Mengenal Apa Itu Ekonomi kreatif adalah Gagasan dan Ide Inovatif

Ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang masuk ke dalam kegiatan produksi hingga distribusi barang ataupun yang membutuhkan gagasan serta ide kreatif hingga kemampuan secara intelektual dalam membangunnya. Ekonomi kreatif ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga kalangan masyarakat karena sudah banyak dijalankan dengan cara mengutamakan konsep kreatif untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Seiring berjalannya waktu memang untuk perkembangan dari segi bidang ekonomi tentunya akan menuju ke taraf ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif sendiri menjadi salah satu bagian yang sangat penting dan besar di dalam pengembangan masyarakat dan sebenarnya ekonomi kreatif sudah dikembangkan sejak tahun 2006 lalu dan masih berlanjut hingga kini.

Mengenal Apa Itu Ekonomi kreatif adalah Gagasan dan Ide Inovatif

Pengertian Ekonomi Kreatif Adalah

Ekonomi kreatif menjadi suatu proses untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil eksplorasi kekayaan secara intelektual diantaranya kreativitas, keahlian serta bakat individu atau suatu produk yang dijualnya. Selain itu ekonomi kreatif juga sebagai industri yang memfokuskan pada bentuk rekreasi serta eksploitasi pada karya kepemilikan intelektual termasuk layanan kreatif antar perusahaan.

Ekonomi kreatif kita sudah dijadikan sebagai konsep ekonomi yang telah berkembang untuk aset kreatif yang memiliki potensi dalam menghasilkan pertumbuhan serta perkembangan ekonomi itu sendiri. Bahkan ekonomi kreatif ini sebagai bentuk upaya pembangunan ekonomi berkelanjutan yang mengutamakan kreativitas.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif Adalah

Dalam menjalankan bidang ekonomi kreatif sebenarnya terdapat beberapa ciri yang bisa menggambarkan seperti apakah sektor dari ekonomi kreatif itu sendiri. Berikut inilah beberapa ciri-ciri utama dari ekonomi kreatif yang dapat kamu ketahui:

1. Mudah Diganti

Ekonomi kreatif lebih mudah diganti karena menjadi suatu jenis inovasi di dalam bidang ekonomi kreatif yang harus selalu dikembangkan sesuai dengan aktivitas dari ekonomi itu sendiri. Dengan demikian dari adanya kreasi serta inovasi yang ada, intinya diharapkan lebih mudah untuk diganti supaya dapat menyesuaikan pasar yang bisa diterima lebih mudah oleh konsumen.

2. Kreasi intelektual

Ekonomi kreatif adalah bentuk ekonomi yang menghasilkan kreativitas dari segi intelektual. Sementara itu untuk ciri-ciri ekonomi kreatif sendiri yaitu mempunyai kreasi intelektual yang sangat dibutuhkan guna meningkatkan kreativitas hingga keahlian lain pada setiap jenis sektor.

3. Distribusi Langsung Dan Tidak Langsung

Adanya distribusi yang dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung menjadi ciri dari suatu ekonomi kreatif. Hal ini dikarenakan ekonomi kreatif adalah ekonomi pengembangan yang mengutamakan inovasi dan kreativitas yang didasarkan pada kebijakan di dalam perusahaan dan memperhatikan kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Membutuhkan Kerjasama

Kerjasama adalah salah satu hal yang sangat penting yang memang selalu hadir di dalam setiap bidang pekerjaan. Pada bidang ekonomi kreatif seperti halnya kerjasama antara pihak pengusaha serta pemerintah yang mampu mengeluarkan bentuk kebijakan dan sangat penting untuk kelancaran proses yang nantinya akan dijalani.

5. Tidak mempunyai batasan

Kehadiran dari ekonomi kreatif belakangan ini memiliki ciri-ciri tidak adanya batasan pada setiap bidang ekonomi kreatif. Dalam hal ini bisa diartikan bahwasanya inovasi hingga kreativitas oleh setiap orang akan terlibat untuk proses menciptakan suatu produk bidang tertentu yang tidak mempunyai batasan secara pasti.

