Cara Memulai Bisnis Lele agar Mendapatkan Keuntungan Besar

Bisnis lele terbilang sangat menjanjikan mengingat sekarang ini banyak rumah makan yang menyediakan menu lele. Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang menjadi favorit kalangan masyarakat Indonesia dan biasanya ikan lele ini diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Eksistensi dari keberadaan ikan lele ini sangat kuat dan bisa dilihat dari banyaknya gerai pecel lele yang ramai kunjungan dari masyarakat. Hidangan dari ikan lele ini dapat dijadikan menu makanan yang lebih variatif sehingga bisa meningkatkan penjualan dari ikan lele itu sendiri.

Cara Memulai Bisnis Lele agar Mendapatkan Keuntungan Besar

1. Cara Memulai Bisnis Lele yang Menguntungkan

Cara untuk memulai bisnis ternak lele sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah terlebih keuntungan yang didapatkan tidak main-main. Berikut ini cara yang tepat dan bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ternak lele:

1. Menyediakan Modal

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memulai sebuah bisnis tentunya harus menyiapkan modal dan lahan untuk pembuatan kolam ikan lele. Modal yang bisa digunakan untuk memulai bisnis ternak ikan lele sebenarnya sangat hemat dan diperkirakan total modalnya kisaran 2 juta saja.

Modal tersebut untuk melakukan proses perkembangan lele serta sebagai biaya operasional lain sebagai pendukungnya karena Kamu akan membutuhkan bibit ikan lele, pembuatan kolam, membeli pakan, membeli vitamin serta obat guna menjaga kesehatan ikan lele.

Dalam jangka waktu 1 bulan maka peternak lele diperkirakan cukup mengeluarkan biaya sebesar 1 juta untuk perawatan, akan tetapi biaya tersebut belum termasuk untuk biaya tambahan yang lain.

2. Pembuatan Kolam Ikan Lele

Apabila kamu sudah menyiapkan modal maka bisa langsung membuat kolam untuk ternak ikan lele dan kolam tersebut bisa menggunakan terpal dengan cara menggali tanah terlebih dahulu. Sementara itu untuk ketentuan rekomendasi ukuran kolam supaya perkembangbiakan ikan lele menjadi lebih maksimal dengan kolam ukuran 3 * 2 m bisa muat 500 ekor dan 5 * 2 m bisa muat 1000 ekor.

Ketika kolam ikan lele sudah dibuat maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan kolam tersebut menggunakan sabun guna menghilangkan bau serta kamu bisa menaburkan irisan daun pepaya ataupun singkong. Selain itu kamu juga harus memperhatikan bahwasanya kolam ikan lele dibuat pada lokasi yang tidak kekurangan oksigen dan jangan membuat kolam terlalu dangkal.

3. Menjaga Kualitas Air

Dalam menjalankan bisnis lele ketika kolamnya sudah jadi maka kamu harus mendiamkan dengan air yang penuh dalam jangka waktu satu bulan guna membentuk lumut serta fitoplankton supaya tidak keruh. Dengan demikian kolam ikan lele ini bisa terlihat berwarna hijau namun sedikit berlumpur.

Kamu juga harus memastikan suhu air di kolam ikan lele supaya tetap terjaga yakni kisaran 20 sampai 28 derajat Celcius dan guna menjaga kualitas air kolam maka bisa menambahkan pakan alami seperti halnya eceng gondok. Sementara itu supaya lele bisa terhindar dari kotoran yang menjadi sumber penyakit maka lakukan pembersihan kolam setiap 2 bulan sekali.

4. Pemilihan Bibit Lele

Hampir semua peternak yang menjalankan bisnis ikan lele tentu akan memilih kondisi ikan yang sehat serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Maka dari itu ketika memilih bibit lele sebaiknya mencari yang unggulan dengan usia perkiraan dua minggu dan ukuran tubuh besar sekitar 7 sampai 9 cm.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Ketika bibit lele sudah ditebarkan maka peletakannya harus pada kolam yang lebih dangkal dan dengan posisi miring dalam waktu 15 sampai 30 menit. Hal ini berfungsi supaya lele bisa beradaptasi dengan mudah dan jangan mencampurkan bibit lele baru dengan yang dewasa.

5. Pemberian Pakan Lele

Bisnis lele tentunya akan membutuhkan pakan lele seperti hanya pelet dengan kandungan padat gizi guna membantu pertumbuhan dan kesehatan. Carilah pakan untuk ikan lele dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

6. Pemisahan Ikan Lele

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika ikan lele ini merupakan hewan pemakan sesama atau kanibal. Dengan demikian sangat penting untuk memisahkan ikan lele yang masih kecil dengan usia 20 hari dan lele yang besar yang sudah dewasa pada kolam yang terpisah.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Hal ini bertujuan supaya ikan lele kecil tidak dimakan oleh ikan nila dewasa. Selain itu supaya perkembangan dari ikan lele kecil berjalan dengan baik, tidak kekurangan makanan serta bisa bergerak lebih lincah.

7. Pencegahan Lele Dari Berbagai Penyakit

Supaya bisnis lele bisa berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan maka kamu harus mengetahui penyakit yang kamu mikirin besar bisa menyerang ikan lele serta faktor yang menyebabkan lele tidak sakit. Dalam hal ini terdapat dua faktor yang bisa membuat ikan lele terserang penyakit baik dari segi internal yaitu pengaturan air yang sangat buruk, pengaturan pakan tidak tepat hingga dari bibit lele yang memang sudah membawa penyakit.

Sementara itu faktor eksternalnya bisa dari iklim, cuaca serta sumber air. Beberapa penyakit yang dapat menyerang ikan lele seperti halnya gatal, bintik putih, cotton wool disease dan channel catfish virus.

8. Panen Ikan Lele

Bisnis lele yang ditunggu-tunggu tentunya pada proses panen yang biasanya akan membutuhkan waktu selama tiga bulan. Sebelum proses masa panen tersebut sebaiknya ikan lele dipuasakan satu hari sebelum waktu panen.

Hal ini bertujuan supaya membersihkan perut ikan lele sebelum benar-benar dipasarkan. Apabila bisnis ini sudah berjalan sukses maka bisa membersihkan kolam dan memberikan bibit ikan lele yang baru

9. Memasarkan Ikan Lele

Supaya bisnis ikan lele memberikan banyak keuntungan maka pastikan memasarkan melalui koneksi pada beberapa penjual hidangan lele. Apabila kamu memiliki kualitas ikan lele yang baik maka pastinya akan mendapatkan pelanggan setia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait cara untuk memulai bisnis lele yang menguntungkan dengan modal minim. Apabila kamu konsisten untuk menjalankan bisnis ini maka besar kemungkinan keuntungan yang bisa didapatkan.