lembaga bantuan pelunasan hutang

Bagi mereka yang tidak mempunyai uang dalam jumlah banyak sampai rela meminjam uang sebagai hutang, seperti datang pada debt collector. Besar kemungkinan dengan berhutang ke debt collertor akan menimbulkan masalah baru, maka dari itu kamu bisa melakukan konsultasi pada lembaga bantuan pelunasan hutang.

Berhutang memang menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan kondisi keuangan ketika sedang tidak stabil. Akan tetapi juga penting bagi peminjam untuk membayarkan uang tersebut tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah baru.

Resiko Tidak Membayar Hutang Tepat waktu

Tidak membayarkan hutang dalam waktu yang telah disepakati bukan persoalan yang sepele. Jika kamu biarkan begitu saja secara terus menerus maka resiko yang harus kamu dapatkan yakni masuk dalam Daftar Hitam Nasional atau DHN.

Saat nama kamu sudah masuk dalam DHN maka tidak dapat melakukan akses pada layanan keuangan bahkan untuk mengajukan cicilan KPR sekalipun. Sebelum hal seperti itu terjadi maka kamu harus melakukan konsultasi pada lembaga bantuan pelunasan hutang untuk mendapatkan solusi atas masalah keuangan sekarang ini.

Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang di Indonesia

Apabila kamu ingin melakukan konsultasi maka penting memilih lembaga bantuan yang tepat agar bisa memberikan solusi tepat. Berikut inilah beberapa lembaga bantuan pelunasan yang dapat kamu pilih:

Amalan

Lembaga bantuan pelunasan dalam masalah hutang yang dapat kamu pilih yakni Amalan, lembaga ini sudah berpengalaman untuk mengatasi masalah terkait keuangan. Dengan melihat rekam jejaknya , lembaga Amalan telah banyak membantu menangani masalah hutang kredit yang macet, KPR dan masih banyak lagi.

Lembaga juga membantu untuk melakukan mediasi pada pihak debitur ataupun pihak yang memberikan kamu pinjaman hutang. Untuk memperoleh bantuan dari lembaga maka kamu harus daftar pada situs resminya Amalan.

Bank Indonesia

Keberadaan Bank Indonesia sebagai bank central bisa membantu kamu yang mempunyai masalah terhadap sengketa uang. Dengan kamu meminta bantuan pada Bank Indonesia maka akan mendapatkan banyak kemudahan.

Seperti halnya konsultasi gratis, mendapatkan bantuan mediasi dengan waktu maksimal 60 hari setelah pihak kreditur menyampaikan masalah hutangnya, proses mediasi bersifat informal dan bisa fleksibel. Akan tetapi terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendatangi Bank Indonesia, berikut ini:

  • Masalah hutang tidak lebih dari 500 juta
  • Belum pernah mengajukan permasalah hutang tersebut pada lembaga bantuan pelunasan hutang lain
  • Umur atas sengketa hanya berlaku dalam waktu maksimal 60 hari dihitung sejak pihak bank menyampaikan masalahnya ada nasabah.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI

Lembaga yang dapat mencarikan solusi tepat saat kamu sedang terlilit dengan masalah hutang. Jika kamu ingin mendapatkan solusi dari YLKI maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui situs web resminya yakni YLKI.or.id dan setelah pendaftaran akan direspon paling lambat 21 hari.

YLKI akan memberikan perlindungan atas hak kamu sebagai pihak debitur dan akan melakukan mediasi kamu serta kreditur guna menemukan solusi secara bersama-sama atas hutang tersebut. YLKI juga dapat menjamin data yang telah masuk akan aman serta tidak akan ada masalah kebocoran untuk pihak mana pun.

Pusat Mediasi Nasional atau PMN Lembaga Bantuan Pelunasan Hutang

Lembaga bantuan pelunasan atas pinjaman hutang yang lainnya yakni Pusat Mediasi Nasional atau PMN di mana dapat melakukan mediasi dengan pihak kreditur. Kamu tidak perlu ragu dengan pengalaman dari PMN karena mempunyai staf ahli dalam bidang hukum, bisnis serta teknik perbankan.

Selain itu tingkat pada persentase keberhasilannya bisa mencapai angka 83 persen untuk melakukan sengketa permasalahan hutang tersebut. PMN juga telah mendapatkan banyak akreditasi yang terbukti dengan banyaknya jumlah mediator 2.190 lebih orang.

Badan Amil zakat Nasional atau Baznas

Jika kamu mempunyai masalah terkait hutang yang melilit dengan kreditur maka bisa memanfaatkan peran Badan Amil zakat Nasional atau Baznas. Salah satu yang banyak dilakukan oleh Baznas dengan membantu mereka korban pinjaman online dengan bunga membengkak hingga tidak dapat membayarkannya.

Baznas juga akan membantu nasabahnya ketika uang yang dipinjam tersebut untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bukanlah untuk membeli barang bersifat konsumtif. Bagi para nasabah yang ingin dibantu dalam menyelesaikan masalahnya maka harus melengkapi persyaratan seperti halnya KTP, KK, SKTM dari desa serta bukti tagihan hutang.

Tips Meringankan Beban Cicilan Pinjaman Online

Dengan kamu mengetahui lembaga bantuan pelunasan hutang, selanjutnya juga pelajari tips meringankan cicilan hutang kamu pada pinjol. Inilah beberapa tips yang dapat kamu terapkan:

Segera mengajukan restrukturisasi

Dalam meringankan beban atas cicilan pada pinjaman online dapat melakukan restrukturisasi pada pihak penyedia layanan tersebut sehingga beban atas cicilan bisa lebih rendah. Restrukturisasi sebagai upaya yang sangat umum untuk dilakukan guna meringankan cicilan kredit dalam jumlah besar.

Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti halnya penurunan pada tingkat bunga pinjaman, pengurangan tunggakan bunga kredit, perpanjangan tenor, menambah fasilitas kredit hingga pengurangan tunggakan pokok kredit. Pengajuan dapat dilakukan secara langsung oleh nasabah yang mengalami kesulitan untuk membayar cicilan.

Mencari dana tambahan dari pinjaman lain

Cara lain yang dapat kamu lakukan yakni mengajukan pinjaman jenis lainnya dengan tingkat bunga jauh lebih ringan. Akan tetapi pengajuan pinjaman bedakan berbunga lunak dengan hutang ke fintech pinjaman online.

Menjual atau menggadaikan aset berharga

Jika ternyata cara di atas tidak dapat kamu lalukan secara maksimal dalam melunasi tagihan online maka bisa menjual ataupun menggadaikan aset berharga. Memang sudah menjadi resiko kamu saat meminjam sejumlah dana maka harus membayarkannya sehingga harus ada pengorbanan dalam hal ini.

Demikianlah beberapa uraian mengenai lembaga bantuan pelunasan hutang yang dapat kamu ketahui. Setiap lembaga bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah keuangan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram