Cara Membangun Bisnis Online untuk Pemula dengan Aman dan Tepat

Apakah saja bisnis online untuk pemula? Memulai bisnis online memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, banyak hal yang perlu diperhatikan khususnya bagi pemula. Sebelum memulai dalam membuka bisnis maka pertimbangkan dan cari informasi secara lengkap.

Meskipun banyak yang menyepelekan namun bisa membantu bisnis kamu lebih berkembang dan maju. Banyak cara yang perlu kamu ketahui untuk memulai bisnis secara online agar berkembang pesat.

Cara Bisnis Online untuk Pemula yang Aman

Cara Membangun Bisnis Online untuk Pemula dengan Aman dan Tepat

Sebagai pemula yang mempunyai keinginan untuk membuka bisnis secara online memang menjadi keputusan yang tepat. Bisnis secara online tidak begitu mengeluarkan banyak modal awal dan proses pengembangannya lebih cepat.

Tentu berbeda dengan penjualan pada store offline yang membutuhkan toko fisik dan pastinya menggunakan dana lebih banyak lagi. Inilah cara yang aman sebagai pemula untuk memulai berbisnis:

1. Melakukan pengecekan kebutuhan pasar

Cara melakukan bisnis secara online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jualan offline yakni mengecek kebutuhan pasar. Perlunya kamu sebagai pemula riset pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk langsung membuka toko.

Cek produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini dan masa mendatang. Hal ini sebagai langkah awal untuk menjadikan bisnis online kamu laris di pasaran dan menguntungkan.

2. Menentukan target pasar

Setelah kamu melakukan riset atas kebutuhan pasar maka selanjutnya menentukan target sasaran pasar. Pada produk yang akan kamu jual ini tentukan target produk seperti halnya pakaian wanita untuk usia 19 sampai 30 tahun atau menawarkan produk yang dikhususkan bagi remaja.

Target pasar ini menjadi patokan penawaran kamu yang bisa jauh lebih menguntungkan karena tepat sasaran. Tidak mungkin dengan produk pakaian wanita usia 19 tahun kamu tawarkan pada ibu-ibu berusia 40 tahun.

3. Membandingkan harga pasaran

Dengan kamu mengecek kebutuhan di pasar maka juga akan mengetahui harga jual produk dari setiap toko yang berbeda. Maka dengan begitu kamu bisa membandingkan setiap harga rata-rata berapa dan melakukan survei kecil pada online shop sebab kamu akan jualan secara online.

Jangan sampai harga yang kamu tawarkan ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tawaran harga produk di toko lain. Selain itu juga jangan menjual produk dengan harga yang jauh di bawah harga pasar di mana justru akan merusak pasaran produk lain.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

4. Membuat akun media sosial

Cara bisnis online tentunya harus mempunyai akun media sosial untuk menawarkan produknya. Sekarang ini hampir semua produk sudah dijual dipasaran online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era digital ini.

Kamu bisa membuat beberapa akun media sosial dan e commerce seperti halnya Instagram, Facebook, Twitter dan aplikasi e commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan masih banyak lainnya. Selain membuat akun media sosial bisa juga dengan membuat website untuk menawarkan produk pada jangkauan yang lebih luas lagi.

5. Mencantumkan kontak yang dapat dihubungi

Setelah membuat beberapa akun di media sosial dan website maka selanjutnya dalam bisnis online mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Pastikan kontak ini selalu aktif dan khusus untuk melayani transaksi dengan konsumen.

Tujuan dengan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi agar pembeli bisa segera langsung terhubung ke penjual produk. Jangan lupa juga untuk mencantumkan cara melakukan pemesanan serta pembayaran yang akan memudahkan konsumen dalam proses bertransaksi.

6. Melakukan foto produk

Mempunyai produk yang akan kamu jual sebaiknya juga melakukan foto produk dengan fotografer profesional. Kamu bisa mendapatkan foto yang cantik yang mampu menarik perhatian para pembeli.

Foto adalah salah satu poin penting yang akan dilihat pertama kali oleh pembeli. Dengan begitu berikanlah kesan yang bagus sebagai bentuk penawaran secara halus.

7. Memposting produk secara konsisten

Membuka bisnis online memang harus konsisten tidak boleh males dalam upload produk setiap hari dengan produk yang kamu tawarkan. Cara memposting pada feed Instagram misalnya bisa kamu gunakan foto yang menarik dengan ukuran sama agar terlihat rapi.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Jangan lupa saat posting foto produk kamu tambahkan caption untuk menggugah minat pembeli. Caption yang jelas dan menarik akan membantu pembeli dalam memperoleh informasi secara lengkap dari produk yang kamu tawarkan.

8. Melakukan promosi dengan baik

Cara berbisnis dengan memanfaatkan media online harus melakukan promosi untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi. Mulailah mempromosikan produk dengan menawarkan dagangan yang kamu jual.

Cara promosi lain yang bisa menarik minat pembeli dengan memberikan promo semenarik mungkin dalam jangka waktu tertentu. Cara ini sangat ampuh untuk mendatangkan pembeli pada produk yang sudah kamu tawarkan.

9. Meminta bantuan teman untuk mempromosikan produk bisnis online

Selain kamu bisa mempromosikan produk pada akun media sosial, kamu juga bisa meminta tolong teman untuk membantu mempromosikannya. Teman kamu juga mempunyai jangkauan pertemanan yang cukup luas di media sosial yang bisa membantu mengenalkan produk terbaru.

Dengan menggunakan cara ini maka produk yang kamu jual bisa dikenal oleh banyak orang dan mampu menjangkau orang yang sebelumnya tidak kenal dengan produk kamu. Cara ini sangat ampuh dan efektif dalam hal memperluas jangkauan produk terbaru.

10. Bisnis online harus konsisten dan pantang menyerah

Menjalankan bisnis yang terbilang baru untuk pemula memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Namun perlu untuk melakukannya secara konsisten dan pantang menyerah agar bisa mencapai kesuksesan di masa depan meskipun harus melalui proses yang cukup panjang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Jika kamu merasa lelah maka ingatlah perjuangan dalam memulai dan membangun bisnis hingga bisa sampai sekarang ini. Dengan begitu jangan sampai goyah dan percaya bahwa bisnis yang kamu jalankan ini bisa sukses dan lancar seperti milik orang lain.

Demikianlah beberapa uraian mengenai bisnis online bagi pemula. Dalam memulai bisnis penting bagi kamu mengikuti cara di atas.

Instagram