Macam-macam koperasi di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Macam-macam koperasi yang ada di Indonesia yang terbilang sangat banyak dengan keunggulannya masing-masing. Sebenarnya terdapat dua jenis koperasi yang lebih dikenal secara luas oleh kalangan masyarakat yaitu Koperasi Unit desa dan koperasi simpan pinjam.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Koperasi Unit desa ini telah tumbuh dan berkembang sejak masa pemerintahan orde baru, sementara itu untuk koperasi simpan pinjam telah tumbuh dan berkembang di era globalisasi sekarang ini. Koperasi sendiri merupakan usaha yang beranggotakan adanya orang seseorang ataupun badan hukum koperasi yang melaksanakan kegiatan dengan menggunakan prinsip koperasi sehingga gerakan ekonomi rakyat tersebut didasarkan atas asas kekeluargaan.

Macam-macam koperasi di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Macam-Macam Koperasi

Di dalam prakteknya sendiri usaha koperasi ini telah disesuaikan dengan adanya kondisi organisasi serta kepentingan pada setiap anggotanya. Berdasarkan kondisi serta kepentingan inilah muncul adanya macam-macam koperasi sebagai berikut:

1. Jenis Koperasi Berdasarkan Fungsi

  • Koperasi Jasa

Jenis koperasi jasa ini hadir dengan memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan jasa keuangan dalam bentuk pinjaman pada setiap anggota yang ingin mengajukannya. Selain itu koperasi jasa ini juga memiliki patokan bunga yang harus lebih rendah dibandingkan tempat meminjam uang yang lainnya.

  • Koperasi Konsumsi

Koperasi berdasarkan fungsi yakni koperasi konsumsi ini didirikan guna membantu dalam pemenuhan kebutuhan secara umum setiap hari untuk para anggotanya. Barang kebutuhan yang telah dijual di koperasi ini haruslah lebih murah dibandingkan dengan tempat lain karena koperasi memiliki tujuan dalam memberikan kesejahteraan pada setiap anggotanya.

  • Koperasi Produksi

Jenis koperasi produksi ini menjadi bidang usaha yang bisa membantu dalam penyediaan bahan baku, melakukan produksi jenis barang tertentu, penyediaan peralatan produksi hingga membantu dalam menjual ataupun melakukan pemasaran hasil produksinya. Menjalankan koperasi produksi ini sebaiknya memiliki anggota yang terdiri atas unit produksi yang sejenis.

Makin banyaknya jumlah penyediaan barang ataupun penjualan barang maka semakin kuat juga daya penawaran terhadap supplier dan pembeli. Dengan demikian tujuan untuk memberikan kesejahteraan pada anggotanya pun akan terwujud karena terdapat keuntungan yang bisa dibagi hasil secara merata bersama semua anggota yang ada.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Macam-Macam Koperasi Berdasarkan Tingkat Dan Luas Daerah Kerja

  • Koperasi Primer

Koperasi primer ini kerja yang minimal memiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan.

  • Koperasi Sekunder

Koperasi sekunder merupakan salah satu jenis koperasi yang terdiri atas gabungan dari badan-badan koperasi serta mempunyai cakupan daerah kerja yang lebih luas dibandingkan dengan koperasi primer.

Dalam hal ini koperasi sekunder dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Koperasi pusat sebagai koperasi yang memiliki anggota paling sedikit yaitu 5 koperasi
2. Koperasi yaitu jenis koperasi yang memiliki anggota minimal 3 koperasi pusat
3. Koperasi merupakan jenis koperasi dengan minim anggotanya merupakan tiga gabungan koperasi

  • Koperasi Tersier

Koperasi tersier ini menjadi bagian dari jenis koperasi berdasarkan tingkat dan luas daerah kerja sebagai induk koperasi yang memiliki anggota koperasi koperasi sekunder serta memiliki kedudukan di ibukota negara.

