pengertian pasar gelap adalah apa lur

Kamu sebelumnya pasti pernah mendengar tentang Pasar Gelap. Sebuah pasar ilegal yang menjual barang-barang terlarang seperti senjata, bahkan elektronik penyelundupan contohnya yang paling sering adalah HP.

Biar kamu makin paham tentang pasar gelap. Berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya, silahkan disimak!

Pengertian Pasar Gelap

Pasar gelap adalah sebuah pasar yang didalamnya berisi transaksi ilegal atau di luar hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Barang yang diperjual belikan di pasar gelap bersumber dari hal yang bersembunyi juga karena yang diperdagangkan adalah barang-barang diluar norma masyarakat.

Biasanya yang mereka perjual belikan adalah obat-obat terlarang, senjata, barang hasil curian, hingga barang-barang yang diselundupkan demi menghindari pajak atau syarat lisensi bisanya HP, senjata api, bahkan rokok.

Faktor-Faktor Terjadinya Pasar Gelap

Adanya pasar gelap tentunya dipicu oleh banyak faktor yang tidak bisa dihindarkan. Beberapa faktor tersebut adalah:

Larangan Pemerintah

Pemerintah suatu negara melarang penjualan barang-barang tertentu, sehingga menjadi faktor pemicu orang untuk menjualnya di pasar gelap. Seperti senjata, narkoba, atau bahan kimia yang tidak boleh diedarkan sembarangan.

Tidak ada dokumen resmi

Barang hasil curian akan sulit dijual kembali karena tidak ada dokumen resmi, oleh karenanya oknum akan menjualnya di pasar gelap.

Menghindari Biaya Pajak atau Cukai

Banyak barang yang beredar di pasar harus dibebankan cukai misalnya adalah rokok. Untuk menghindari pembebanan biaya tersebut maka rokok atau barang lainnya yang terkena pajak atau cukai akan diperjual lewat pasar gelap.

Pembatasan dan Pelarangan Barang Beredar

Faktor pemicu terakhir adalah adanya barang yang dibatasi peredarannya bahkan dilarang oleh pemerintah. Contoh paling gampang adalah pronogravi, atau hal-hal yang berbau SARA.

contoh pasar gelap adalah apa lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Sumber Pasar Gelap

Sumber barang di pasar gelap tentunya adalah dari hasil “penyelundupan” atau dapat dikatakan pasar gelap sangat berkaitan dengan penyeludupan. Penyelundupan memiliki makna proses mendapatkan barang yang dilarang dengan cara yang melanggar hukum.

Nah, kesimpulan seluruh barang yang ada di pasar gelap adalah barang-barang hasil penyeludupan yang di jual bebas di pasar gelap tersebut.

Harga Di Pasar Gelap

Barang yang diperjualbelikan di pasar gelap akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar sesungguhnya karena penjual tidak membebankan biaya pajak dan lainnya.

Ada juga barang yang diperjual belikan harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga sesungguhnya karena barang tersebut sebenarnya dibatasi peredarannya, dan tidak dapat dibeli di pasar resmi.

Tapi, walaupun banyak barang yang dijual lebih murah di pasar gelap. Sebenarnya lebih banyak konsumen yang membeli barang yang sama di pasar resmi karena alasan-alasan yang kuat.

  1. Pembeli merasa penjual di pasar gelap adalah orang-orang yang curang.
  2. Pembeli lebih mempercayai penjual di pasar resmi, karena kemudahannya dalam berkomunikasi, dan pembayaran yang lebih fleksibel.
  3. Adanya hukuman pidana ketika seseorang membeli barang hasil curian

Tapi, meskipun begitu pasar gelap terus tumbuh karena banyak konsumen yang mencari barang dengan harga di bawah pasar resmi, atau juga membutuhkan barang-barang yang dilarang di pasaran.

Dengan adanya transaksi jual beli di Pasar Gelap yang semakin hari semakin gendut. Negara merupakan pihak yang paling dirugikan karena tidak mendapatkan pendapatan dari pajak bea cukai dari barang-barang yang diselundupkan tersebut.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Pasar Gelap

Pencurian Data

Bukan hanya barang-barang yang terlihat fisik saja yang diperjual belikan di pasar gelap. Karena pada Mei tahun 2020 lalu Indonesia di gegerkan dengan pencurian data yang terjadi secara besar-besar.

Adanya Marketplace yang data para konsumennya di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan diperjual belikan dipasar gelap.

Data yang didapatkan dari Marketplace tersebut berupa data privasi dan data-data pembayaran seperti rekening bank, bahkan data media sosial para pengguna marketplace tersebut.

Jual Beli Narkoba

Seperti yang sudah diketahui bahwa narkoba adalah barang yang “haram” diperjual belikan di Indonesia, oleh karenanya banyak bandar dan pecandunya yang berkecimpung di pasar gelap.

Dibuktikan setidaknya ada 3,5 juta pendudukan Indonesia yang menggunakan narkoba menurut survei BNN pada tahun 2017.

Para pelaku ini lah yang memanfaatkan pasar gelap untuk mengedarkan narkobanya dengan lebih lelulasa.

Penangkapan Ikan Ilegal

Pada masa jabatan menteri kelautan dan perikanan Ibu Susi, pastinya kamu sering mendegar tentang penegnggelaman kapal ikan. Hal ini karena berkaitan dengan penangkapan ikan secara ilegal.

Mirisnya terjadi penangkapan illegal juga dibarengi dengan penyelundupan narkoba dan senjata. Menurut Ibu Susi kegiatan ini merupakan transaksi dari kelompok-kelompok besar yang bermain di pasar gelap.

Karena Indonesia merupakan negara kemaritiman yang memiliki zona air yang sangat luas. Penangkapan ikan yang ilegal adalah hal yang sangat serius.

Sebab jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka akan merusak ekosistem laut Indonesia. Selain itu juga akan merugikan banyak nelayan-nelayan yang mengais pemasukan dari laut.

Perdagangan Manusia dan Prostitusi

Sejak tahun 1852 Indonesia terkenal dengan komersialisasi seks, pasalnya saat itu Belanda yang menjajah Indonesia memperbolehkan kegiatan manusia serta prostitusi. Naasnya hal tersebut terus terjadi meskipun Indonesia sudah merdeka, bahkan sampai saat ini.

Prostitusi merupakan hal yang mengkhawatirkan serta mengerikan. Karena seringkali melibatkan anak-anak dibawah umur, dan mengarah ke perdagangan manusia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi tentang pasar gelap. Setelah kamu membaca artikel ini seharusnya kamu dapat menghindari pasar gelap dan jangan sesekali berkecimpung di dalamnya.

Instagram