Bisnis Jasa Konstruksi untuk Pembuatan Bangunan

Bisnis jasa konstruksi merupakan sebuah kegiatan dengan melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang berupa pembangunan gedung, pembangunan prasarana sipil hingga instalasi mekanikal ataupun elektrikal. Meskipun bisnis konstruksi ini lebih dikenal sebagai sebuah pekerjaan akan tetapi pada kenyataannya konstruksi adalah suatu kegiatan yang terdiri atas banyak kegiatan yang bisa menjadi pekerjaan dengan tujuan akhir untuk menjadikan unit bangunan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Dengan peluang yang cukup besar maka kamu bisa menjalankan bisnis konstruksi namun harus dengan kemampuan dan keahlian yang memadai. Mengingat bisnis konstruksi tentunya berhubungan langsung dengan pembangunan gedung sehingga membutuhkan perencanaan yang matang dan pengetahuan serta pengalaman kompeten sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini secara profesional.

Bisnis Jasa Konstruksi untuk Pembuatan Bangunan

Pengertian Bisnis Jasa Konstruksi

Dalam menjalankan bisnis konstruksi tentunya akan dimulai dari perencanaan yang dilakukan oleh pihak konsultan perencana lalu akan dilaksanakan oleh kontraktor konstruksi sebagai manajer proyek atau kepala proyek. Pekerjaan yang dilakukan di dalam kantor sementara itu untuk pelaksanaan yang ada di lapangan akan dilakukan oleh mandor proyek guna mengawasi semua buruh, tukang dan para ahli lain guna menyelesaikan fisik konstruksi dan terdapat pembagian pekerjaan atau pemindahan pekerjaan oleh tim pelaksana lapangan untuk memproses pelaksanaan bangunan.

Jasa konstruksi merupakan layanan jasa konsultasi perencanaan atas pekerjaan konstruksi, jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi serta pemberian layanan konsultasi pengawasan pada semua pekerjaan konstruksi. Bisnis konstruksi berhubungan langsung dengan usaha pada bidang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa guna membentuk suatu bangunan ataupun fisik lain yang berhubungan dengan kepentingan serta keselamatan masyarakat pengguna serta lingkungan hidup.

Kategori Jenis Konstruksi

Dalam menjalankan bisnis jasa konstruksi terdapat tiga kategori usaha yang perlu dilakukan oleh pihak konstruksi. Ketika kategori ini tercantum pada undang-undang nomor 18 tahun 1999 yang meliputi:

• Perencana konstruksi yakni yang memberikan layanan jasa perencanaan di dalam proses konstruksi berupa rangkaian kegiatan ataupun bagian-bagian atas kegiatan yang dimulai dari studi pengembangan hingga pembuatan penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi dan pada umumnya dikenal sebagai konsultan perencana.

• Pelaksana konstruksi yakni pihak yang memberikan layanan terkait jasa pelaksanaan di dalam pekerjaan konstruksi yang berupa rangkaian kegiatan ataupun bagian-bagian atas kegiatan dan dimulai dari persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir atas pekerjaan konstruksi yang dilakukan, dalam hal ini biasanya dikenal sebagai kontraktor konstruksi.

• Pengawasan konstruksi yakni kegiatan yang berhubungan dengan pemberian layanan jasa pengawasan secara baik dalam sebagian ataupun keseluruhan atas pekerjaan pelaksanaan konstruksi yang dimulai dari persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir konstruksi dan biasanya dikenal sebagai konsultan pengawas.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Penggolongan Bentuk Fisik Bisnis Jasa Konstruksi

Penggolongan dalam bentuk fisik pada jasa konstruksi yaitu jenis bangunan yang menempel ataupun melekat di atas tanah. Berikut ini beberapa jenis penggolongan bentuk fisik jasa konstruksi yang dapat kamu ketahui:

• Rumah
• Landasan udara
• Gedung
• Dermaga
• Bendungan
• Jalan
• Stasiun
• Pelabuhan
• Taman
• dan lain-lain.

Cakupan Bidang Usaha Jasa Konstruksi

Bisnis Jasa Konstruksi untuk Pembuatan Bangunan

Bagi kamu yang ingin membuka bidang bisnis konstruksi tentunya harus memahami apa saja bidang yang berkaitan dengan jasa konstruksi itu sendiri. Bidang usaha untuk jasa konstruksi meliputi arsitektural, sipil, elektrikal, tata lingkungan dan mekanikal.

