Pengertian Ekonomi Kreatif Pada Sektor Perekonomian Nasional

Pengertian ekonomi kreatif merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang menggerakkan industri kreatif guna mengutamakan peranan kekayaan intelektual. Pada industri kreatif ini biasa dikarenakan oleh kalangan wirausaha sebagai orang yang mempunyai kemampuan dengan menghasilkan ide kreatif dan inovatifnya.

Di Indonesia sendiri dikenal sebagai sebutan ekonomi kreatif yang telah dimuat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pengertian ekonomi kreatif juga mampu menghasilkan produk unggulan yang bisa bersaing di pasar untuk mendapatkan keuntungan lebih besar karena memiliki nilai jual lebih tinggi dari segi ide kreativitas dan inovasinya.

Pengertian Ekonomi Kreatif Pada Sektor Perekonomian Nasional

Pengertian Ekonomi Kreatif

Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah sektor perekonomian yang memanfaatkan ide serta pengetahuan yang mengusung konsep kreativitas berasal dari manusia dan memiliki peranan sebagai faktor produksi utamanya. Pada umumnya ekonomi kreatif ini mempunyai ide dari manusia yang tergolong baru, unik tapi menghasilkan produk yang cenderung lebih inovatif.

Ekonomi kreatif ini sebenarnya telah mendapatkan dukungan dari beberapa sektor industri kreatif yang bisa bergerak lebih maju dan berkembang. Konsep yang diutamakan dari pengertian ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, ide serta pengetahuan yang berasal dari sumber daya manusia dan untuk perkembangannya sendiri ekonomi kreatif telah terbukti mampu memajukan perekonomian Indonesia.

Faktor Pendorong Ekonomi Kreatif

Pengertian ekonomi kreatif ini bisa terbentuk, tumbuh dan terus berkembang apabila terdapat faktor yang mendorongnya. Berikut inilah beberapa faktor pendorong untuk ekonomi kreatif yang membuatnya bisa berkembang di kalangan masyarakat:

1. Kreativitas Dari Sektor Ekonomi

Ekonomi kreatif tentunya berhubungan erat dengan kreativitas yang harus ada di dalamnya dan termasuk faktor pendorong untuk mengembangkan kreativitas unggulan yang dihadirkan. Kreativitas itu sendiri sebagai sebuah proses mental seseorang dalam upaya memunculkan sebuah ide ataupun gagasan yang sifatnya cenderung lebih baru.

Selain itu kreativitas yang terdapat pada perekonomian biasanya juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan pemasukan serta hasil dari perekonomian. Sementara itu untuk objek perekonomian pada umumnya dalam bentuk barang ataupun jasa kreatif dari hasil inovasi serta pemikiran manusia yang nantinya dikenal sebagai ekonomi kreatif.

2. Teknologi Yang Maju

Pengertian ekonomi kreatif didorong oleh faktor utama yaitu teknologi yang maju. Adanya kemajuan teknologi menjadi salah satu tumpuan pada sektor perekonomian kreatif karena kemudahan akses yang nantinya bisa diambil dari kemajuan teknologi mampu membantu perekonomian semakin maju dan berkembang.

Apabila adanya teknologi yang canggih ini dapat dimanfaatkan dengan baik, maka mampu menekan tingkat kesulitan serta terjadinya masalah yang ditemukan pada proses menjalankan perekonomian ini. Bahkan beberapa negara maju juga telah menggunakan teknologi canggih guna menjalankan mode ekonomi kreatif seperti halnya Amerika Serikat dan Jepang.

3. Tenaga Kerja

Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif maka terdapat faktor pendorong utama dari tenaga kerja. Hal ini dikarenakan manusia memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber daya yang nantinya akan menggerakkan perekonomian supaya lebih maju dan berkembang.

Apabila ternyata tenaga kerja sebagai sumber daya manusia ini memadai dan memiliki kualitas terbaik. Maka sudah dipastikan perekonomian yang nantinya akan dijalankan bisa berjalan dengan baik sesuai rencana serta membuahkan hasil dari ide serta inovasi yang dihadirkan.

4. Kemudahan Akses Komunikasi

Pengertian ekonomi kreatif tentunya berhubungan langsung dengan kemudahan dalam melakukan akses komunikasi, sebab akses komunikasi yang mudah tentunya bisa membantu para pelaku ekonomi untuk menjalankan usaha industrinya. Adanya pengakuan serta apresiasi dari publik memang dibutuhkan oleh para pelaku ekonomi supaya lebih berkarya dan memberikan pengembangan dari potensi yang dimilikinya.

Kemudahan dalam melakukan akses komunikasi tentunya bisa memberikan dampak positif yang cukup besar dalam menjalankan perekonomian saat ini. Apabila hal ini memang benar terwujud maka membuat perekonomian akan terus menghasilkan keuntungan pada proses perekonomian yang lebih luas efek dari akses kemudahan komunikasi ini.

5. Media Sosial

Dalam hal ini pengertian ekonomi kreatif juga berhubungan dengan media sosial yang menjadi platform untuk memperlihatkan berbagai macam informasi pentingnya dibutuhkan oleh pelaku ekonomi. Selain itu media sosial ini juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam tujuan tergantung dari kepentingan pelaku ekonomi itu sendiri.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Lukis

Penggunaan media sosial ini bisa dimanfaatkan oleh para ekonomi untuk bergerak dalam bidang ekonomi. Dengan melihat media sosial sekarang ini menjadi suatu hal yang mudah diakses oleh kalangan masyarakat sehingga menjadikan media sosial mempunyai potensi cukup bagus sebagai sarana pemasaran produk dari hasil industri kreatif.

Manfaat Ekonomi Kreatif Untuk Indonesia

Hadirnya ekonomi kreatif tentunya diharapkan oleh para pelaku ekonomi untuk bisa membantu pertumbuhan perekonomian yang ada di Indonesia. Dengan demikian tidak heran jika ekonomi kreatif ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan yang menghasilkan ide dan kreativitas tinggi sehingga memiliki nilai jual yang berbeda dengan produk tanpa adanya kreativitas.

Berikut inilah beberapa manfaat dari kehadiran ekonomi kreatif untuk perekonomian Indonesia:

  • Memberikan peluang adanya lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia
  • Ekonomi kreatif bisa mengurangi pertumbuhan angka pengangguran supaya tidak meningkat seiring berjalannya waktu
  • Mampu menciptakan kompetisi pada kegiatan di dunia bisnis yang cenderung lebih sehat karena mengutamakan kreativitas dan ide inovatif
  • Menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai jual lebih tinggi
  • Meningkatkan inovasi para pelaku ekonomi kreatif pada berbagai sektor supaya bisa membantu kemajuan dan perkembangan perekonomian Indonesia.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Guna mengetahui bahwasanya sektor perekonomian kreatif maka harus mengetahui beberapa ciri-ciri dari ekonomi kreatif itu sendiri. Adapun untuk ciri-ciri dari ekonomi kreatif sebagai berikut:

  • Terdapat kreasi intelektual pada sektor usaha yang dijalankan
  • Memiliki ide dan gagasan sebagai ide utama para pelaku ekonomi
  • Kegiatan usaha yang dijalankan memiliki sifat terbuka dan tidak
  • Adanya kegiatan kerjasama dari berbagai pihak
  • Mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai kreativitas lebih tinggi
  • Mempunyai konsep bersifat relatif dan mudah terganti.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store 350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait pengertian ekonomi kreatif yang saat ini mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia semakin baik. Ekonomi kreatif lebih mengutamakan ide kreatif dan inovatif untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.