Cara Mengatasi Inflasi Berkepanjangan Pada Suatu Negara

Cara mengatasi inflasi bisa dilakukan oleh setiap negara ketika tengah mengalami kenaikan harga dalam kurun waktu yang terbilang cukup panjang selama bertahun-tahun. Kondisi seperti ini bisa menjadikan situasi yang kurang baik untuk iklim ekonomi pada suatu negara karena terjadi inflasi yang dapat melemahkan daya beli masyarakat.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Maka dengan demikian apabila sebuah negara sudah terjadi inflasi maka segera menerapkan sejumlah cara untuk mengatasi inflasi tersebut. Terjadinya inflasi biasanya dikarenakan peredaran uang yang terlalu banyak dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat ataupun konsumsi yang terus meningkat di tengah supply barang dan menjadikan harga jual terus mengalami kenaikan.

Cara Mengatasi Inflasi

Cara Mengatasi Inflasi Berkepanjangan Pada Suatu Negara

Cara mengatasi terjadinya inflasi pada sebuah negara harus melalui kebijakan pemerintah dan keseimbangan perekonomian pada negara tersebut. Jika inflasi terus dibiarkan maka lambat laun bisa membuat nilai mata uang menjadi melemah dan menyebabkan resesi ekonomi berkepanjangan.

Dengan demikian setiap negara bisa menerapkan berbagai macam metode untuk mencegah terjadinya inflasi. Berikut inilah kebijakan yang dapat dilakukan guna mengatasi inovasi yang terjadi pada sebuah negara:

1. Kebijakan Moneter

Pada jenis kebijakan ini tetap bisa dilakukan apabila sebuah negara dalam kondisi atau situasi yang kurang stabil dari segi ekonominya. Kebijakan yang satu ini memiliki tujuan guna menjaga stabilitas ekonomi dengan langkah yang perlu dilakukan untuk memfokuskan pada bidang keuangan atau moneter.

Dalam hal ini terdapat tiga wujud dari kebijakan moneter yang dapat dilakukan sebagai berikut:

• Diskonto

Bank Indonesia memiliki peranan yang sangat penting guna menerapkan kebijakan untuk meningkatkan suku bunga bank. Kebijakan ini bisa membuat masyarakat untuk tergerak supaya melakukan penyimpanan uang kembali di bank yang diinginkan dan bukan menjadikan uang untuk berbelanja kebutuhan saja.

Pada akhirnya uang yang beredar di kalangan masyarakat bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Sehingga tidak menjadikan peredaran uang dengan jumlah yang banyak tersebut untuk menyebabkan terjadinya inflasi.

• Penetapan Persediaan Kas

Dalam hal ini bank sentral yaitu Bank Indonesia harus mengeluarkan kebijakan guna meningkatkan batasan minimum khas pada setiap lembaga perbankan yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan kebijakan yang satu ini maka bank tidak lagi bisa mengeluarkan banyak uang secara bebas.

Tujuan akhir adanya kebijakan penetapan persediaan kas yaitu mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sebab dengan peredaran uang yang cukup banyak justru bisa meningkatkan inflasi namun tidak seimbang dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

• Operasi Pasar Terbuka

Cara mengatasi inflasi bisa dengan penerapan kebijakan dari Bank Indonesia dengan cara melakukan penjualan surat-surat berharga kepada publik. Bank Indonesia bisa mengeluarkan surat utang negara atau SUN.

Dengan melakukan penjualan surat berharga nantinya bisa menyerap uang masyarakat dan mampu menekan peredaran uang yang sudah banyak di masyarakat. Sehingga cara ini bisa membantu dalam menekan laju inflasi yang terjadi pada negara tersebut.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Kebijakan Fiskal

Cara mengatasi inflasi lainnya yaitu dengan menerapkan kebijakan fiskal yang bisa mempengaruhi nominal pengeluaran dari pemerintah. Dalam hal ini kebijakan fiskal bisa terbentuk menjadi dua kegiatan diantaranya:

• Penghematan Pengeluaran Pemerintah

Pemerintah jangan membuat kebijakan untuk meminta masyarakat guna menekan belanja yang menjadi kebutuhan pokoknya. Akan tetapi pemerintah sendiri juga bisa melakukan untuk penghematan pengeluaran yang sebetulnya tidak penting untuk dikeluarkan.