Adapun untuk beberapa uraian terkait setiap bidang cakupan jasa konstruksi sebagai berikut:

1. Bidang Arsitektural

Bidang arsitektural bisa meliputi arsitektur bangunan yang menggunakan teknologi sederhana, menengah dan tinggi. Selain itu juga meliputi arsitektur landscape yang termasuk dalam perawatannya hingga arsitektur dalam ruangan atau interior.

2. Bidang Pekerjaan Sipil

Beberapa penyedia jasa bidang pekerjaan sipil ini biasa dikenal dengan jasa konstruksi sipil.banyak contoh dari bidang pekerjaan sipil yaitu pembuatan bangunan, jalanan, jembatan, pembangunan jalur kereta api, jalan bawah tanah, landasan pesawat, terowongan, pengendalian banjir dan saluran drainase, bendungan, pelabuhan, pengairan ataupun prasarana sumber daya air, struktur bangunan gedung, geoteknik, konstruksi pabrik. Selain itu juga tambang yang termasuk perawatannya serta pekerjaan penghancuran bangunan atau yang dikenal dengan demolition.

3. Bidang Pekerjaan Mekanikal

Jenis bidang pekerjaan untuk bisnis jasa konstruksi yang meliputi instalasi tata udara ataupun AC, instalasi minyak atau gas atau geothermal, instalasi industri, isolasi termal dan suara, bidang perpipaan, konstruksi lift dan eskalator yang sudah termasuk dengan semua perawatannya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Hukum
Bisnis Jasa Hiburan
Bisnis Jasa Kebersihan
Bisnis Jasa Kesehatan

4. Bidang Pekerjaan Elektrikal

Jenis bidang pekerjaan elektrikal meliputi instalasi pembangkit, jaringan transmisi dan distribusi, instalasi listrik, sinyal dan telekomunikasi kereta api, bangunan pemancar radio, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara hingga laut, jaringan telekomunikasi, central telekomunikasi, instrumentasi, penangkal petir yang sudah termasuk dengan perawatannya.

5. Bidang Pekerjaan Tata Lingkungan

Ketika menjalankan bisnis konstruksi tentunya kamu juga harus memahami bidang pekerjaan tata lingkungan yang meliputi penataan perkotaan atau planologi, menganalisa dampak lingkungan, teknik lingkungan, tata lingkungan lainnya, pengembangan wilayah, bangunan pengolahan air bersih dan pengolahan limbah, perpipaan air bersih dan perpipaan limbah yang sudah termasuk dengan perawatannya.

Legalitas Usaha Jasa Konstruksi

Ketika menjalankan bisnis jasa konstruksi tentunya kamu harus berdasar pada undang-undang nomor 2 tahun 2017 bahwasanya setiap usaha yang nantinya akan memberikan pelayanan jasa konstruksi harus mempunyai tanda daftar usaha perseorangan dan tanda daftar usaha perseorangan bisa langsung didapatkan melalui pengurusan di kantor pemerintah daerah kabupaten atau kota dari domisili pelaku usaha. Tanda daftar usaha perseorangan meskipun diterbitkan dari pihak pemerintah daerah kabupaten atau kota domisili namun nantinya kegiatan usaha tetap dapat dilakukan di semua wilayah Indonesia.

Selain itu juga harus memiliki sertifikat badan usaha yang bisa kamu dapatkan dengan cara melakukan pengajuan pada menteri dan harus melalui lembaga sertifikasi badan usaha yang sudah dibentuk oleh badan usaha terakreditasi secara legal. Selain itu perlu kamu ketahui untuk menjalankan bisnis konstruksi maka setiap badan usaha dari pelaku jasa konstruksi dengan kualifikasi besar ataupun menengah wajib untuk melakukan pendaftaran pada menteri dan pendaftaran dapat dibuktikan dengan adanya kepemilikan tanda daftar pengalaman yang memuat nama pekerjaan, bidang jasa, pengguna jasa dan bahkan tahun pembentukannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait komponen untuk menjalankan bisnis jasa konstruksi yang berhubungan langsung dengan pembangunan sebuah gedung ataupun yang lainnya. Bisnis yang satu ini harus melalui proses perizinan secara legal pada pihak terkait supaya bisa berjalan dengan lancar untuk membantu proses konstruksi bangunan.

Instagram