Tradisi Lebaran di Eropa di Sejumlah Negara Berbeda dengan Perayaan Unik

Bagaimana tradisi lebaran di Eropa? Perayaan Hari Raya Idul Fitri memang selalu dinantikan oleh semua umat Muslim yang ada si seluruh dunia dengan melakukan tradisi berbeda di setiap belahan bumi. Seperti halnya perayaan tradisi lebaran di Eropa yang berbeda dengan di Indonesia mengingat sebagai belahan bumi dengan umat Muslim sebagai minoritas.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Banyak sekali cara setiap negara merayakan lebaran dengan mengusung keunikannya masing-masing. Di beberapa negara di kawasan Eropa sebagai agama minoritas memang cenderung lebih sepi namun tetap merayakan hari yang penuh dengan kemenangan ini.

Tradisi Lebaran di Eropa

Tradisi Lebaran di Eropa di Sejumlah Negara Berbeda dengan Perayaan Unik

Meskipun umat Muslim hidup sebagai masyarakat minoritas di Eropa namun tetap memiliki tradisi unik pada setiap perayaan hari lebaran. Suasananya tentu akan berbeda dengan negara-negara yang berada di kawasan Asia.

Inilah beberapa tradisi perayaan Hari Raya Idul Fitri di Eropa yang perlu diketahui:

1. Prasmanan Internasional di Islandia

Umat Muslim yang ada di Islandia ini akan merayakan lebaran dengan beribadah terlebih dahulu dan berdoa di masjid barulah setelah itu akan menyediakan berbagai macam hidangan. Perayaan dengan tersedianya banyak hidangan ini dinamakan prasmanan internasional.

Hidangan yang tersedia merupakan makanan dari berbagai negara di antaranya Indonesia, Mesir dan Eritrea. Bagi siapa saja yang datang ke masjid dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang ada dan tradisi unik ini guna mengukuhkan rasa kebersamaan dan kebahagiaan bagi umat Muslim pada saat hari lebaran.

2. Trick or Treat di Rusia

Tradisi lebaran di Eropa yang cukup unik adalah di negara Rusia, sama seperti di negara lain warga Muslim akan datang ke masjid dan berdoa. Di wilayah Rusia tepatnya di Kaukasus Utara merayakan hari lebaran bersama anak-anak yang membawa tas kosong saat pergi.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Russia dengan Mudah Menggunakan Transfez

Mereka akan datang ke rumah-rumah penduduk untuk meminta permen sebagai tanda berbagai rasa kebahagiaan pada saar hari lebaran yang penuh dengan keberkahan ini. Tradisi unik ini sangat mirip dengan Hallowen namun Trick or Treat Rusia hanya dilakukan pada saat hari lebaran saja.

3. Festival Lebaran di Stadion Irlandia

Para komunitas Muslim yang ada di Irlandia dalam merayakan hari lebaran dengan menggelar sebuah festival megah. Festival ini dilaksanakan pada salah satu stadion tersebsar di lokasi setempat yakni Croke Park bahkan kegiatan beribadah dan berdoa juga dilakukan di tempat yang sama.

Festival lebaran yang sangat meriah ini rutin dilakukan di negara Irlandia baik itu pada saat Jari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Semua orang akan berdatangan menyambut kemeriahan perayaan hari lebaran dengan penuh suka cita.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

4. Bertukar Hadiah di Jerman

Tradisi lebaran di Eropa yang cukup unik salah satunya di negara Jerman dan banyak yang mengatakan mirip dengan perayaan hari Natal. Setiap umat Muslim yang ada di Jerman akan bertukar hadiah sesama orang lain dan biasanya hadiah tersebut isinya berupa makanan, pakaian atapun permen.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Jerman dengan Mudah Menggunakan Transfez

Muslim yang ada di negara Jerman juga saling berkunjung ke rumah kerabat dan teman untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan. Biasanya kegiatan yang dilakukan pada saat lebaran ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut.

5. Festival Lebaran di London

Tradisi lebaran yang cukup unik lainnya di kawasan Eropa yakni di Inggris dengan menggelat festival lebaran di Trafalgar Square, London. Festival lebaran ini diselenggarakan dengan sangat meriah pada setiap tahun dengan banyaknya berbagai macam pertunjukan seni dan makanan halal.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke United Kingdom dengan Mudah Menggunakan Transfez

Tradisi lebaran di tengah penduduk non Muslim ini juga bisa berlangsung dengan meriah. Bahkan semua umat Muslim akan berdatangan menikmati pertunjukan dan membeli beberapa hidangan yang disajikan.

6. Merayakan Lebaran di Rumah untuk Rusia

Tradisi lebaran di Eropa yang cukup unik salah satunya dengan merayakan di rumah masing-masing setelah menjalankan ibadah sholat Ied. Perayaan ini bisa berlangsung selama 3 hari berturut-turut sehingga tidak hanya sehari saja berada di rumah.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Rusia dengan Mudah Menggunakan Transfez

Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri maka semua orang akan menikmati hidangan makanan khas lebaran dengan menggunakan bahan utama daging. Selain itu ditemani dengan hidangan salad dan juga sup yang menambah kenikmatan pada makanan khas lebaran tersebut.

7. Beli Baju Baru di Prancis

Eropa sebagai negara yang tidak banyak penduduk beragama Muslim namun tidak mengurangi perayaan hari lebaran di negara tersebut. Pada saat lebaran umat Muslim Prancis akan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan membeli pakaian baru untuk digunakan pada saat lebaran.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Prancis dengan Mudah Menggunakan Transfez

Setelah melakukan ibadah sholat Ied maka pada siang hari, umat Muslim akan mempersembahkan makanan seperti kue. Selain itu semua orang akan mengenakan pakaian baru yang telah dibeli sebelumnya.

8. Petit Fete

Perayaan hari lebaran yang ada di Eropa khususnya di negara Perancis memiliki momen spesial dengan sebutan petit fete. Hari Raya ldul Fitri belum lengkap jika tidak ada hidangan makanan yang manis seperti halnya kue.

Idulfitri merupakan fete secree atau perayaan manis yang menjadi tradisi wajib dilakukan di negara Prancis. Perayaan ini biasanya dilakukan selama 3 hari dan pada kesempatan inilah umat Islam akan membayar zakat.

9. Sholat Ied diLanjutkan Bersalaman

Lebaran di Eropa cenderung dilakukan dengan sangat sederhana tanpa perayaan yang mewah. Hal ini dikarenakan lebaran di Eropa sebagai umat minoritas yang tidak mendapatkan hari libur khusus bagi semua pekerja.

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Turki dengan Mudah Menggunakan Transfez

Sehingga tidak heran jika dirayakan dengan cara sederhana, masyarakat Muslim akan melaksanakan sholat Ied di masjid dan dilanjutkan bersamalan. Semua orang yang telah bertemu akan bermaaf-maafan, setelah itu kembali ke rumah dengan perayaannya masing-masing.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian perayaan tradisi lebaran di Eropa yang dilakukan di sejumlah negara. Setiap negara yang ada di Eropa mempunyai tradisi uniknya masing-masing dan tidak sama.

Instagram