pengertian dan contoh pailit

Pajak Langsung dijelaskan oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah pajak yang dibebankan secara berkala kepada orang atau badan sesuai dengan surat ketetapan pajak, pajak ini harus dipikul sendiri oleh wajib pajak. Dalam bahasa inggris disebut direct tax.

Sedangkan pada laman Wikipedia, Pajak langsung diterangkan sebagai pajak yang dipikul sendiri oleh wajib pajak, dan tidak dapat dibebankan atau dialihkan kepada orang lain. Dengan kata lain, orang yang bertanggung jawab atas administrasi pajak, dan pemikul pajak adalah satu orang.

Pengertian Pajak Langsung

Pajak Langsung merupakan pungutan pajak yang menjadi kewajiban dari pihak wajib pajak yang dibebankan kepadanya, pajak tersebut tidak bisa dibebankan kepada orang lain. Dalam proses pembayarannya pajak langsung menerapkan sifat pungutan yang teratur yang dilakukan secara bertahap.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pajak yang berlaku wajin pajak wajib membayarkan pajaknya selama memenuhu unsur-unsur yang berlaku.

Contoh Pajak Langsung

pengertian dan contoh pailit

Pajak langsung memiliki beberapa contoh, yaitu:

– Pajak Penghasilan (PPh)

Pajak Penghasilan atau PPH merupakan pajak yang ditanggungkan kepada wajib pajak yang dibebankan atas penghasilan yang diterima pada periode satu tahun. Pihak wajib pajak pada contoh pajak langsung ini adalah individu yang memiliki penghasilan tetap, dan badan usaha yang memiliki izin usaha yang sah.

– Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

PBB merupakan pajak yang dibebankan atas dasar kepemilikan bangunan dan bumi. Besaran pajak yang dibayarkan ditentukan atas dasar besar kecilnya pajak yang tertuang yang ditentukan oleh lokasi dari objek tersebut, dapat dikatakan pajak ini bersifat kebendaan.

Pihak wajib pajak PBB yaitu individu atau perusahaan yang memiliki hak atas bangunan dan bumi, serta mendapatkan manfaat dari bumi, mendapatkan manfaat dari bangunan, atau menguasai bumi dan bangunan.

SPPT atau surat pemberitahuan pajak akan diberikan kepada wajib pajak, yang didalamnya berisi tentang jumlah nominal pajak yang wajib dibayarkan, jangka waktu pembayaran, serta cara pembayaran.

Jumlah besaran pajak PBB disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) pada bangunan atau bumi tersebut.

– Pajak Kendaraan Bermotor

PBB atau Pajak Kendaraan Bermotor merupakan pajak yang dibebankan dari kepemilikan kendaraan bermotor roda dua seperti sepeda motor atau lebih seperti mobil, dll. Pihak wajib pajak kendaraan bermotor merupakan individu atau badan yang mempunya kendaraan bermotor.

Jumlah pajak yang dibebankan kepada wajib pajak didasarkan nilai jual kendaraan bermotor serta berat motor yang memiliki hubungan dengan acuan kerusakan jalan, dan pencemaran terhadap lingkungan akibat dari pemakaian kendaraan bermotor ini.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Perbedaan Pajak Langsung dan Pajak Tidak Langsung

Seperti yang sudah diketahui bahwa pajak dibagi menjadi beberapa jenis salah satunya adalah yang didasarkan dari pembayarannya yaitu Pajak Langsung dan Pajak Tidak Langsung.

Agar lebih memahami penjelasan dari pajak langsung, ada baiknya memahami juga perbedaan dari pajak langsung dan pajak tidak langsung untuk dapat membedakan keduanya.

Berikut dibawah ini adalah perbedaannya:

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Pihak yang dikenakan Wajib Pajak

Perbedaan yang paling utama dari pajak langsung dan pajak tidak langsung adalah pihak wajib yang dibebankan untuk membayar pajak ini.

Wajib Pajak pada pajak langsung merupakan individu atau badan yang terdaftar sebagai penanggung pajak, sedangkan wajib pajak pada pajak tidak langsung beban pada individu atau badan yang terdaftar sebagai pemikul pajak atau dapat digantikan dengan pengganti yang diberikan kewenangan oleh wajib pajak untuk membayar pajak tersebut.

Pada pencatatan pajak tidak langsung, jika wajib pajak diwakilkan atau digantikan oleh pihak lain nama yang tertera sebagai wajib pajak bukan nama pihak pemikul pajak tetapi nama individu atau badan yang menggantikan sebagai pihak yang membayar pajak.

– Surat Ketetapan Pajak

Pada pajak langsung terdapat surat ketetapan pajak yang berisi tentang aturan pemotongan dan pembayaran pajak, lalu akan muncul surat pemberitahuan atau SPT yang didalamnya akan terdapat nominal pajak yang harus dibayarkan.

Tapi, pada pajak tidak lansung tidak terdapat surat ketetapan pajak yang mengatur pemotongan sera pembayaran pajak, sebab nominal dan tata cara pembayaran pajak tidak lansung sudah diatur di dalam Undang-undang.

– Perspektif Pemerintah

Perekonomian negara dapat berpengaruh secara langsung dengan pajak progresif yang didalamnya termasuk pajak langsung, teruma terhadap tingkatan inflasi pajak langsung sangat berpengaruh.
Sebab itulah yang membuat pemerintah mengumpulkan pajak langsung dalam periode waktu yang sama secara bersamaan.

Untuk pajak tidak langsung pemerintah hanya mengharapkan munculkan timbal balik yang stabil, dan mendapatkan pemasukan dari semua kalangan. Sederhananya pajak tidak langsung akan digunakan untuk pembangunan perekonomian dimasa yang akan datang.

Tata Cara Pembayaran Pajak Langsung – Pajak Pengahasilan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran pajak langsung, salah satunya adalah melakukan setoran langsung lewat teller bank atau kantor pos.

Lewat Teller Bank atau Kantor Pos

Wajib pajak hanya perlu menunjukan ID billing yang memiliki 15 digit yang dapat dibaca pada sistem MPN G2 yang terdapat pada bank dan kantor pos. Kode tersebut didapatkan dengan cara mendaftar online melalui situs resmi pajak yaitu www.pajak.go.id, atau menggunakan aplikasi onlinepajak yang sudah ditunjuk pemerintah sebagai kanal resmi pajak.

Sebelum terdapat ID billing pembayaran setoran pajak harus menggunakan SSP atau surat setoran pajak yang sangat merepotkan wajib pajak maupun petugas dari bank dan kantor pos karena penginputannya yang serba manual.

Dengan sistem yang canggih dan sudah terintegrasi ini dapat mempersingkat proses pembayaran pajak langsung PPH yaitu dengan menunjukan ID billing kepada petugas bank atau kantor, petugas bank atau petugas kantor pos akan memasukan ID billing tersebut tanpa harus men-input KTP NPWP, dan lainnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah informasi mengenai pajak langsung yang dilihat dari pengertian serta contohnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!