3. Jenis Koperasi Berdasarkan Jenis Usahanya

  • Koperasi Simpan Pinjam

Macam-macam koperasi lainnya adalah koperasi simpan pinjam sebagai salah satu koperasi yang mempunyai usaha tunggal yakni menampung simpanan dari semua anggota serta memberikan pelayanan peminjaman. Anggota koperasi yang nantinya menabung atau menyimpan akan memperoleh imbalan jasa ataupun bagi peminjam dikenakan jasa.

Sementara itu untuk besarnya jasa bagi penabung serta peminjam nantinya akan ditentukan oleh rapat anggota. Dengan demikian kegiatan usaha koperasi simpan pinjam ini bisa dikatakan dari, oleh dan untuk anggota

  • Koperasi Konsumsi

Koperasi berdasarkan usahanya yang menjalankan bidang usaha dengan menyediakan kebutuhan harian dari para anggota. Kebutuhan yang dimaksudkan yakni kebutuhan bahan makanan, pakaian hingga perabotan rumah tangga.

  • Koperasi Produksi

Macam-macam koperasi sepertinya koperasi produksi yang mana dengan bidang usaha untuk membuat barang atau memproduksi hingga menjual secara bersama-sama. Dalam hal ini anggota dari koperasi pada umumnya telah memiliki usaha serta melalui koperasi inilah para anggota bisa mendapatkan bantuan modal dan pemasaran.

  • Koperasi Serba Usaha

Salah satu macam-macam koperasi dengan bidang usahanya sangat bervariatif. Bidang usaha yang dijalankan pada koperasi serba usaha ini seperti halnya unit usaha simpan pinjam, unit produksi, unit wartel ataupun unit pertokoan yang dapat membantu untuk memberikan pelayanan kebutuhan sehari-hari bagi anggota ataupun masyarakat.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

4. Jenis Koperasi Berdasarkan Keanggotaannya

  • Koperasi Pegawai Republik Indonesia

Macam-macam koperasi yang satu ini beranggotakan para pegawai negeri. Adanya Koperasi pegawai republik Indonesia ini sebelumnya koperasi dinamakan koperasi pegawai negeri.

Kehadiran dari Koperasi pegawai republik Indonesia memiliki tujuan utama untuk memberikan peningkatan kesejahteraan para pegawai negeri. Koperasi pegawai republik Indonesia bisa didirikan di lingkup departemen ataupun investasi.

  • Koperasi Unit Desa

Koperasi Unit desa ini menjadi jenis koperasi yang memiliki anggota yaitu masyarakat pedesaan. Koperasi yang satu ini melakukan semua kegiatan usaha ekonomi pedesaan khususnya di bidang pertanian.

Maka dari itu untuk kegiatan yang dilakukan oleh Koperasi Unit desa diantaranya yaitu menyediakan pupuk, obat pemberantas hama tanaman, alat pertanian, benih hingga memberikan penyuluhan secara teknis terhadap pertanian. Dengan demikian masyarakat terpenuhi kesejahteraannya di bidang pertanian karena terdapat koperasi yang membantu untuk kebutuhan masyarakat.

  • Koperasi Sekolah

Macam-macam koperasi lainnya yaitu koperasi sekolah yang mempunyai anggota dari warga sekolah itu sendiri seperti halnya guru, karyawan ataupun siswa. Kehadiran dari koperasi sekolah ini mempunyai kegiatan usaha untuk menyediakan kebutuhan dari warga sekolah mulai dari buku pelajaran, kelengkapan alat tulis, makanan atau yang lain sebagainya.

Keberadaan dari koperasi sekolah ini bukanlah semata-mata untuk melakukan kegiatan ekonomi akan tetapi sebagai media pendidikan untuk siswa diantaranya berorganisasi, tanggung jawab, kepemimpinan hingga kejujuran. Dengan demikian para siswa bisa mendapatkan pengalaman lebih dengan kehadiran koperasi sekolah yang tentunya bisa memberikan pengalaman yang berbeda.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait macam-macam koperasi yang saat ini ada di Indonesia. Banyak jenis koperasi yang ada yang bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Instagram