pengertian dan contoh paklaring

Surat paklaring adalah surat bukti bahwa kamu sudah pernah bekerja di suatu perusahaan tertentu, di paklaring juga mencantumkan info posisi kamu di perusahaan tersebut.

Surat paklaring hanya bisa didapatkan di tempat kamu bekerja sebelum nya dan harus memenuhi persyaratan nya, pada saat sebelum kamu akan resign atau ingin pindah pekerjaan, sebaiknya kamu mempersiapkan atau mengurus pembuatan paklaring.

Pengertian Surat Paklaring

pengertian dan contoh paklaring

Surat paklaring adalah surat bukti bahwa kamu sudah pernah bekerja di suatu perusahaan tertentu, dan di paklaring terdapat isi yang mencantumkan info posisi kamu di perusahaan tersebut.

Isi paklaring tersebut menjelaskan tentang jenjang karir kamu, dari mulai pertama kali kamu bekerja sampai akhir kamu bekerja. Surat ini pastinya diterbitkan atau dikeluarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Surat paklaring juga bisa diterbitkan oleh lembaga kecil, tidak hanya diterbitkan oleh perusahaan atau tempat kerja kamu sebelumnya.

Karena lembaga kecil mempunyai hak untuk mengeluarkan paklaring itu. Jadi, penerbitan paklaring tidak hanya oleh perusahaan saja.

Fungsi Surat Paklaring

Seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, paklaring tidak hanya sebagai mempermudah untuk mendapat pekerjaan baru.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Paklaring juga dapat berguna untuk hal-hal penting lainnya. Berikut fungsi paklaring!

– Persyaratan pembuatan BPJS ketenagakerjaan

Sudah bukan hal rahasia umum lagi, BPJS Ketenagakerjaan sangat diperlukan oleh karyawan-karyawan untuk mempermudah mencairkan JHT (jaminan hari tua)

Dokumen tersebut sangat penting bagi karyawan agar mereka mendapatkan jaminan tersebut, seluruhnya atau sebagian jaminan tersebut.

Oleh sebab itu agar karyawan atau pekerja mendapatkan dana tersebut, mereka harus memiliki paklaring yang sudah dilegalisir sebagai pengganti surat keterangan bekerja.

– Melamar Pekerjaan Lainnya

Dalam proses penerimaan pekerja di sebagian perusahaan, perusahaan akan membutuhkan paklaring yang harus dilampirkan di CV atau setelah proses wawancara.
Tujuan melampirkan paklaring adalah menjadi bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan yang kamu sudah sebutkan.

Walaupun paklaring tidak dibutuhkan untuk profesi tertentu tapi untuk jabatan SPV atau profesi di atasnya pasti membutuhkan paklaring tersebut. Oleh karena itu jangan buang-buang kesempatan untuk bekerja di jabatan tinggi karena tidak mempunyai surat paklaring.

– Mendapatkan Beasiswa Jalur Professional

Walaupun kamu sudah memiliki pekerjaan atau memiliki pengalamanan, tidak bisa menutup kemungkinan bahwa seseorang tetap ingin melanjutkan pendidikannya.

Dengan kamu memiliki paklaring, akan membuka kesempatan kamu untuk mendapatkan beasiswa jalur professional.

Beasiswa ini biasanya berguna untuk kamu yang menginginkan melanjutkan studi S2 atau doktor yang diberikan oleh pemerintah atau swasta.

Ada beberapa persyaratan dokumen penting yang harus disiapkan untuk menerima beasiswa pendidikan itu, paklaring jadi salah satu yang biasa diminta. Bahkan calon penerima beasiswa akan diminta surat rekomendasi dari atasannya, untuk lebih meyakinkan.

– Mengajukan Pinjaman Bank Atau Kartu Kredit

Untuk mengajukan dana kredit tanpa agunan, kredit kepemilikan rumah atau kkb, pengaju biasanya harus memiliki status karyawan.

Persyaratan surat paklarin untuk digunakan sebagai bukti calon debitur telah memiliki penghasilan tetap. Dengan paklarin juga sebagai bukti kamu bisa membayar atau tidak cicilan dan pinjaman tersebut.

Syarat Pembuatan Paklaring

Begitu halnya juga saat kamu mengajukan kartu kredit. Surat paklarin akan dilihat oleh bank untuk mengetahui kemampuan finansial kamu.

Berikut syarat membuat surat paklarin

Sebelum mengeluarkan paklaring, ada persyaratan yang wajib disiapkan oleh karyawan. Syarat tersebut menjadi rujukan bagi perusahaan untuk mengeluarkan surat paklarin.

– Resign atau mengundurkan diri dengan baik-baik

Untuk mendapatkan surat paklarin tentu karyawan harus mengundurkan atau resign kerja dengan baik-baik. Bisa dibilang, persyaratan ini mutlak dan harus dilakukan oleh karyawan agar mendapatkan surat paklarin tersebut.

Surat paklarin juga bisa menjadikan informasi tambahan sebagai surat referensi atau rekomendasi dari perusahaan sebelumnya.

Dari surat paklaring, perusahaan dapat melihat karyawan baru meninggalkan tempat kerja sebelum nya dengan baik- baik atau tidak, karena kalau karyawan keluar dengan tidak baik-baik perusahaan tidak akan menerbitkan surat ini.

Jadi perlu di ingat, pastikan kamu resign kerja dengan kesan yang baik agar kamu bisa mendapatkan surat paklarin tersebut.

– Lama Kerja Minimal Satu Tahun

Untuk mendapatkan surat paklarin, tentu karyawan harus memiliki masa kontrak kerja minimal 1 tahun perusahaan tersebut.

Apabila masa kontrak karyawan di bawah waktu 1 tahun tidak bisa mengajukan surat paklarin, karena dianggap masih belum mampu menjalankan kinerja profesinya.

– Telah Memenuhi Semua Kewajiban Kerja

Dengan terpenuhinya syarat serta kewajiban kerja, karyawan akan dianggap meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan atau tempat kerja yang ditinggalkannya. Dengan kesan baik karyawan nya perusahaan tidak akan pelit untuk menerbitkan surat paklarin itu.

Perlu di ingat surat paklarin berfungsi sebagai surat yang mempermudah kamu untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Jadi alangkah baiknya kamu memenuhi persyaratan-persyaratan nya agar perusahaan dapat menerbitkan dan memberikan surat paklarin tersebut.

Contoh Format Penulisan dan Pembuatan surat Paklaring

Pada dasarnya, format surat paklaring harus memenuhi ukuran atau patokan dari administrasi formal. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dicantumkan di surat paklarin:

– Kop surat atau identitas perusahaan
– Nomor surat
– Pengesahan yang dilakukan oleh atasan karyawan
– Isi surat
– Stempel serta tanda tangan guna mendukung legalitas dari penerbitan dokumen tersebut.

Ada beberapa hal atau informasi yang harus dicantumkan dalam membuat surat paklarin tersebut seperti nama lengkap kamu, nomor induk karyawan, lokasi kerja, masa kerja, dan juga jabatan. Surat paklarin juga harus ditandatangani oleh HRD dan stempel perusahaan. Apabila karyawan ingin mendapatkan surat paklarin ini, karyawan harus mengajukan ke HRD perusahaan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah Informasi tentang paklaring dari pengertian dan contohnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram