Tips Traveling ke Hongkong

Salah satu kota metropolitan di Asia yang tidak jauh dari Indonesia adalah Hongkong. Negara ini tentu saja menjadi salah satu kota yang sering dijadikan destinasi berlibur oleh masyarakat Indonesia.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Tidak heran karena Hongkong memang yang banyak menawarkan tempat wisata yang menarik, namun kota ini termasuk salah satu kota dengan biaya hidup cukup mahal. Karena itu berikut tips yang harus kamu tahu apabila ingin berlibur hemat ke Hongkong.

1. Persiapkan Itinerary ke Hongkong

Tips Traveling ke Hongkong
Pixabay/12019

Tips traveling ke Hongkong yang pertama, beberapa tempat wisata yang ada di Hongkong, ada yang gratis dan ada juga yang harus membayar tiket mahal.Berikut beberapa 9 tempat wisata di Hongkong wajib kamu kunjungi yaitu:

• HongkongDisneyland
• Ladies Market
• Clock Tower
• The Peak
• Ocean Park Hongkong
• Golden Bauhinia Square
• Avenue Of Stars
• Lan Kwai Fong
• Tsim Sha Tsui Promenade

2. Membawa bekal makanan instan saat berlibur

Tips Traveling ke Hongkong
Unsplash/Markus Winkler

Tips traveling ke Hongkong yang kedua, harga makanan di Hongkong lebih mahal dibandingkan di Indonesia, sehingga tidak heran jika Hongkong termasuk kategori kota yang memiliki biaya hidup mahal. Jika kamu ingin menghemat budget liburan, maka sebaiknya membawa bekal makanan instan dari Indonesia.

Apabila kamu terpaksa untuk membeli makanan, maka sebaiknya kunjungi restoran yang yang menyediakan menu dimsum atau steamboat karena harganya jauh lebih murah.

3. Memesan tiket pesawat dan hotel jauh hari

Tips Traveling ke Hongkong
Pixabay/AndyLeungHK

Tips traveling ke Hongkong yang ketiga, untuk menghemat budget liburan kamu, tentu saja kamu harus memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Karena dengan hal ini kamu dapat menghemat pengeluaran tiket pesawat dan hotel yang lebih murah.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan promo kartu kredit untuk mendapatkan cashback ataupun diskon dari harga tiket serta penginapan.

4. Hindari untuk menukar uang di airport

Tips traveling ke Hongkong yang ke-4, Indonesia dan Hongkong memiliki mata uang yang berbeda, sehingga apabila kamu ingin berkunjung ke sana maka tentu saja kamu harus menukar uang Rupiah menjadi Dolar Hongkong. Namun, sebaiknya kamu harus menghindari penukaran uang melalui airport karena selisih dengan ukuran yang cukup besar.

Hal tersebut tentu saja dapat membuat pengeluaran dan budget liburan kamu menjadi sangat membengkak.

5. Untuk mempermudah transportasi sebaiknya beli kartu Octopus

Tips Traveling ke Hongkong
Pixabay/ekidin

Tips traveling ke Hongkong yang ke-5, dengan menggunakan MTR (Mass Transit Railway), kamu dapat menjelajahi seluruh pelosok Hongkong. Namun, sebaiknya kamu menghindari pembayaran menggunakan uang tunai saat menggunakan MTR karena akan kesulitan untuk mendapatkan kembalian.

Selain itu, kartu Octopus juga dapat mempermudahkan transportasi kamu selama di Hongkong. Kamu tidak perlu khawatir akan saldo yang tersisa di kartu kamu karena tidak akan mengalami kehangusan, dimana saldo yang tersisa tersebut dapat kamu refund saat kartu dikembalikan.

6. Hindari membeli oleh-oleh yang berlebihan

Tips Traveling ke Hongkong
Pixabay/stevenlondon

Tips traveling ke Hongkong yang ke-6, saat berlibur ke Hongkon, kamu akan melihat banyak souvenir dan benda yang menarik perhatian. Sebaiknya kamu harus memperhitungkan harganya dengan budget yang dipunya jika ingin membeli oleh-oleh.

Tentu saja hindari untuk membeli oleh-oleh yang terlalu banyak, karena dapat membuat barang bawaan menjadi bertambah banyak. Jika hal tersebut terjadi, maka sudah pasti kamu akan dikenakan biaya tambahan kelebihan berat bagasi yang harganya tidaklah murah.

7. Jangan menarik uang di ATM

Tips Traveling ke Hongkong
Unsplash/Nick Pampoukidis

Tips traveling ke Hongkong yang ke-7, saat ingin berlibur Hongkong, sebaiknya kamu membawa uang tunai yang cukup sebelum berangkat ke Hongkong sebagai bekal hidup selama di sana. Karena kamu akan dikenakan biaya administrasi saat menarik uang di ATM, maka sebaiknya kamu menghindari hal tersebut.

Apabila kamu terpaksa harus menarik uang di mesin ATMHongkong, maka tariklah dalam jumlah besar, agar tidak terkena biaya administrasi berulang kali.

8. Memilih lokasi hotel yang strategis

Tips Traveling ke Hongkong
Unsplash/Marten Bjork

Tips traveling ke Hongkong yang ke-8, sebaiknya kamu memilih hotel dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan lokasi stasiun MTR saat memilih penginapan, seperti Tsim Sha Tsui. Kamu bisa memilih penginapan di sekitar kawasan Wan Chai untuk traveler muslim.

Karena dekat dengan stasiun, kawasan tersebut juga dekat dengan masjid amar. Kamu juga bisa menikmati kuliner halal dengan harga murah yang ada di kantin masjid amar hanya sekitar 20 sampai 35 HKD saja.

9. Membawa adaptor dengan kaki tiga

Tips traveling ke Hongkong yang ke-9, dikarenakan colokan Indonesia dan Hongkong itu terdapat perbedaan, maka adaptor dengan kaki tiga merupakan hal yang paling penting. Sebaiknya kamu membawa adaptor tersebut dan mempersiapkannya sebelum berangkat ke Hongkong.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Kamu bisa memperolehnya di toko listrik dengan harga yang murah, karena ini akan sangat kamu butuhkan terlebih apabila kamu mau bawa banyak aalat elektronik, seperti handphone, power bank dan camera.

10. Memilih tempat tinggal yang strategis

Tips Traveling ke Hongkong
Pixabay/10948287

Tips traveling ke Hongkong yang ke-10, tidak semua penginapan adalah hotel. Saat memilih penginapan di Hong Kong, pilihlah tempat tinggal yang lokasinya strategis dan dekat dengan lokasi stasiun MTR (Mass Transit Railway) seperti Tsim Sha Tsui. Untuk kamu yang muslim, kamu bisa memilih penginapan di sekitar kawasan Wan Chai.

Selain dekat dengan stasiun MTR, di kawasan ini juga terdapat masjid Amar. Di kantin masjid Amar kamu bisa menikmati aneka kuliner halal dengan harga murah, hanya sekitar 20-35 HKD saja.

11. Memilih Konektivitas Selama di Hongkong

Tips Traveling ke Hongkong
Unsplash/Bernard Hermant on

Tips traveling ke Hongkong yang ke-11, tidak heran jika Hongkong memiliki konektivitas yang sangat cepat. Hal ini karena Hongkong termasuk Negara modern yang sangat maju dalam berbagai bidang.

Kamu dapat menggunakan Wifi Hongkong yang tentunya sangat membantu kamu sekali ketika berlibur di Hongkong. Wifi ini dapat kamu gunakan bersama dengan anggota yang lain, dimana setelah kamu sampai di bandara, kamu dapat langsung mengambil Wifi ini.

12. Mampir ke Macau setelah dari Hongkong

Tips traveling ke Hongkong yang terakhir, untuk sampai di Macau hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari Hongkong. Kamu dapat menggunakan Hongkong Macau Turbojet Ferry sebagai sarana transportasi ke Macau.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Pada saat berada di Macau, kamu dapat mengunjungi objek wisata seperti Venetian Gondola yang sangat ikonik. Kamu dapat menyusuri sungai yang jernih dengan ditemani oleh pendayung gondola sambil bernyanyi lagu khas Italia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Itulah beberapa tips travelling ke Hongkong yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan dan liburan semakin menyenangkan. Selain itu, sebaiknya kamu juga membawa barang sesuai dengan kebutuhan saja karena barang yang berlebihan akan menyusahkan kamu saat berlibur.

Instagram