Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Austria

Austria merupakan salah satu negara Eropa yang pendidikannya bagus dengan biaya yang terjangkau. Meskipun begitu, biaya setiap universitas bisa berbeda-beda tergantung pilihan program studi dan juga jenjang yang dipilih.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Anda yang penasaran berapa biaya kuliah terjangkau dan juga biaya hidup di Austria, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Daftar Biaya Kuliah di Austria

1. University of Vienna

University of Vienna
University of Vienna

Bisa dikatakan inilah universitas tertua di Austria bahkan sekaligus tertua di dunia. Berlokasi di Vienna, Austria universitas yang berdiri sejak 1365 ini menawarkan berbagai bidang studi cukup lengkap dan lebih fokus pada bagian Humaniora.

Contoh Program studi yang ada di University of Vienna antara lain Komunikasi, lingkungan, Ekonomi, Botani, Ekosistem, hingga Mikrobiologi Molekul. Biaya kuliah di kampus ini rata-rata 17.880 EURO per tahun untuk jenjang S2 maupun S3.

2. Webster University Vienna

Webster University Vienna
Webster University Vienna

Perlu Anda ketahui bahwa Webster University Vienna adalah sebuah cabang dari Webster University yang lokasinya ada di St. Louis, USA dan bahkan menjadi satu-satunya Universitas Amerika yang ada di Austria. Dengan menempuh pendidikan di sini, maka mahasiswa bisa mendapatkan gelar untuk tingkat internasional.

Beberapa program studi yang diberikan antara lain Hubungan Internasional, manajemen, Komunikasi Media, Psikologi, dan administrasi bisnis. Biaya pendidikan di Webster University Vienna ini rata-rata sekitar 20.600 EURO pertahun untuk S1, dan 18.360 EURO untuk jenjang S2 maupun S3.

3. University of Innsbruck

University of Innsbruck
University of Innsbruck

University of Innsbruck berdiri sejak tahun 1669 dan bisa dikatakan universitas ini berada di peringkat tinggi di negara Austria saat ini. Kampus satu ini berada di pusat kota Innsbruck, Austria dan merupakan salah satu pusat budaya di negara tersebut.

Program studi di University of Innsbruck menawarkan 16 fakultas dengan mata pelajaran utama di Ilmu Pengetahuan, Matematika, Manajemen, dan Hukum. Biaya kuliah di University of Innsbruck rata-rata sekitar 16.356 EURO per tahun.

4. Johannes Kepler University Linz

Johannes Kepler University Linz
Johannes Kepler University Linz

Bisa dikatakan Johannes Kepler University Linz (JKU) cukup terkenal di Austria sebagai salah satu universitas ternama di sana. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan mendedikasikan sebagai “College of Social Sciences” dan juga “Ekonomi-Bisnis”.

Kampus satu ini mempunyai lebih dari 65 bidang studi modern, 22 program sarjana, 2 Diploma, 36 program Master dan 7 program Doktor sehingga Anda memiliki banyak opsi untuk dapat kuliah di sini. Biaya kuliah di sini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, yakni sekitar 17.904 EURO.

5. University of Salzburg

University of Salzburg
University of Salzburg

University of Salzburg juga dikenal sebagai Paris Lodron University of Salzburg karena pendirinya adalah Pangeran Uskup Agung bernama Paris Lodron. Kampus ini berdiri sejak tahun 1622 dan merupakan salah satu institusi terbesar di negara bagian Salzburg.

Kampus ini terdiri dari 4 fakultas dengan 32 jurusan dan sekolah pendidikan tambahan, seperti Bahasa Inggris dan Amerika, Hukum Ekonomi dan Eropa, Ilmu Komputer, Ilmu Pendidikan, Geografi, Sejarah, hingga Filsafat. Biaya kuliah di University of Salzburg terbilang sama dengan dengan poin sebelumnya, yakni sekitar 17.904 EURO per tahun.

6. Medical University of Graz

Medical University of Graz
Medical University of Graz

Dari namanya, kita sudah paham kalau Medical University of Graz ini lebih fokus pada ilmu kedokteran dan keperawatan. Kampus ini berdiri sejak tahun 2004 dan berlokasi di kota Graz, Austria.

