Penyebab Inflasi yang Memberikan Dampak Besar Pada Negara

Penyebab inflasi bisa terjadi di sejumlah negara yang ada di dunia dan hal ini sudah menjadi perbincangan publik. Bagi negara yang mengalami pertumbuhan sedang berkembang akan sering mengalami inflasi namun karena jenisnya yang berbeda, inflasi ini tidak terlalu terlihat.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Inflasi merupakan situasi dan kondisi yang kurang baik dalam segi bidang ekonomi karena adanya kenaikan harga yang mempengaruhi perekonomian masyarakat. Inflasi sendiri sebagai gejala ekonomi yang tidak dapat dihilangkan dengan mudah karena hanya bisa dikendalikan atau dikontrol.

Penyebab Inflasi

Terjadinya inflasi memiliki beberapa faktor penyebab yang mendasarinya sehingga menyebabkan kondisi dan situasi ini dirasakan oleh masyarakat. Inflasi menjadi sebuah kondisi yang berhubungan langsung dengan perekonomian masyarakat dan situasi yang tidak dikendalikan dengan baik bisa berdampak buruk bagi pelaku usaha kecil.

Penyebab Inflasi yang Memberikan Dampak Besar Pada Negara

Berikut inilah penyebab inflasi yang dapat kita kamu ketahui dan biasanya terjadi di Indonesia:

1. Tarikan Permintaan

Pada umumnya untuk inflasi yang ada di Indonesia ini disebabkan oleh permintaan dan penawaran atas barang ataupun jasa terbilang cukup besar dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini biasanya juga terjadi di dalam negara untuk jangka panjang dan pada umumnya barang atau jasa tersebut menjadi kebutuhan yang sering dicari oleh kalangan masyarakat.

Kondisi inflasi seperti ini sering terjadi di sebuah negara khususnya negara yang mengalami pertumbuhan perekonomian cukup pesat. Adanya kesempatan kerja yang cukup tinggi dan nantinya menyebabkan tingkat pendapatan masyarakat juga mengalami kenaikan secara terus-menerus.

2. Terdapat Dorongan Biaya

Penyebab inflasi dapat terjadi pada sebuah negara dikarenakan terdapat dorongan untuk melakukan kenaikan terhadap biaya produksi dan ini sering terjadi dalam jangka waktu tertentu dan biasanya akan berlangsung secara terus-menerus.

Pada umumnya untuk inflasi yang dikarenakan kenaikan biaya produksi biasanya penyebabnya adalah desakan biaya produksi yang terus mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu dan inflasi sering terjadi di negara yang memiliki ekonomi sedang bertumbuh dan berkembang.

Inflasi juga dapat terjadi di sebuah negara yang mengalami pertumbuhan cukup pesat namun memiliki angka pengangguran yang rendah. Pada negara ini memiliki supply terhadap tenaga kerja yang cukup terbatas namun permintaan atas barang produksi mengalami kenaikan.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

3. Naiknya Permintaan Dan Penawaran

Info terjadinya inflasi memiliki penyebab lain yaitu disebabkan oleh kenaikan permintaan hingga penawaran dan hal ini bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan baik itu dari penawaran ataupun permintaan. Pada saat permintaan terhadap barang ataupun jasa semakin bertambah tentunya bisa berakibat pada penyediaan faktor produksi serta barang yang mengalami penurunan.

Sedangkan untuk pengganti ataupun substitusi pada barang dan jasa terbilang sangat terbatas bahkan tidak tersedia di dalam gudang. Pada keadaan seperti ini menjadi tidak seimbang yang nantinya bisa menyebabkan harga barang ataupun jasa mengalami kenaikan dan mengakibatkan inflasi.

4. Jumlah Uang Beredar Semakin Bertambah

Penyebab inflasi salah satunya dikarenakan jumlah uang yang beredar di masyarakat terus mengalami pertambahan, teori ini dikemukakan oleh para kaum klasik namun sering terjadi pada sejumlah negara. Bahwasanya terdapat sebuah keterkaitan antara peredaran jumlah uang di masyarakat dengan harga barang yang ditawarkan.

Apabila jumlah barang tetap namun jumlah uang yang beredar di kalangan masyarakat tersebut jauh lebih banyak. Maka kondisi ini akan menyebabkan harga mahal dan ketika hal ini sudah terjadi secara terus-menerus maka bisa mengakibatkan inflasi pada sebuah negara.

5. Penyebab Dari Perilaku Masyarakat

Inflasi juga bisa terjadi dikarenakan pola perilaku dari masyarakat itu sendiri. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan inflasi ekspektasi dan sering terjadi karena perilaku masyarakat yang tidak stabil.

Masyarakat yang memiliki pendapat bahwasanya kondisi ekonomi di masa mendatang akan jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Padahal untuk inflasi jenis ini tergolong sangat sulit terdeteksi karena untuk kejadian dari inflasi sendiri tidak terlalu terlihat secara signifikan.

6. Kekacauan Ekonomi Dan Politik

Pada sebuah negara yang memiliki kondisi kurang aman maka biasanya harga barang ataupun jasa di negara tersebut cenderung akan mengalami kenaikan dan cukup mahal. Kondisi seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi di negara Indonesia yang menjadikan semua barang mengalami kenaikan yang cukup pesat.

Lebih tepatnya terjadi kekacauan antara ekonomi dan politik, hal ini bisa terjadi di tahun 1998 lalu dan di masa itulah level inflasi yang terjadi di Indonesia bahkan menyentuh diangkat 70%. Padahal untuk level inflasi biasanya cenderung normal dibandingkan sebelumnya dengan kisaran antara 3% hingga 4% saja.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

7. Struktural Ekonomi

Penyebab inflasi yang terjadi di negara Indonesia biasanya dari seorang produsen yang tidak bisa melakukan pencegahan secara cepat terkait kenaikan permintaan yang biasanya diakibatkan oleh terjadinya pertumbuhan penduduk. Hingga pada akhirnya permintaan tersebut sulit untuk dipenuhi oleh produsen ketika terdapat pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin meningkat.

8. Keputusan Perusahaan

Keputusan perusahaan menjadi salah satu alasan terjadinya inflasi dan terkadang ini bisa terjadi secara alami begitu saja ketika pasokan menurun dan permintaan makin meningkat. Namun untuk di lain waktu inovasi tersebut juga bisa terjadi karena diatur oleh perusahaan itu sendiri.

Perusahaan biasanya akan membuat barang populer yang mampu menaikkan potensi harga dan ini dilakukan hanya karena konsumen bersedia untuk melakukan pembayaran harga yang diinginkan. Dengan demikian perusahaan akan terus menaikkan harga secara bebas tanpa ada penekanan atau batasan, terlebih saat barang yang dijual merupakan sesuatu yang memang sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

9. Hutang Nasional

Pada saat hutang negara mengalami peningkatan maka pemerintah mempunyai dua opsi yaitu menaikkan pajak atau mencetak lebih banyak uang yang dapat digunakan melunasi hutang negara. Jika pajak dinaikkan maka bisnis akan terus bereaksi dan bisa menaikkan harganya.

Hal ini bisa dilakukan guna mengimbangi kenaikan tarif pajak pada perusahaan. Namun ketika pemerintah memilih kebijakan yang kedua tentunya akan berdampak pada peredaran uang yang ada di masyarakat dan nantinya bisa mengarahkan pada kenaikan harga serta devaluasi mata uang.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait penyebab inflasi yang sering terjadi di sejumlah negara yang ada di dunia. Inflasi bisa terjadi pada negara yang tengah mengalami perkembangan cukup pesat.

Instagram