Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui BRI Transfez

Transaksi online menjadi salah satu komoditas utama di era sekarang ini, apalagi untuk urusan pegiriman dana ke luar negeri. Namun, sebelum membahas keunggulan Bank BRI, kamu perlu sedikit mengetahui soal remittance.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara transfer uang ke luar negeri melalui bank BRI.

Jenis-jenis Remittance

Jika dibedakan berdasarkan tujuan pengirimannya, remittance dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Outgoing/Outward Remittance

Layanan transfer atau pengiriman uang dari dalam negeri keluar negeri atau biasa disebut Outgoing/outward remittance ini, dilakukan dalam mata uang Rupiah dan diterima dalam bentuk valas. Biasanya transaksi jenis ini digunakan oleh para orang tua yang anaknya sekolah dan tinggal di luar negeri.

Selain memudahkan dan menguntungkan bagi nasabah, outgoing/outward remittance sebenarnya juga memberi keuntungan kepada pihak bank dan menguntungkan juga bagi negara. Mengingat pengirim akan dikenai biaya setiap kali memanfaatkan layanan ini dan meningkatkan ekonomi negara itu sendiri.

2. Incoming Remittance

Layanan ini merupakan kebalikan dari layanan sebelumnya, dimana layanan transfer dari luar negeri dan membuat orang yang ada di dalam negeri bertindak sebagai penerima. Transaksi ini biasa dilakukan dari valas ke Rupiah.

Biasanya layanan ini dimanfaatkan oleh para TKI yang ingin mengirim uang ke keluarganya. Incoming remittance adalah salah satu sumber pemasukan bagi negara, dimana semakin tinggi incoming remittance yang masuk, akan semakin sehat pula perekonomian negara tersebut.

Keunggulan Outgoing Transfer Remittance BRI

1. Transaksi ini bisa dilakukan oleh kantor cabang dan kantor cabang pembantu BRI yang terdapat diseluruh Indonesia. Untuk menemukan kantor BRI sangat mudah dan tersebar di seluruh tempat di Indonesia mengingat, banyak sekali nasabah dari Bank BRI itu sendiri.

2. BRI dapat melakukan transakti pengiriman uang ke ratusan mata uang di dunia, seperti dollar Amerika, Euro, Yen, Poundsterling dan lain sebagainya. Sehingga uang yang dikirimkan dalam bentuk mata uang rupiah dapat langsung di konversi menjadi mata uang asing dengan sangat mudah.

3. Dengan didukung oleh 1300 bank koresponden yang sudah bekerja sama dengan bank BRI di seluruh dunia memungkinkan nasabah dapat melakukan transfer dana ke berbagai negara dengan nyaman dan aman serta dengan kecepatan yang baik.

4. Tarif yang di berikan pun relative terjangkau, karena sudah bekerja sama dengan Depository Correspendent Remittance BRI di luar negeri. Terlebih dengan dukungan dari sistem berbasis otomasi dari jaringan SWIFT yang dapat memudahkan pengiriman payment instruction dapat dilakukan dengan cepat, aman dan terpercaya dan dapat dilakukan ke seluruh dunia dan berbagai negara.

Cara Pengiriman Uang Keluar Negeri Menggunakan Bank BRI

1. Pergilah ke kantor BRI terdekat di wilayah kamu, jangan lupa membawa kartu identitas seperti KTP serta uang yang akan kamu kirimkan.
2. Tanyakan pada petugas keamanan di sana jika kamu ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Kemudian mintalah arahan petugas untuk mengisi formulir pengiriman uang.
3. Isilah formulir dengan benar dan tuliskan nominal yang akan kamu kirimkan, sertakan juga nama bank tujuan beserta nomor rekeningnya dan jangan lupa bubuhkan tanda tangan kamu sebelum formulir diserahkan kepada petugas teller Bank BRI.
4. Kemudian uang akan dikirimkan ke rekening tujuan kamu. Biasanya memerlukan waktu hingga 3 hari untuk uang yang kamu kirimkan sampai ke rekening tujuan kamu di luar negeri. Hal ini bisa kamu tanyakan kepada petugas bank BRI.

Biaya Pengiriman

Untuk melakukan transaksi ini, tentunya diperlukan biaya admin yang harus dibayarkan. Biasanya untul satu kali transaksi, kamu akan dikenakan tarif atas jasa wire transfer dengan besaran sekitar 5 sampai 25 dollar Amerika Serikat (AS).

Jika di konversikan ke dalam mata uang Indonesia atau rupiah, maka tarifnya sekitar Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 350.000 dengan asumsi kurs 1 dollar nya sama dengan Rp. 14.000. Tarif ini akan sedikit berbeda untuk setiap negara tujuan.

Jumlah Maksimal Transfer

Apabila nasabah akan mengirimkan uang dari luar negeri dengan jumlah yang setara dengan USD 25.000 dengan sumber dana rupiah, maka nasabah sebaiknya untuk menyertakan dokumen sumber dana. Sedangkan untuk transaksi setara USD 100.000, maka nasabah diminta wajib untuk menyertakan dokumen seumber dana.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Negara Tujuan Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui BRI

BRI telah berkerjasama dengan berbagai perbankan yang terdapat di 10 negera, yaitu:

• Malaysia
• Hong Kong
• Singapura
• Brunei
• Jepang
• Korea Selatan
• Bahrain
• Yordania
• Kuwait
• Qatar

Untuk tujuan transfer ke negara lain, kamu bisa menggunakan layanan seperti Kyodai Remittance, Japan Remit Finance, serta Transfast. Selain melakukan transfer uang ke luar negeri menggunakan layanan yang disediakan oleh BRI, kamu juga bisa mencoba menggunakan Transfez yang lebih fleksibel dan bisa di lakukan kapan saja.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Transfer Uang ke Luar Negeri Menggunakan Transfez

Untuk bisa mengirimkan uang ke luar negeri, kamu bisa menggunakan layanan Transfez.layanan ini dapat mendukung kebutuhan kamu dalam mentransfer uang ke lebih dari 50 negara yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, penyedia jasa pengiriman uang ini juga menginformasikan secara transparan nilai kurs sehingga kamu mengetahui jumlah yang akan dibayarkan. Untuk menikmati kepraktisan dan kemudahan yang diberikan Transfez, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Kunjungi situs transfez.com atau unduh aplikasi Transfez melalui Play Store atau App Store
2. Kemudian, daftar akun kamu secara gratis terlebih dahulu
3. Setelah itu, kamu bisa langsung ke menu transfer
4. Lalu, tentukan jumlah nominal uang yang ingin kamu transfer
5. Lakukan verifikasi identitas diri dan masukan informasi mengenai penerima uang
6. Lalu, lakukan pembayaran melalui ATM atau interner banking

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Sudah terdapat banyak sekali kemudahan untuk melakukan transaksi dengan mengirimkan uang ke luar negeri maupun sebaliknya. Sebenarnya terdapat banyak sekali bank yang menyediakan jasa tersebut salah satunya adalah Bank BRI. Dengan kemudahan itu, semoga pengiriman dana kamu ke keluarga, teman maupun rekan bisnis di luar negeri bisa berjalan lancar.

Instagram