Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

Mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia tentunya mampu memberikan dampak positif pada pertumbuhan perekonomian Indonesia itu sendiri. Seperti yang diketahui bahwasanya Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam akan tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang berada di garis kemiskinan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Maka dari itu sangat penting Indonesia untuk mengembangkan perekonomian khususnya pada bidang kreatif supaya mampu menghasilkan produk-produk unggulan sendiri. Dari adanya produk kreatif yang memiliki nilai jual tinggi tersebut tentunya memberikan keuntungan yang cukup besar bagi pelaku ekonomi untuk memperbaiki kesejahteraan kehidupannya.

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun Di Indonesia?

Pada umumnya ekonomi kreatif ini menjadi sebuah industri yang memanfaatkan bakat, kreativitas serta kemampuan dalam menciptakan kesejahteraan hingga lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Industri kreatif menjadi suatu komoditi ekonomi yang saat ini sedang menurun karena disebabkan oleh dampak pandemi covid nineteen terlebih pada potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia cukup besar yang mampu menyebabkan potensi ekonomi kreatif lebih mudah untuk dilakukan pengembangan.

Ekonomi kreatif sendiri sudah termuat dalam undang-undang sehingga dipastikan bahwasanya ekonomi kreatif memiliki caranya sendiri untuk membantu dalam perekonomian Indonesia. Berikut inilah alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia:

1. Memberikan Kontribusi Ekonomi Secara Signifikan

Ekonomi kreatif lebih mengutamakan kreativitas unggulan yang mampu menghasilkan produk yang memiliki kualitas lebih tinggi. Produk jual yang menawarkan nilai ide kreativitas tentunya mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan produk tanpa adanya ide yang disematkan.

Setiap masyarakat mengutamakan ide kreatif dalam menghasilkan produk unggulan tentunya mampu memberikan kontribusi ekonomi secara signifikan. Adanya ekonomi kreatif ini juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat guna memperbaiki kesejahteraan hidupnya.

2. Menciptakan Iklim Bisnis Yang Positif

Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia karena mampu menciptakan iklim bisnis yang terbilang sangat positif. Sebenarnya ekonomi kreatif ini menjadi suatu kegiatan di bidang ekonomi yang cenderung baru namun sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dalam menghasilkan produk.

Tanpa adanya kreativitas dalam menjualkan produk tentunya sulit untuk menggapai keuntungan pendapatan yang diinginkan. Sebab sekarang ini kehadiran produk sangat bersaing dengan kompetitor sehingga kamu harus memiliki produk unggulan dengan mengutamakan kreativitas dan inovasi yang berbeda dari milik kompetitor.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Membangun Citra Serta Identitas Bangsa

Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia yaitu karena memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra serta identitas bangsa. Hadirnya ekonomi kreatif yang mengutamakan kreativitas dengan inovasinya dalam menghadirkan produk tentunya membuat citra dan identitas bangsa Indonesia ini lebih dikenal hingga ke luar negeri.

Terlebih ekonomi kreatif ini mengarah pada kreativitas oleh-oleh yang bisa dilihat oleh kalangan wisatawan mancanegara ketika sedang berkunjung ke Indonesia. Demikian mampu mengenalkan identitas dari bangsa Indonesia melalui kreativitas yang dihasilkan pada sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi.

4. Terbasis Pada Sumber Daya yang Terbarukan

Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia karena berbasis pada sumber daya yang telah terbarukan. Pada umumnya kehadiran dari ekonomi kreatif ini mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi namun harus siap dengan mengunggulkan konsep yang mudah tergantikan.

Demikian ketika menjalankan sebuah ekonomi kreatif maka pemikiran pun juga harus berkembang dan tidak bisa stuck pada konsep yang itu-itu saja. Setiap pelaku ekonomi harus memiliki ide kreatif yang terbarukan dan tidak menghasilkan produk yang serupa karena di pasaran pun sudah banyak yang menjual.

5. Mampu Menciptakan Inovasi Serta Kreativitas Sebagai Keunggulan

Hadirnya ekonomi kreatif mampu menciptakan adanya inovasi hingga kreativitas sebagai keunggulan dalam menghasilkan produk. Menjalankan ekonomi kreatif memang dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif supaya produk yang dihasilkan tidak begitu begitu saja.

Perkembangan teknologi saat ini menuntut semua orang untuk berpikir kreatif dan inovatif sehingga tidak menonton karena harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Apabila dalam menjalankan ekonomi kreatif monoton dengan ide seperti itu saja tentunya usaha yang kamu jalankan akan bangkrut begitu saja karena akan ketinggalan dengan perkembangan dari pertumbuhan ekonomi terbarukan.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

6. Kompetitif Suatu Bangsa

Alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia salah satunya bisa menjadi kompetitif suatu bangsa. Persaingan antar bangsa tentu dilihat dari segi perekonomian sebuah negara dalam kondisi yang bagus ataupun tidak.

Sebuah negara mampu menghasilkan produk unggulan yang kreatif dan inovatif serta memiliki nilai jual ekspor yang tinggi bisa membuat Indonesia menjadi negara kompetitif yang mampu bersaing dengan negara lain. Kehadiran dari ekonomi kreatif memberikan peluang yang sangat besar bagi Indonesia supaya bisa bersaing dengan beberapa negara lain sehingga mampu meningkatkan perekonomian Indonesia itu sendiri dan bisa dikenal oleh bangsa lain.

Dampak Sosial yang Positif dari Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif diharapkan bisa membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan berbagai macam cara sehingga menunjukkan kestabilan ekonominya. Dalam menjalankan ekonomi kreatif ini terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan dalam proses memajukan perekonomian yang ada di Indonesia.

Berikut ini dampak sosial yang bersifat positif dari kehadiran ekonomi kreatif dalam menunjang perekonomian Indonesia:

  • Kehadiran dari ekonomi kreatif bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia
  • Ekonomi kreatif juga bisa menekan peningkatan pertumbuhan angka pengangguran yang terus mengalami lonjakan
  • Mampu menciptakan masyarakat Indonesia dengan pikiran yang kreatif dan inovatif dalam menghadirkan produk unggulan yang memiliki nilai jual lebih tinggi
  • Mampu meningkatkan inovasi pada para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai macam sektor
  • Mampu membuat para pelaku ekonomi kompetisi pada kegiatan dunia bisnis yang cenderung lebih sehat.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia dalam upaya untuk pengembangan perekonomian negara. Ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat penting guna menghantarkan perekonomian negara ke kancah internasional.