Kawasan Bersejarah di Singapura yang Masih Aktif Digunakan

Dimanakah kawasan bersejarah di Singapura? Singapura merupakan negara kecil yang maju dengan dukungan pemerintahnya yang selalu mengembangkan potensi guna menjadikannya sebagai negara kosmopolitan modern di Asia Tenggara.

Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar tagihan air

Meskipun begitu dibalik kemajuan negara terdapat kawasan bersejarah di Singapura yang masih dikenang sampai sekarang ini. Pasalnya, Singapura dulu juga pernah dijajah seperti halnya dengan Indonesia.

Kawasan Bersejarah di Singapura

Kawasan Bersejarah di Singapura yang Masih Aktif Digunakan

Bahkan Singapura sempat terombang-ambing sebagai negara yang terbuang hingga akhirnya kemajuannya bisa dilihat secara nyata, inilah peninggalan sejarah yang ada di Singapura.

1. Victoria Theatre and Concert Hall

Victoria Theatre and Concert Hall merupakan dua jenis gedung yang masing-masingnya memiliki fungsi berbeda namun disatukan oleh adanya menara jam di koridor utama dan digunakan sebagai pertunjukan seni tertua di Singapura. Namun pada tahun 1862 terdapat satu gedung yang dibangun untuk digunakan sebagai balai kota.

Lalu di tahun 1979 ditambahkan lagi gedung yang satunya lagi untuk acara publik seperti halnya pertunjukan musik dan teater, pameran, pertemuan politik ataupun terkadang digunakan sebagai rumah sakit sementara waktu.

Gedung telah dirancang oleh John Bennet salah seorang arsitek kebangsaan Inggris yang memiliki jendela bergaya Italia dan gedung selama ini telah mengalami pemugaran namun tetap menjaga arsitektur bangunan.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

2. Masjid Sultan

Kawasan bersejarah di Singapura yang lainnya adalah Masjid Sultan dengan kubahnya yang indah bercat kuning keemasan dan bentuknya bawang di Kampong Glam.

Masjid Sultan ini merupakan masjid pertama di Singapura dengan pendirinya Sultan Hussein Shah tahun 1824 yang dirancang Swan dan Maclaren, arsitek dari kebangsaan Inggris yang sangat terkenal dan merancang Raffles Hotel hingga Victoria Memorial Hall.

Masjid mengusung desain interior sangat elegan dan mengagumkan sehingga banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk melihatnya, terlebih masjid besar ini mampu menampung sebanyak 5.000 jamaah sholat. Di tahun 1928 masjid direkonstruksi guna memperbaiki bagian dari bangunan yang rusak dan selesai tahun 1932 dengan hiasan kubah emas yang mampu menarik perhatian para pengunjung.

3. Central Defence Heritage Gallery

Kawasan bersejarah di Singapura sebagai gedung cantik yang mana usianya sudah 104 tahun dan dijadikan untuk museum peralatan pemadam kebakaran yang digunakan oleh negara Singapura sejak tahun 1800-an sampai sekarang.

Di dalamnya ini mengusung bangunan dengan gaya Eropa dan warna cat eyecatching dipamerkan perkembangan dari berbagai jenis mobil pemadam kebakaran ukuran besar, selang serta tabung pemadam.

Selain itu juga berbagai macam helm yang memiliki bentuk sangat unik serta simulasi dalam keadaan darurat. Museum memberikan daya tari tersendiri bagi warga lokal hingga wisatawan asing karena semua pengunjung yang datang bisa belajar langsung dengan sejarah perkembangan dari adanya industri pemadam kebakaran di negara Singapura.

4. Katedral St. Andrew

Katerdral St. Andrew merupakan gereja Anglikan yang ada di Singapura tertua dan terbesar dengan lokasinya sangat strategis di kawasan pusat bisnis Singapura.

Gereja yang satu ini dibangun pada tahun 1856 sampai 1861 dengan 27 paroko, arsitekturnya mirip dengan katedral Salisbury yang sangat terkenal di Inggris dengan gaya Ne Gothic dan jendela besar membentuk lancet serta menara.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Di dalamnya katedral terdapat 3 jendela warna guna mengenang tokok penting yang pernah berjasa atas sejarah yaki John Crawfurd, Mayjend William J. Butterworth, dan Sir Stamford Raffles. Katedral ini telah memberikan layanan untuk ibadah dengan menggunakan banyak bahasa seperti halnya Inggris, Mandarin, Indonesia, Kanton, Tagalog, Hokkien dan Birma.

5. The Old Hill Street Police Station

Salah satu gedung kawasan bersejarah di Singapura yang memiliki 6 lantai sangat keren dan warna-warninya merupakan kantor polisi pertama hingga terbesar di Singapura, selain itu jiga difungsikan sebagai tempat tinggal untuk keluarganya polisi pada masanya. Gedung ini dibangun pada tahun 1934 oleh F.

Dorrington Ward yang mengusung gaya Neo Klasik elegan dan mempunyai 927 jendela warna pelangi sangat mencolok dan menariknya sudah mempunyai lift sejak tahun 1934.

Di tahun 1983, gedung telah dialihfungsikan menjadi gedung arsip nasional, seni dan budaya hingga Badan Sensor Film, lalu direnovasi tahun 1999 secara besar-besaran. Lalu dibuka kembali secara resmi di tahiun 2000 serta mengubah namanya menjadi MITA dan tahun 2004 berganti nama MICA atau the Ministry of Information, Communications and Tahe Arts serta menjadi tempat pameran seni dan budaya.

6. The Majestik Kawasan Bersejarah di Singapura

The Majestik merupakan salah satu gedung yang sangat bersejarah dan ikonik pada masanya dengan lokasinya di Chinatown. Gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pertunjukan opera kanton dan juga film bisu yang telah didirikan oleh Eu Tong Sen tahun 1928 dan cerita sejarah bahwa istrinya dilarang masuk ke gedung teater pada jamannya.

Selain itu Eu Tong Sen juga membeli jalan yang ada di depan gedung untuk dijadikan sebagai terdapat menonton bagi masyarakat sekitar gedung dan akhirnya jalan diberikan nama Eu Tong Sen sampai sekarang ini.

Gedung didesain oleh Swan dan Maclaren yang juga merancang Masjid Sultan, di tahun 2003 The Majestic telah diubah sebagai pusat perbelanjaan akan tetapi berhenti beroperasi tahun 2007.

7. Kuil Sri Veeramakaliamman

Kawasan bersejarah di Singapura yang merupakan salah satu kuil Hindu tertua yang ada di Singapura dan dibangun para imigran dari Bengal India, kuil ini didedikasikan untuk Dewi Sri Veerramakalimman sebagai perwujudan Dewi Hindu sakti dalam menumpas kejahatan.

Kuil yang satu ini mengusung gaya arsitektur kuil Tamil, India Selatan dengan latar belakangnya dari pekerja imigran yang telah membangun kuil.

Kuil juga sudah menyelamatkan warga dari adanya serangan udara tentara Jepang di masa perang dunia ke II bahkan patung di dalam kuil luput dari pengeboman Jepang.

Kuil direnovasi tahun 1999 dan dibuka lagi tahun 2004 dengan adanya bangunan 6 lantai dilengkapi aula pernikahan, aula serbaguna dan ruang administrasi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa kawasan bersejarah di Singapura yang bisa kamu kunjungi untu belajar sejarah. Meskipun sebagai negara maju namun Singapura memiliki banyak peninggalan sejarah.

Instagram