Orang Terkaya di Singapura Menunjukkan Pertumbuhan Ekonomi Negara

Pernahkah kaian berpikir, siapakah orang terkaya di Singapura? Sampai sekarang ini ekonomi Singapura telah kembali pulih dan ada pertumbuhan dari 6 persen sampai 7 persen pada tahun 2021. Pertumbuhan yang telah terlihat tersebut membuat orang terkaya di Singapura menjadi semakin meningkat.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Siapakah Orang Terkaya di Singapura?

Orang Terkaya di Singapura Menunjukkan Pertumbuhan Ekonomi Negara

Kenaikannya tersebut membuat kekayaan bagi sejumlah orang mencatat perubahan pada jajaran orang kaya yang ada di Singapura. Inilah beberapa daftar orang kaya yang ada di Singapura pada tahun 2021:

1. Li Xiting

Li Xiting
Li Xiting

Li adalah seorang pendiri serta komisaris yang berasal dari Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics yakni pemasok perangkat medis. Perusahaannya berdiri sejak tahun 1991 yang mana mempunyai kantor pusat berada di Shenzhen, ia juga komisaris dari Mindray yakni Xu Hang seorang miliader.

Li mempunyai gelar sarjana lulusan dari Universitas Sains dan Teknologi China. Di usianya 70 tahun ini, ia mempunyai kekayaan hingga USD23 miliar setara dengan Rp 328 triliun.

2. Eduardo Saverin

Eduardo Saverin
Eduardo Saverin

Salah seorang yang mendirikan Facebook bersama dengan teman sekelasnya saat di Harvard yaitu Mark zuckerberg di tahun 2004. Ia merupakan seorang dari pialang saham yang mendapatkan sebagian besar kekayaan dari Facebook.

Pada tahun 2016 ia melakukan peluncuran Modal Ventura B dengan adanya BCG serta Bain Capital, Raj Ganguly, perusahaannya mempunyai USD 1.4 miliar dengan aset di bawah manajemennya. Sementara itu kekayaan yang dimiliknya di usia 39 tahun yakni sebesar USD 20.5 miliar.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

3. Cheng Liang

Cheng Liang
Cheng Liang

Salah satu orang terkaya di Singapura yakni Cheng Liang yang mendapatkan sebagian dari kekayaannya atas saham mayoritas pada perusahaan cat Nippon Paint miliknya Jepang. Goh mulai melakukan pembuatan cat pada pabrik kecilnya di Singapura sebelum pada akhirnya pergi dan bermitra dengan Jepang tahun 1962.

Nippon Paint telah melakukan kemitraan dengan University of Tokyo untuk memulai penelitian mengenai produk barunya yang dapat memberikan perlindungan penyebaran Covid-19. Kekayaan yang dimilikinya yakni kisaran USD 18.6 miliar.

4. Zhang Yong & Shu Ping

Zhang Yong & Shu Ping
Zhang Yong & Shu Ping

Orang terkaya lainnya yaitu Zhang Yong, seorang komisaris ekosistem pada restoran hotpot khas Sichuan, Haidilao dan pernah go public di tahun 2018. Sementara itu istri dari Shu Ping sebagai pendiri dan direktur.

Haidilao sendiri mampu menghasilkan keuntungan hingga USD 3.8 miliar dalam melakukan penjualan hampir dari 1.300 restoran dan sebagian besarnya berada di China, AS, Jepang, Singapura dan juga Korea Selatan. Kekayaan yang dimiliknya sebanyak USD 16 miliar.

5. Forrest Li

Salah satu orang terkaya di Singapura sebagai alumni dari Stanford dan Forrest Li mampu mendirikan serta menjalankan perusahaan yang bergerak pada bidang game serta e-commerce dengan nama Sea. Selain itu juga mempunyai kepentingan dalam melakukan e payment serta jasa keuangan.

Li sekarang ini masuk dalam orang terkaya yang ada di Singapura setalah mendaftarkan dirinya atas bursa efek New York di bulan Oktober 2017. Kekayaan yang dimilikinya di usia 49 tahun telah mencapai USD 15.9 miliar.

6. Robert & Philip Ng

Robert & Philip Ng
Robert & Philip Ng

Orang terkaya lainnya di Singapura adalah Brothers Robert dan Philip Ng yang telah menguasai Far East Organization, sebagai pengelola serta pengembang properti swasta terbesar yang ada di Singapura. Grup tersebut didirikan oleh ayahnya yakni Ng Teng Fong yang kemudian pindah dari China ke Singapura tahun 1934 dan menjadi The King of Orchard Road.

Sementara untuk jaringan Hongkong yakni Sino Group dilakukan pengawasan pada bisnis di Singapura. Kekayaan yang dimiliknya sebanyak USD 14.2 miliar.

7. Gang Ye

Gang Ye
Gang Ye

Kekayaan yang didapatkan oleh Gang Ye dari mendirikan game online serta firma perdagangan, Sea yang dilakukan dengan Forrest Li. Ia pun juga sebagai kepala operasional yang dimulai pada Januari 2017 dan mengikuti pada peran sebelumnya menjadi kepala divisi teknologi.

Ia sebelumnya telah bekerja pada bidang pembangunan ekonomi Singapura serta perusahaan kelapa sawit yang sangat besar Wilmar International. Kekayaan yang dimilikinya di usia 41 tahun yakni kisaran USD 10.3 miliar.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

8. Kwek Leng Beng

Kwek Leng Beng
Kwek Leng Beng

Orang terkaya di Singapura yang lainnya yakni Kwek Leng Beng merupakan ketua komisaris eksekutif Grup Hong Leong Singapura dan didirikan oleh ayahnya tahun 1941. Selain itu juga sebagai ketua komisaris City Development yakni pengembang properti terbesar nomor dua di negara pulau tersebut.

Namun untuk tahun 2020 perusahaan telah menghapuskan USD 1.3 miliar guna melakukan investasi di pengembang properti China yakni Sincere Property. Sementara itu untuk kekayaan yang dimilikinya di usia 80 tahun yakni USD 8.5 miliar.

9. Wee Cho Yaw

Wee Cho Yaw
Wee Cho Yaw

Wee Cho Yaw merupakan seorang komisaris emeritus UOB Singapore yakni sebagai bank terbesar ketiga sesuai aset yang dimilikinya. UOB sendiri berdiri pada tahun 1935 oleh ayahnya yakni Wee Khiang Cheng sebagai United Chinese Bank.

Akan tetapi setelah melakukan pengunduran diri di tahun 2013 sebagai komisaris bank, ia juga pensiun menjadi Direktur tahun 2018 dan posisinya ini dipegang selama 6 tahun dekade. Kekayaan yang dimiliki oleh Wee Cho Yaw yang berusia 92 tahun dengan nilai USD 6.8 miliar.

10. Khoo Family

Keluarga dari Khoo merupakan pewaris almarhum banker Khoo Teck Puat yang telah melakukan investasi Bank Standard Chartered tahun 1986. Kekayaan yang dimilikinya ini berasal dari penjualan saham di Bank Standard Chartered sebanyak USD 4 miliar tahun 2006.

Keluarga dari Khoo ini telah mengendalikan kelompok hotel Goodwood dan dikendalikan Mawis Khoo-Oei yang mereka mempunyai hotel Goodwood Park bersejarah di Singapura. Sementara itu untuk kekayaan yang dimiliki oleh Khoo Family yakni sebanyak USD 6.5 miliar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai daftar orang terkaya di Singapura yang dapat kamu ketahui. Singapura telah terlihat pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat belakangan ini mengingat banyaknya catatan orang terkaya semakin meningkat dari daftar di atas.

Instagram