Lama Perjalanan dari Indonesia ke Mekkah

Lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah memang menjadi perhatian khusus ketika ingin menjalankan ibadah haji. Indonesia dan Mekkah memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari waktu yang tentunya tidak sama seperti harian biasanya, bahkan dari banyak orang-orang yang datang ke Mekkah akan mengalami jet lag atas perbedaan waktu tersebut.

Banyak di kalangan masyarakat Indonesia yang mencari informasi terlebih dahulu untuk lamanya perjalanan menuju ke Mekkah. Dengan demikian akan memudahkan waktu tiba di negara Arab Saudi ketika akan menjalankan ibadah umrah ataupun haji di Mekkah.

Lama Perjalanan dari Indonesia ke Mekkah

Dalam menjalankan sebuah ibadah umrah ataupun haji ke Arab Saudi tentunya akan menjadi perjalanan yang panjang dan harus dilalui menggunakan jalur udara yaitu pesawat. Perlu diketahui bahwasanya untuk menuju ke Mekkah akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dibutuhkan persiapan yang matang untuk melalui perjalanan panjang ini.

Lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah rata-rata akan membutuhkan waktu penerbangan sekitar 9 jam-an, hal ini juga tergantung apakah pesawat yang digunakan akan transit ataupun tidak. Pada umumnya untuk perjalanan dari Indonesia menuju Arab Saudi biasanya akan mendarat di bandara Jeddah sebelum pada akhirnya menuju ke Mekkah yang membutuhkan perjalanan hingga 2 jam lamanya menggunakan kendaraan bus.

Lama Perjalanan dari Indonesia ke Mekkah dengan Pesawat

Jarak Indonesia ke Arab Saudi

Dengan mengetahui lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah tentunya hal ini juga berhubungan langsung dengan jarak dari negara Indonesia ke Arab Saudi. Jarak dari kedua negara ini yang cukup jauh tentunya akan memakan waktu perjalanan yang tidak sebentar.

Berikut inilah daftar detail jarak Indonesia ke Arab Saudi yang perlu diketahui:

  • Jarak Indonesia dari kota Jakarta ke Jeddah Arab Saudi sekitar 7971 km
  • Jarak Jeddah Arab Saudi ke Madinah Arab Saudi sekitar 442,9 km
  • Jarak antara Madinah Arab Saudi ke Mekkah Arab Saudi sekitar 450,9 km
  • Jarak antara Mekkah Arab Saudi ke Madinah Arab Saudi sekitar 454 km
  • Jarak antara Mekkah Arab Saudi ke Jeddah Arab Saudi sekitar 101 km.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lama Perjalanan Penerbangan Pesawat dari Indonesia ke Madinah

Selain pentingnya untuk mengetahui lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah tentunya kamu juga akan menginginkan untuk mengetahui berapa lama penerbangan menggunakan pesawat dari Indonesia menuju ke Madinah. Rute menggunakan pesawat lebih mempersingkat waktu penerbangan sampai 9 jam yang nantinya akan diteruskan menggunakan kendaraan bus selama 9 jam perjalanan untuk bisa menuju ke Madinah.

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa digunakan dalam mempersingkat waktu perjalanan para rombongan umroh ataupun haji melalui rute Jakarta Indonesia dan Madinah Arab Saudi yang pastinya bisa menghemat bea perjalanan. Sementara itu untuk jarak Antara Jakarta dan Madinah sekitar 8.031 km, ketika perjalanan dari Jakarta langsung menuju ke Madinah terbilang lebih singkat dibandingkan harus transit terlebih dahulu ke Jeddah karena memiliki selisih sekitar 382,9 km. Dengan kecepatan pesawat 990 KM maka untuk lama penerbangan yang akan dilalui oleh penumpang dari Jakarta ke Madinah hanya membutuhkan waktu sekitar 8,11 jam.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Syarat Vaksin Booster untuk Menuju ke Mekkah

Penting bagi kamu untuk mengetahui lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah, namun kamu juga harus memahami apa saja persyaratan yang perlu dilengkapi ketika ingin melakukan ibadah umrah ataupun haji ke Mekkah, bahwasanya pemerintah Arab Saudi sudah memberikan kewajiban bagi semua pendatang untuk melakukan vaksin booster atau dosis ketiga, akan tetapi kebijakan tersebut sudah diubah kembali dan untuk warga negara Indonesia yang akan melakukan penerbangan ke Arab Saudi tidak perlu vaksin booster. Namun juga penting bagi semua pendatang untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjalani karantina terlebih dahulu sebagai ketentuan institusional selama 5 hari.

Selain itu pemerintah Arab Saudi juga memberikan larangan terbang atau suspend yang sudah diberlakukan terhadap Indonesia dan beberapa kawasan negara lainnya pada saat adanya kelonjakan covid 19. Sekarang ini pemerintah Arab Saudi sudah memiliki kebijakan terbaru dan memperbolehkan warga negara Indonesia untuk menjalankan ibadah umroh dan haji di negaranya.

DownloadTransfez Desktop 970x100 2

Syarat Penerbangan ke Arab Saudi

Jika sebelumnya Arab Saudi mengeluarkan kebijakan terbarunya untuk larangan bagi warga negara manapun untuk masuk ke Arab Saudi. Namun kini kebijakan tersebut sudah dicabut sehingga warga negara Indonesia bisa menjalankan penerbangan langsung untuk menuju ke Arab Saudi dalam menjalankan ibadah umroh ataupun haji.

Perlu diketahui juga untuk para warga negara Indonesia yang akan menjalankan ibadah umroh dan haji ke Arab Saudi harus mengikuti syarat penerbangan terbaru yang sudah ditetapkan. Berikut inilah syarat penerbangan yang harus dipatuhi oleh setiap orang yang akan menuju ke Arab Saudi:

  • Menunjukkan adanya bukti sertifikat bahwasanya orang yang bersangkutan sudah melakukan PCR yang valid dengan jangka waktu 72 jam sebelum dilakukan pemberangkatan penerbangan pesawat ke Arab Saudi
  • Melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada platform Qdoom sebagai kebijakan terbaru yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan Arab Saudi untuk warga negara Indonesia yang akan menjalankan ibadah umrah ataupun ibadah haji
  • Menerapkan ketentuan prosedur untuk menjalankan karantina institusional yang menjadi kebijakan terbaru dari pemerintah Arab Saudi bagi semua warga negara yang datang ke negaranya. Sementara itu untuk jangka waktu yang ditetapkan dari kebijakan tersebut sekitar 5 hari atau sampai dinyatakan bahwasanya warga negara tidak positif, hal ini juga terlepas dari adanya status imunisasi yang dilakukan di luar negara Arab Saudi itu sendiri
  • Mematuhi semua ketentuan ketika menjalankan tes swab medis yang dilakukan di hari pertama dan kelima pada saat menjalankan proses karantina institusional ketika tiba di negara Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umroh dan haji.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait lama perjalanan dari Indonesia ke Mekkah yang bisa diketahui. Perhatikan jarak dari setiap kota baik itu di Indonesia ataupun Arab Saudi ketika akan bepergian untuk menjalankan umroh atau haji.

Instagram