ini. Adapun ketentuan terkait dengan besarnya pajak di dalam PPh 21 yaitu sebagai berikut.

  • Wajib pajak dengan penghasilan Rp0 – Rp60.000.000 dikenakan tarif pajak sebesar 5%
  • Wajib pajak dengan penghasilan Rp60.000.000 – Rp250.000.000 dikenakan tarif pajak sebesar 15%
  • Wajib pajak dengan penghasilan Rp250.000.000 – Rp500.000.000 dikenakan tarif pajak sebesar 25%
  • Wajib pajak dengan penghasilan Rp500.000.000 – Rp5.000.000.000, dikenakan tarif pajak sebesar 30%
  • Wajib pajak dengan penghasilan di atas Rp5.000.000.000 (5 miliar rupiah) dikenakan tarif pajak sebesar 35%

Manfaat Pajak Penghasilan Bagi Negara

Wajib pajak mungkin akan dikenakan pajak lebih besar berdasarkan tingkat pendapatan yang diperoleh. Adapun berkat pajak penghasilan. Berkat penarikan pajak dari penghasilan yang didapatkan oleh masyarakat, tentu saja banyak manfaat yang bisa dirasakan kembali oleh masyarakat itu sendiri. Mulai dari manfaat di bidang pembangunan infrastruktur, hingga pemenuhan kebutuhan terkait kesehatan dan pendidikan di Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Maka dari itu sangat penting bagi wajib pajak untuk membayarkan pajak secara rutin dari pendapatan yang diterima. Sehingga secara tidak langsung dapat berkontribusi untuk kemajuan bangsa sepenuhnya. Dengan pengertian pajak penghasilan tadi, masyarakat juga lebih memahami apa arti yang dimaksudkan dari penarikan pajak penghasilan tersebut. Sehingga tentunya membantu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan kewajiban terkait pajak penghasilan tersebut.