jumlah uang euro yang bisa dibawa untuk liburan

Eropa adalah salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan di dunia. Nah, apabila berkunjung ke negara-negara di Eropa, sering kali wisatawan mengalami masalah dan keraguan terkait dengan mata uang yang digunakan di negara-negara tersebut.

Salah satu opsi jika hendak membawa sejumlah uang tunai untuk berwisata ke Eropa yaitu dengan menggunakan mata uang Euro. Dimana Euro (EUR) adalah mata uang resmi yang saat ini digunakan oleh 19 negara dari total 27 negara anggota Uni Eropa, yang dikenal sebagai zona euro.

Menggunakan mata uang Euro saat berlibur di negara-negara yang mengadopsi mata uang ini memiliki sejumlah manfaat. Selain itu, penting juga untuk memahami batasan jumlah uang Euro yang bisa dibawa saat bepergian.

Bagi kalian yang dalam waktu dekat berencana berkunjung ke Eropa, sebaiknya simak informasi dan penjelasan yang diberikan berikut ini. Di dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat utama menggunakan Euro dan batasan jumlah uang yang bisa dibawa untuk liburan.

Manfaat Menggunakan Euro

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa negara-negara di Eropa sebagian besar memang masih menggunakan mata uang dari negara masing-masing. Tidak semua memilih Euro sebagai sarana transaksi keuangan di beberapa negara di Eropa.

Namun demikian tentu saja ada beberapa kemudahan yang bisa didapatkan oleh para pengunjung atau wisatawan yang berlibur ke Eropa jika memutuskan untuk menggunakan mata uang Euro. Beberapa manfaat tersebut antara lain seperti yang tertera di bawah ini.

1. Kemudahan Transaksi

Salah satu manfaat utama menggunakan mata uang Euro adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Dengan menggunakan satu mata uang yang sama di banyak negara, wisatawan tidak perlu repot-repot menukarkan uang setiap kali berpindah dari satu negara ke negara lain dalam zona euro.

Apabila menggunakan berbagai jenis mata uang, tentu harus menukar ke mata uang yang lain saat berpindah negara meskipun ada di lingkup negara-negara di Eropa. Namun mata uang Euro membantu kemudahan dalam hal transaksi keuangan di negara yang berbeda tanpa harus memikirkan perbedaan mata uang masing-masing negara tersebut.

Tentu saja keputusan untuk menggunakan mata uang Euro ini menghemat waktu dan mengurangi stres, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan ke beberapa negara dalam satu waktu. Selain itu, penggunaan mata uang Euro juga mengurangi risiko fluktuasi nilai tukar yang dapat terjadi saat menukarkan uang.

2. Biaya Transaksi yang Lebih Rendah

Menggunakan mata uang Euro rupanya juga bermanfaat untuk dapat membantu mengurangi biaya transaksi yang biasanya dikenakan saat menukarkan mata uang. Banyak bank dan penyedia layanan penukaran uang mengenakan biaya yang cukup tinggi untuk menukarkan mata uang, dan biaya ini dapat bertambah seiring dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

Dengan memilih untuk menggunakan mata uang Euro, maka wisatawan dapat menghindari biaya tambahan ini dan lebih mudah mengelola anggaran liburan mereka. Karena itu menggunakan mata uang Euro sebenarnya lebih banyak membantu dalam hal penghematan atau efisiensi dari biaya-biaya yang tidak terlalu diperlukan.

3. Akses ke Berbagai Layanan dan Diskon

Banyak layanan, seperti transportasi umum, hotel, dan restoran di negara-negara zona euro, menawarkan harga dan diskon yang lebih baik bagi mereka yang membayar dengan mata uang Euro. Selain itu, beberapa tempat wisata juga memberikan tarif khusus untuk pembayaran tunai dalam Euro.

Dengan memilih untuk menggunakan mata uang Euro, wisatawan dapat memanfaatkan berbagai penawaran dan diskon yang tidak tersedia bagi mereka yang membayar dengan mata uang lain. Sehingga secara tidak langsung bisa memberikan lebih banyak manfaat tambahan dibandingkan menggunakan jenis mata uang yang lain di negara-negara ini.

Adapun masih cukup banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan jika menggunakan mata uang Euro, terutama saat berlibur ke negara-negara yang ada di Eropa. Pastinya, perlu untuk tetap memperhatikan berapa uang Euro yang bisa dibawa untuk liburan serta apa saja regulasi pendukung hal tersebut.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 70+ Negara

Jumlah Uang Euro yang Bisa Dibawa untuk Liburan

Saat merencanakan liburan ke negara-negara yang menggunakan mata uang Euro, penting untuk mengetahui batasan jumlah uang tunai yang dapat dibawa ke negara-negara tersebut. Di banyak negara, termasuk negara-negara dalam zona euro, tidak ada batasan resmi mengenai jumlah Euro yang dapat dibawa secara tunai.

Akan tetapi perlu untuk diperhatikan bahwa jika berencana untuk membawa lebih dari €10.000 (atau setara dalam nilai tukar mata uang lain), maka diwajibkan untuk melaporkan jumlah tersebut kepada otoritas bea cukai saat memasuki atau meninggalkan negara. Hal ini untuk menghindari resiko terkait dengan hukum dan regulasi mengenai pencucian uang maupun tindak kejahatan lain yang serupa.

uang euro yang bisa dibawa untuk liburan, berapa banyak?

Akan tetapi meskipun tidak ada batasan resmi, disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya saja, tidak berlebihan. Pastikan dana tersebut cukup untuk kebutuhan sehari-hari, seperti transportasi, makanan, dan belanja kecil saat sedang berwisata di negara-negara tersebut.

Selain itu, menggunakan kartu debit atau kredit internasional juga merupakan pilihan yang baik untuk menghindari membawa terlalu banyak uang tunai. Kartu ini memungkinkan para wisatawan untuk melakukan transaksi dengan mudah dan aman, serta mengurangi risiko kehilangan uang tunai.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Menggunakan mata uang Euro saat berlibur di negara-negara zona euro menawarkan berbagai manfaat, termasuk kemudahan transaksi, biaya yang lebih rendah, dan akses ke layanan serta diskon yang lebih baik. Namun demikian di sisi yang lain, memahami batasan jumlah uang Euro yang dapat dibawa juga penting untuk memastikan perjalanan yang lancar.

Dengan perencanaan yang baik dan pemahaman yang tepat tentang penggunaan Euro, wisatawan dapat menikmati liburan mereka dengan lebih nyaman dan efisien. Sehingga akan lebih nyaman menikmati perjalanan meskipun harus berpindah-pindah negara di Eropa.

Baca Artikel Tips Liburan ke Eropa Lainnya dari Transfez

Tips Traveling Ke Spanyol
Ingin Traveling Ke Austria? Baca Ini Dulu Yaa
Tradisi Lebaran di Eropa di Sejumlah Negara Berbeda
Lama Perjalanan dari Indonesia ke Swiss