Cara Cetak Rekening Koran Online dan Offline

Bagaimana cara cetak rekening koran? Rekening koran merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pihak bank kepada para nasabahnya yang biasanya dicetak langsung oleh bank dan dikirimkan kepada para nasabah. Tapi ternyata kini mencetak rekening koran dapat dilakukan dengan cara online yang caranya semakin mudah, dan membutuhkan waktu yang singkat saja.

Mungkin kamu belum paham betul apa sih yang dimaksud dengan rekening korang, dan apa fungsi sebenarnya dari rekening koran. Agar kamu lebih memahaminya lebih jauh, silahkan simak pembahasan dibawah ini, sebelum membahas tentang cara cetak rekening koran yang mudah.

Pengertian Rekening Koran

Cara Cetak Rekening Koran Online dan Offline

Sederhananya, rekening koran merupakan rangkuman dari banyak transaksi keuangan yang mencakup seluruh isi dari sebuah rekening bank. Rekening tersebut bisa merupakan rekening perorangan atau suatu perusahaan.

Di dalam rekening koran terdapat beberapa informasi seperti rincian alur debit dan kredit transaksi keuangan, dan juga termasuk dana yang keluar masuk dari transfer.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Saat ini selain meminta langsung ke bank untuk melihat keseluruhan transaksi. Kini, nasabah dapat melihat transaksi dari rekeningnya secara mudah dengan melihat mutasi secara online pada m-banking, dan i-banking. Selain itu, nasabah juga bisa melihat mutasi atau keseluruhan transaksi pada mesin ATM, yang biasanya digunakan untuk mengambil uang.

Meskipun permintaan pencetakan rekening korang mulai menurun, karena memiliki banyak opsi lain untuk melihat transaksi rekening. Tetapi rekening koran masih sangat dibutuhkan untuk keperluan nasabah, karena data riwayat transaksi memiliki banyak kegunaan untuk nasabah.

Fungsi dan Kegunaan Rekening Koran

Rekening Koran memiliki beberapa fungsi serta kegunaan yang sangat berguna untuk para nasabah, yaitu:

1. Mengajukan Pembuatan Visa

Salah satu persyaratan yang diperlukan untuk membuat atau mengajukan permohonan visa yaitu rekening koran. Rekening koran menjadi bukti bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan perjalanan ke luar negeri.

Selain rekening koran ada beberapa dokumen lainnya yang wajib diserahkan untuk pengajuan visa sebagai bukti kondisi finansial yang baik, yaitu:

– SPT ( Surat Pemberitahuan)
– PPh ( Pajak Penghasilan)
– Slip Gaji
– Surat Pajak Bumi dan Bangunan

2. Mengajukan Pinjaman KTA atau KPR

Dalam proses mengajukan pinjaman KPR atau KTA di bank kamu memerlukan rekening koran sebagai salah satu dokumen yang menunjnag proses permohonan pengajukan kamu tersebut.

KPR dan KTA merupakan pengajuan kredit pinjaman yang dilakukan ketika ingin melakukan pembelian rumah secara kredit di bank.

3. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Fungsi dari rekening koran sendiri yaitu sebagai rangkuman atau ringkasan transaksi yang cara kerjanya hampir sama seperti buku tabungan yaitu memberi informasi transaksi pada beberapa periode tertentu.

Di dalam rekening koran terdapat beberapa informasi seperti jumlah saldo awal hingga akhir bulan, arus debit dan kredit, biaya administrasi, dan bunga bank. Kelebihan dari rekening koran yaitu menampilkan setiap detail pada setiap tanggal transaksi terjadinya transaksi keuangan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

4. Menjadi Bukti Hukum

Rekening koran dapat menjadi bukti hukum untuk nasabah apabila sewaktu-waktu mengalami masalah hukum yang berkaitan dengan transaksi bank. Misalnya ketika kamu sudah merasa yakin membayar transaksi pembayaran online, akan tetapi pihak penjual belum merasa menerima pembayaran kamu.

Makan rekening koran dan menjadi bukti yang kuat yang dapat kamu tunjukan ke pihak penjual online. bahwa kamu sudah menyelesaikan pembayaran tersebut.

5. Syarat Dalam Mengikuti lelang

Untuk para nasabah yang tertarik dalam mengikuti lelang, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah melampiri rekening koran.

6. Audit Perusahaan

Dalam audit perusahaan salah satu dokumen penting yang harus ada dalam proses audit yaitu rekening koran. Karena rekening koran merangkum setiap transaksi keuangan baik transaksi masuk dan keluar.

Rekening koran juga berfungsi untuk melihat transaksi rekening pada perusahaan yang dianggap tidak wajar sehingga dapat segera untuk di proses. Dalam hal ini rekening koran sangat membantu perusahaan untuk mengelola keuangan dengan baik.

Cara Mencetak Rekening Koran

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dan fungsi dan rekening koran. Berikut dibawah ini adalah cara-cara mencetak rekening koran.

1. Cara Mencetak Rekening Koran Secara Offline

Mencetak rekening koran secara offline merupakan cara lama yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang bank terdekat di lingkungan kamu, dan mengikuti beberapa persyaratan untuk mencetak rekening koran.

Waktu yang dilakukan untuk mencetak rekening koran secara offline sangat sebentar, yaitu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan prosesnya tidak sulit.

2. Mencetak Rekening Koran Secara Online

Buat kamu yang super sibuk yang tidak memiliki banyak waktu untuk ke bank, kamu dapat mencetak rekening koran secara online. Sebelumnya kamu harus melakukan legalisir beberapa dokumen asli untuk kepentingan cetak rekening koran secara online, yaitu:

– Dokumen persyarat
– Buku tabungan asli
– KTP atau paspor
– Kartu debit
– Biaya Cetak

Cara cetak rekening koran secara Online BCA dan BRI

Di dalam m-banking kamu dapat mengecek serta mengunduh secara online rekening koran milik kamu, tentunya hal ini sangat memudahkan kamu yang tidak banyak memiliki waktu luang. Hal mudah ini bisa kamu lakukan ketika kamu tidak memerlukan cap bank, seperti untuk keperluan pribadi.

Berikut dibawah ini cara cetak rekening koran secara online di BCA dan BRI. Silahkan disimak dengan baik.

1. BCA atau E-Statement

– Unduh aplikasi klikBCA di handphone kamu
– Atau kamu bisa mengaksesnya di situs klikBCA
– Masuk ke Klik BCA
– Klik menu e-Statement
– Klik rekening
– Masukan periode laporan transaksi keuangan yang ingin kamu lihat
– Klik unduh
– Kemudian rekening koran atau mutasi rekening kamu akan terunduh dalam format pdf

2. BRI

– Masuk ke Internet Banking BRI
– Klik Rekening
– Pilih Mutasi Rekening
– Klik rekening yang ingin di cek rekening korannya
– Tentukan riwayat transaksi yang mau kamu cetak
– Kemudian catatan rekening koran muncul dan siap untuk d download atau di cetak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah cara cetak rekening koran yang dapat dilakukan secara offline dan online. Jika ada pertanyaan terkait dengan topik pembahasan ini, silahkan hubungi kami melalui instagram, facebook, atau twitter di @transfez.

Instagram