bisnis non profit

Bisnis non profit dikenal juga sebagai organisasi nirlaba sebagai kumpulan orang-orang yang mempunyai kompetensi masing-masing dan berbeda namun tetap berhubungan satu sama lain guna mencapai tujuan bersama. Lembaga non profit di Indonesia ini terbilang sangat banyak dengan ketersediaan organisasi yang bisa membangun perekonomian, pelayanan masyarakat serta pendidikan yaitu sebagai organisasi nirlaba.

Lembaga non profit bisa bermanfaat serta memberikan dukungan bagi pemerintah dalam upaya untuk mewujudkan negara yang sejahtera bagi setiap masyarakatnya. Hal ini dikarenakan tidak adanya orientasi pada keuntungan dan organisasi ini bisa dikenal sebagai organisasi yang berhubungan dengan bisnis non profit atau NGO.

Pengertian Bisnis Non Profit, Ciri-Ciri dan Contoh di Indonesia

1. Pengertian Bisnis Non Profit atau Organisasi Nirlaba

Lembaga nonprofit atau organisasi nirlaba merupakan salah satu organisasi yang memiliki sasaran guna mendukung sebuah kebijakan ataupun memberikan sebuah solusi masalah penting yang saat ini terjadi di sebuah negara. Tujuannya tidak komersial ataupun tidak untuk menarik perhatian pada sesuatu yang sifatnya mencari keuntungan.

Organisasi nirlaba bahkan terbentuk dari adanya organisasi politik, keagamaan, sekolah negeri, rumah sakit atau yang lainnya. Menurut PSAK nomor 45, organisasi nonprofit merupakan organisasi yang mendapatkan sumber daya dari sumbangan pihak anggota dan dari penyumbang ini pun tidak mengharapkan adanya keuntungan dan justru memberikan bantuan untuk perkembangan organisasinya ini.

2. Ciri-Ciri Bisnis Non Profit

Saat ini sudah banyak organisasi bisnis non profit yang ada di Indonesia namun masih banyak kalangan masyarakat yang belum bisa membedakan antara organisasi yang satu dengan lainnya, seperti organisasi bisnis non profit dengan organisasi bisnis yang justru memiliki tujuan untuk keuntungan. Guna memudahkan untuk mengenali secara detail dari keberadaan lembaga nirlaba ini maka bisa mengetahui ciri-cirinya dari berbagai macam sumber yang sudah terpercaya kebenarannya.

Pada dasarnya ciri-ciri dari lembaga non profit yaitu ketika menjalankan kegiatan pada sebuah organisasi ini tidak memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan atau laba. Berikut ini ciri-ciri dari bisnis non profit menurut ruang lingkup PSAK nomor 45 sebagai berikut:

1. Organisasi Menghasilkan Barang atau Jasa Tanpa Tujuan

Sebagai lembaga bisnis non profit atau organisasi nirlaba maka bisa dilihat ciri-cirinya dari kemampuan dalam menghasilkan barang ataupun jasa namun tanpa adanya tujuan tertentu untuk menuntut supaya mendapatkan keuntungan atau laba. Apabila memang entitas untuk menghasilkan laba ini maka nominalnya tidak akan pernah dibagikan pada pihak penyumbang ataupun pemilik entitas tersebut.

2. Sumber Daya dari Penyumbang

Bisnis non profit pada umumnya memiliki sumber daya utama yang asalnya dari pihak penyumbang dan tidak mengharapkan untuk mendapatkan laba ataupun keuntungan. Para penyumbang tersebut memberikan dana sumbangannya yang memang sebanding dengan sumber daya yang telah dikorbankan pada lembaga non profit tersebut.

3. Organisasi Tidak Memiliki Kepemilikan Secara Jelas

Mengingat lembaga non profit ini dijalankan oleh banyak orang maka pada organisasi yang satu ini tidak memiliki kepemilikan secara jelas seperti layaknya organisasi lain. Hal ini artinya organisasi non profit tidak bisa dijual, dialihkan atau bahkan dikembalikan sumbangan yang telah diberikannya.

Pada umumnya organisasi non profit tidak mencerminkan adanya kepemilikan proporsi untuk membagi laba ataupun keuntungan ketika likuidasi ataupun pembubaran organisasi dilakukan. Bisnis non profit ini akan dikembangkan kembali ketika pembubaran instansi.

3. Contoh Organisasi Nonprofit di Indonesia

Seperti yang telah dipahami sebelumnya bahwasanya organisasi bisnis non profit ataupun lembaga nirlaba merupakan sebuah organisasi yang tidak mempunyai tujuan untuk mendapatkan profit atau sebuah keuntungan. Selain itu untuk sumber dana pada organisasi non profit dari sumbangan masyarakat sebagai berikut:

1. Lembaga Gabungan atau Asosiasi

Salah satu contoh adanya organisasi non profit yaitu lembaga gabungan atau asosiasi sebagai organisasi yang memiliki basis keanggotaan dan pembentukannya atas dasar tujuan yang ada di antara para anggota yang telah tergabung. Asosiasi tersebut telah dibedakan menjadi dua bagian yaitu asosiasi gabungan yang mempunyai hukum dan asosiasi biasa tidak mempunyai hukum.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang

Apabila terdapat lembaga asosiasi yang memiliki keinginan untuk mendapatkan sebuah perlindungan hukum maka lembaga harus menyediakan surat pendaftaran. Surat pendaftaran tersebut akan diajukan pada ketua pengadilan negeri dan setelah nya suratnya disetujui dan disahkan oleh pengadilan distrik maka surat keluar perlindungan hukum yang berasal dari departemen hukum dan HAM.

2. Yayasan

Contoh bisnis dan profit yang saat ini ada di Indonesia yaitu yayasan yang memiliki dasar landasan hukum pada perundang-undangan yaitu undang-undang nomor 28 tahun 2004 sebagai organisasi yang telah didirikan berdasarkan pembagian aset. Organisasi yang satu ini ditujukan guna mencapai sebuah tujuan di bidang sosial, bidang kemanusiaan dan bidang keagamaan guna membantu masyarakat.

Yayasan mempunyai ciri khas yaitu adanya kepemilikan yang lebih eksklusif dan organisasinya ini hanya mempunyai pendiri serta warga negara asing bisa membangun yayasan dengan kepemilikannya sendiri. Dalam hal ini bisa dilihat dari pembuatan susunan struktur yaitu terdapat dewan pengawas, dewan penasehat serta dewan pengurus.

3. Institut

Contoh organisasi non profit lainnya yaitu institut sebagai sebuah organisasi yang telah bergerak di bidang sosial, bidang pendidikan, budaya serta humaniora dan mempunyai tujuan yang sama guna mencapai sebuah tujuan tertentu. Contoh dari sebuah organisasi institusi ini yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, institut pelatihan kerja, lembaga kursus belajar dan yang lainnya.

Tujuan dari adanya institut ini didirikan sebagai organisasi nirlaba guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Dengan demikian organisasi ini akan membantu untuk melayani masyarakat, memberikan kebebasan bagi masyarakat serta mencerdaskan anak bangsa.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai bisnis non profit atau organisasi nirlaba yang ada di Indonesia. Pada dasarnya lembaga non profit tidak mengharapkan adanya keuntungan atau laba meskipun sudah menyumbang sejumlah dana pada organisasi tersebut dan bertujuan untuk kepentingan bersama