Berbagai program studi yang ditawarkan antara lain Kedokteran Manusia, Kedokteran Gigi, dan juga Ilmu Keperawatan. Untuk biaya kuliah di kampus ini juga sekitar 17.904 EURO per tahun dan itu sama dengan dua poin sebelumnya.

Biaya Hidup di Austria

Meskipun Austria termasuk ke dalam negara terkaya di dunia, namun biaya hidup di sana tidaklah setinggi beberapa negara Eropa lainnya. Meskipun begitu, mahal atau tidaknya sangat tergantung pada gaya hidup masing-masing termasuk Anda.

Sebagai gambaran, kita akan analisis biaya hidup di Austria jika Anda kuliah di sana. Gambarannya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Perumahan maupun penginapan di Austria

Untuk tempat tinggal khususnya bagi mahasiswa internasional bisa memilih 3 tempat tinggal yang ada di sana dengan keunggulan masing-masing, yakni Perumahan Siswa OeAD, Wohngemeinschaft (WG) dan asrama.

• Perumahan Siswa OeAD

Tempat ini merupakan perumahan untuk para mahasiswa internasional yang jumlahnya mencapai lebih dari 12.000 siswa di Kota Wien, Graz, Innsbruck, Linz, Salzburg, Leoben, dan juga Klagenfurt. Perumahan ini ramah secara anggaran dan merupakan mitra resmi dari universitas dan institusi di Austria.

Apalagi perabotannya terbilang lengkap dan bahkan bisa disewa sampai musim panas tiba di sana. Rata-rata harga sewa perumahan siswa OeAD ini mencapai 530 EURO perbulan.

• Wohngemeinschaften (WG)

Bisa dikatakan ini merupakan flat bersama dan juga populer di Austria karena biayanya bisa jauh lebih murah dibandingkan OeAD. Dengan sistem ini, biaya sewanya antara 250 EURO hingga 459 EURO perbulan. Hanya saja konsekuensi dari penginapan ini adalah Anda harus berbagi dengan orang lain atau istilahnya teman sekamar.

• Asrama

Untuk poin satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yakni ada asrama yang disewakan untuk mahasiswa perantau maupun internasional. Biayanya pun cukup terjangkau, yakni sekitar 20 EURO per semester dan itu sudah termasuk asuransi kecelakaan.

2. Makanan dan Minuman

Untuk biaya makan dan minum di Austria juga sangat tergantung pada kebutuhan masing-masing yang berbeda-beda. Meskipun begitu, rata-rata makan di sana sekitar 7 EURO hingga 55 EURO untuk restoran kelas menengah.

Untuk minuman pun juga memiliki banyak jenisnya sesuai dengan selera. Jika air botol kecil sekitar 0,33 liter harganya 2,11 EURO, Susu per 1 liter seharga 1,20 EURO, hingga Kopi pun seharga 3 EURO per cangkir.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

3. Transportasi

Jika jarak dari tempat tinggal dan kampus cukup jauh, maka bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi, kereta atau bahkan bis. Tarif transportasi tersebut bisa mencapai 48 EURO perbulan dan kalau Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka harus menyiapkan berbagai dokumentasi penting seperti SIM maupun asuransi.

4. Hiburan

Hiburan di Austria ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk Gratis, Anda bisa pergi ke perpustakaan atau bahkan taman yang cukup banyak di Austria, sedangkan jika Anda ingin menonton bioskop, harga tiketnya ada di kisaran 11 EURO per tiket.

Selain hiburan umum, di sana juga disediakan tempat hiburan lainnya yang menyediakan dua jenis bir, yakni bir domestik dan bir impor. Untuk bir domestik sebanyak 0,5 liter dihargai 4 EURO, lalu untuk bir impor sebanyak 0,33 liter dihargai sama, yakni 4 EURO.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan juga biaya hidup di Austria terbilang cukup terjangkau dibandingkan negara Eropa lainnya. Meskipun begitu, jumlah tersebut bisa berpandangan berbeda jika perbandingannya dengan Indonesia sehingga mahal atau tidak tergantung sudut pandang orang.

Instagram