Pada saat pemerintah berani mengambil kebijakan untuk penghematan pengeluaran negara tentunya bisa membuat jumlah pembelian produk barang ataupun jasa akan mengalami penurunan yang signifikan. Demand akan terus mengalami penurunan dan dapat menekan laju dari inflasi di negara tersebut.

• Menaikkan Tarif Pajak

Cara untuk mengatasi masalah inovasi pada sebuah negara bisa dengan menaikkan tarif pajak yang nantinya akan turut mengurangi tingkat belanja masyarakat seiring berjalannya waktu. Hasil yang nantinya didapatkan menggunakan cara ini yaitu peredaran uang di tengah kalangan masyarakat bisa berkurang dan harga barang berangsur kembali pada kondisi normal sehingga negara terbebas dari masalah inflasi berkepanjangan.

Namun dengan mengambil kebijakan fiskal untuk menaikkan tarif pajak juga harus mempertimbangkan perekonomian masyarakat kecil ketika akan melakukan pembayaran pajak. Adanya keseimbangan dalam pengambilan kebijakan maka bisa memberikan dampak yang bagus untuk perekonomian masyarakat sehingga juga memberikan keseimbangan antara permintaan dan penawaran produk ataupun jasa.

3. Kebijakan Lain

Cara mengatasi inflasi pada sebuah negara tentunya tidak hanya memfokuskan pada bidang moneter dan fiskal saja. Perlu adanya cara lain yang bisa diambil guna mengatasi masalah inflasi yang terjadi pada negara dan dapat dilakukan oleh pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Inilah dua metode yang dapat dilakukan untuk menekan laju inflasi supaya tidak memperburuk permintaan dan penawaran:

• Menambahkan Jumlah Barang Di Pasar

Kebijakan dengan menambahkan jumlah barang di pasar bisa diwujudkan menggunakan dua cara yang bisa dilakukan salah satu atau sekaligus. Cara yang pertama yaitu memberikan subsidi ataupun stimulus supaya industri mampu bekerja untuk meningkatkan produksinya sampai level tertentu sehingga bisa terhindar dari laju inflasi yang berkepanjangan.

Selain itu dari pihak pemerintah juga bisa mengeluarkan kebijakan untuk memberikan kelonggaran atas kegiatan impor supaya stok barang yang ada di pasar dalam negeri terus mengalami peningkatan secara signifikan. Apabila stok barang sudah tersedia cukup maka akan lebih mudah untuk menekan laju inflasi dan cara ini bisa menjadi kebijakan pemerintah yang perlu dikeluarkan ketika memang negara tengah mengalami inflasi berkepanjangan.

• Menetapkan Harga Batas Atas

Cara mengatasi inflasi yang terjadi di Indonesia atau negara lain biasanya lari inflasi dapat ditekan dengan penetapan harga secara maksimal untuk jenis barang-barang tertentu. Pada langkah yang satu ini memiliki tujuan supaya harga barang ataupun jasa tidak mengalami kenaikan yang signifikan ataupun tidak dapat dikendalikan dengan baik, kebijakan ini terbilang cukup rawan karena bisa memunculkan praktik pasar gelap atau black market.

Dengan demikian sebagai pelaku usaha harus memahami konsep dari inflasi secara umum termasuk untuk cara mengatasi inflasi. Pada konsep inilah inflasi tetap bisa ditekan menggunakan penerapan kebijakan dari pemerintah yang perlu dikeluarkan supaya ada kesinambungan perekonomian masyarakat yang tidak terlalu tinggi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara mengatasi inflasi menggunakan kebijakan moneter, fiskal ataupun kebijakan lain yang berasal dari pemerintah guna menekan angka inflasi. Penggunaan cara yang tepat bisa membantu untuk menekan laju inflasi yang telah berjalan secara terus-menerus dan merusak tata perekonomian masyarakat menjadi tidak stabil.

Instagram