6. Berbasis Untuk Ide

Ide dari ekonomi kreatif adalah kreativitas dan inovasi yang perlu diutamakan untuk menghasilkan produk baru yang menjanjikan dan dibutuhkan oleh konsumen. Kita menjadi suatu hal utama yang harus disiapkan dalam menjalankan bidang ekonomi kreatif.

Hal ini dikarenakan pada setiap kepala tentunya akan berbeda-beda. Maka dari itu untuk gagasan yang dimunculkan haruslah dikembangkan guna menciptakan inovasi serta kreativitas di dalam bidang ekonomi kreatif.

Jenis-Jenis Ekonomi Kreatif

Industri dari ekonomi kreatif pastinya memiliki banyak sektor di dalam pekerjaan. Berikut inilah beberapa jenis-jenis ekonomi kreatif yang perlu kamu ketahui:

1. Kerajinan

Pada bidang kerajinan di dalam ekonomi kreatif yaitu kegiatan untuk penciptaan, produksi hingga distribusi produk dari para pengrajin. Produk yang telah dipasarkan sebagian besar mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi.

Bahkan beberapa produk kerajinan pun dari pihak para pengrajin biasanya juga berasal dari material yang berkualitas baik. Beberapa material diantaranya kulit, serat alami, rotan, kaca, permata, bambu, porselen, marmer, tanah liat dan lain sebagainya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Digital Marketing
Bisnis Jasa Hiburan
Bisnis Jasa Lukis

2. Arsitektur

Pada bidang arsitektur yang ada pada ekonomi kreatif ini meliputi perencanaan, jasa, desain biaya, konstruksi sampai pengawasan konstruksi pembangunan. Hal ini tentunya juga berlaku pada konstruksi dari tingkat makro seperti halnya perencanaan kota, desain perkotaan hingga arsitektur landscape sampai tingkat mikro seperti halnya detail konstruksi, desain pedalaman hingga arsitektur taman.

3. Desain

Pada bidang desain sendiri di dalam ekonomi kreatif meliputi semua hal yang mencakup kegiatan untuk pembuatan desain mulai dari interior, desain grafis, industri sampai desain untuk pemasaran produknya. Sementara itu pada bidang desain sendiri juga dibutuhkan ide hingga nilai kreativitas yang cukup tinggi untuk menghasilkan sebuah produk unggulan.

4. Pasar Seni

Bidang pasar seni pada ekonomi kreatif ini meliputi semua kegiatan kreatif yang dapat dilakukan dalam perdagangan barang unik, otentik, langkah dan mempunyai nilai estetika yang terbelah cukup tinggi. Penjualan terhadap berbagai macam seni biasanya dilakukan melalui galeri, lelang ataupun internet dan setiap produk yang didagangkan bisa berupa alat musik, lukisan, kerajinan tangan hingga film dokumenter.

5. Periklanan

Pada bidang periklanan ini dalam menjalankan ekonomi kreatif yaitu kegiatan yang meliputi semua layanan iklan ataupun komunikasi dalam bentuk satu arah yang memanfaatkan berbagai macam media. Bidang dari periklanan ini memiliki tanggung jawab dalam proses pembuatan, produksi hingga distribusi dari produk iklan yang telah dihasilkan.

Tampilan iklan yang nantinya akan ditayangkan atau diperlihatkan kepada publik bisa dalam berbagai bentuk media karena iklan sendiri bisa dalam bentuk media cetak dengan wujud surat kabar, pamflet, majalah ataupun brosur. Antara itu juga terdapat iklan dalam bentuk Media elektronik yang telah diwujudkan pada audio visual yang nantinya ditampilkan pada radio ataupun televisi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait ekonomi kreatif adalah proses ekonomi dengan kegiatan produksi untuk menghasilkan ide kreatif. Pada ekonomi kreatif ini biasanya menjual ide dari segi kreativitas serta inovasi yang dihadirkan dan memang menjadi kebutuhan konsumen.

Instagram