cara import barang dari China ke Indonesia Mudah

Saat ini ada banyak orang yang ingin membeli barang dari China. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara import barang dari China ke Indonesia. Padahal, ada banyak hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu saat ingin melakukan import barang tersebut agar berhasil dan aman.

Apa Saja Keuntungan Import Barang dari China?

Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang melakukan import barang dari China ke Indonesia. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Yakni tidak lain karena adanya keuntungan yang cukup besar sehingga sampai sekarang pun masih ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan import. Di bawah ini keuntungannya:

1. Harga Cukup Terjangkau

Kebanyakan orang tentu sudah menyadari bahwa produk-produk import dari China termasuk memiliki harga yang murah. Tentu ini adalah kesempatan tersendiri bagi mereka yang ingin menjualnya lagi. Masyarakat Indonesia sendiri kebanyakan menginginkan harga menengah ke bawah.

Cek Swift Code untuk Semua Negara disini!

Dengan adanya kondisi ekonomi tersebut, maka tidak heran jika kebanyakan orang lebih fokus untuk mencari harga yang lebih murah dibandingkan dengan memperhatikan kualitasnya. Dengan begitu, tentu sebuah keuntungan tersendiri saat import dari China karena harga produknya yang cukup terjangkau.

cara import barang dari China ke Indonesia

2. Margin Keuntungan Besar

Berdasarkan kelebihan yang sudah disampaikan di atas, maka akan sangat cocok jika Kamu memanfaatkan produk China untuk dijual kembali. Mengapa? Hal ini tidak lain karena dengan memanfaatkan produk tersebut dapat memperoleh margin keuntungan yang cukup besar.

Margin keuntungan tersebut bahkan dapat diperoleh hingga lebih dari 100%. Tentu saja, akan sangat cocok bagi mereka yang memang ingin membuka usaha. Meski memerlukan modal usaha yang cukup terjangkau akan tetapi margin keuntungan yang didapat terbilang cukup besar. Maka dari itu Kamu harus paham cara import barang dari China ke Indonesia ini.

3. Produk Beragam

Perlu diketahui, bahwa kebanyakan produsen China melakukan berbagai inovasi atas setiap perkembangan produknya. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka banyak menciptakan barang-barang yang berbeda sehingga membuatnya memiliki produk yang beragam.

Selain itu, setiap produk yang diciptakan tersebut terbilang sangat unik dan langka. Dapat dikatakan juga bahwa produk yang berasal dari China tersebut tidak ada di Indonesia. Tentu saja, hal ini dapat menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin menjalankan usaha dengan produk yang beragam tersebut.

Baca Juga:

Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Cina

4. Kualitas Barang Baik

Apabila Kamu ingin mendapatkan barang yang kualitasnya baik dengan harga yang terjangkau, maka tidak ada salahnya untuk melakukan import barang dari China. Meski terdapat banyak anggapan bahwa produk dari negara tersebut mudah rusak atau tidak awet.

Akan tetapi, sebagian besar produk yang ada justru memiliki kualitas yang cukup baik. Selain itu, sebelum barang tersebut diimport, maka akan dilakukan pengecekan kualitas terlebih dulu. Kemudian produknya akan dijual dengan harga yang cukup murah.

Bagaimana Cara Import Barang dari China Ke Indonesia?

Kamu tentu sudah tidak asing mengenai kalimat import barang dari China. Hal tersebut memang salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis. Terlebih produk-produk dari China terkenal dengan harganya yang sangat murah. Oleh sebab itu, simak beberapa caranya di bawah ini:

1. Melalui Jalur Pelabuhan

Saat Kamu ingin melakukan import barang dari China, maka sangat penting untuk bertemu terlebih dahulu dengan pihak sellernya. Selanjutnya, lakukan beberapa kesepakatan mulai dari harga produk sampai dengan pengirimannya. Pengiriman disini sendiri dapat dilakukan lewat jalur pelabuhan.

Umumnya, pihak importirlah yang nantinya akan bertanggung jawab mengenai pengiriman. Mulai dari pelabuhan yang ada di China sampai dengan pelabuhan yang ada di Indonesia. Kemudian, Kamu juga perlu bertanggung jawab mengenai pembongkaran, pengiriman ke gudang, dan pengiriman ke konsumen.

2. Melalui Marketplace

Perlu Kamu ketahui, bahwa saat ini proses import barang yang berasal dari China terbilang lebih mudah dilakukan dengan memakai jalur marketplace online. Contohnya seperti Alibaba.com. Dengan begitu, siapa saja dapat berbelanja memanfaatkan marketplace tersebut.

Tidak hanya itu saja, dapat dikatakan bahwa jalur online yang satu ini terbilang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan jalur pelabuhan. Hal ini tidak lain karena Kamu tidak perlu lagi bertanggung jawab mengenai proses pengiriman. Pasalnya, hal ini akan dilakukan oleh penjual.

3. Melalui Jalur Pariwisata

Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui tentang jalur yang satu ini. Jika menggunakan jalur ini, maka Kamu akan pergi ke China bersama dengan agen pariwisata tertentu. Selanjutnya, agen pariwisata tersebut akan berhenti pada satu tempat sehingga akan lebih mudah untuk membeli setiap produk.

Tentu saja, dengan memanfaatkan momen tersebut dalam proses import barang Kamu dapat sekalian memilih dan membeli produk mana saja yang diinginkan. Kemudian, pulanglah ke Indonesia menggunakan izin pariwisata tetapi produk yang diinginkan tetap dapat dibawa pulang.

4. Melalui Jalur Pribadi

Saat ingin mengirimkan barang lewat jalur pribadi, terutama ketika import barang dari China, Kamu akan terbang ke China terlebih dahulu atas nama wisatawan. Selanjutnya, jika sudah sampai dapat langsung datang ke beberapa toko yang diinginkan untuk membeli produk. Itulah mengapa disebut dengan jalur pribadi.

Saat sudah berada di China, maka Kamu dapat melakukan beberapa kesepakatan pengiriman barang dengan penjual. Tidak hanya itu, bisa juga meminta nomor kontak langsung kepada penjual kemudian meminta harga dimurahkan karena akan dijual kembali.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Itu dia beberapa cara import barang dari China ke Indonesia yang dapat Kamu terapkan. Dengan menerapkan cara tersebut, maka tentu saja akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Jadi, apakah sudah siap untuk melakukan proses import tersebut?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram