biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn

Kuliah di luar negeri merupakan keinginan setiap anak Indonesia. Untuk mencapai keinginan tersebut Anda dapat memilih negara yang ingin Anda datangi. Apabila Anda ingin kuliah di luar negeri tetapi tidak jauh dari Indonesia, salah satunya satu negaranya ialah Thailand. Namun Anda harus mencari tahu tentang informasi universitas yang kalian inginkan seperti biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn.

Profil dan Ranking Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn merupakan universitas tertua di negara Thailand. Awal mula pendirian universitas ini didirikan oleh seorang raja di Thailand yaitu Chulalongkorn yang membangun sekolah abdi kerajaan pada tahun 1902 dan sekolah tersebut difungsikan menjadi universitas nasional oleh sang raja pada tahun 1917.

Universitas Chulalongkorn juga merupakan perguruan tinggi nomor satu di Thailand. Dari segi pendidikan universitas ini mendapatkan pengakuan dari beberapa lembaga. QS World University Ranking memberikan penghargaan  sebagai kampus terbaik di Thailand selama 8 tahun berturut-turut, dari tahun 2012 hingga 2021.

QS Asia University Rankings menuliskan Universitas Chulalongkorn sebagai perguruan tinggi nomor 1 di Thailand berturut-turut dari 2017 hingga 2021 dan Times Higher Education World University Rankings menyebutkan Chula sebagai perguruan tinggi nomor 1 di Thailand.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Kuliah di Universitas Chulalongkorn

Setelah mengetahui profil singkat dan ranking dari Universitas Chulalongkorn Anda tidak perlu kawatir dengan persoalan biaya kuliah. Universitas Chulalongkorn ini merupakan perguruan tinggi negeri di Thailand, soal biaya tidak perlu dikawatirkan yang pastinya akan sangat terjangkau bagi Anda.

Estimasi biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn berkisar sekitar 61.500 Baht hingga 65.500 atau setara Rp 26 – 28 juta. Nominal untuk biaya kuliah dapat berubah sesuai dengan tahun ajarannya. Setelah Anda memikirkan estimasi biaya kuliah, Anda perlu memikirkan untuk estimasi biaya lainnya seperti akomodasi, makan, tempat tinggal, dan lain-lain.

Biaya selain Akademik

Biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn terbilang sangat terjangkau karena merupakan salah satu universitas negeri di Thailand. Tetapi kalian harus mepertimbangkan biaya lainnya yang perlu mahasiswa perhatikan. Ini dia merupakan rician secara umumnya.

1. Kesehatan

Setiap mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri harus mempunyai asuransi kesehatan. Biasanya universitas di luar negeri memberikan tawaran untuk memasukan biaya kesehatan, tetapi untuk berjaga-jaga Anda perlu menyiapkan biaya kesehatan untuk kepentingan Anda.

2. Biaya Penginapan dan Tempat Tinggal

Sebagai seorang mahasiswa International tentu kalian membutuhkan tempat tinggal. Anda harus mempersiapkan tempat tinggal atau asrama dari jauh-jauh hari dan dapatt menjadi salah satu pos biaya terbesar selama Anda kuliah di luar negeri.

3. Biaya Hidup

Biaya hidup merupakan aspek yang sangat terpenting selama berada di luar negeri. Ini termasuk biaya untuk, transportasi, makan, dan kebutuhan sehari-hari.

4. Biaya lainnya

Terkadang biaya tak terduga ada di setiap perjalanan calon mahasiswa untuk menggapai cita-citanya seperti, biaya sertifikasi, biaya ujian ulang, biaya organisasi, dan biaya yang diperlukan oleh program atau jurusan yang Anda pilih.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Chulalongkorn

Setelah kalian mengetahui tentang biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn, selanjutnya Anda harus memilih jenjang pendidikan yang akan ditawarkan oleh Universitas Chulalongkorn. Berikut beberapa fakultas dan jurusannya.

1. Faculty of Arts and Humanities

Fakultas pertama adalah Faculty of Arts and Humanities. Cocok sekali bagi kalian yang ingin mempelajari berkaitan dengan pemikiran manusia, budaya, dan ekspresi kreatif. Ada beberapa jurusan yang dapat Kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di fakultas tersebut.

  • Centre for South Asian Studies
  • Department of Archaeology
  • Department of French
  • Department of History & Pakistan Studies
  • Department of Philosophy
  • Department of Sports Sciences & Physical Education
  • Institute of English Studies

2. Faculty of Business, Economics and Administrative Sciences

Faculty of Business, Economics and Administrative Sciences bagi kalian yang ingin mempelajari tentang bisnis dan juga ekonomi yang terjadi pada masa kini dan menerapkannya untuk kepentingan pribadi atau perusahaan. Ada beberapa jurusan yang dapat kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Institute of Administrative Sciences
  • Institute of Business & Information Technology
  • Institute of Business Administration (IBA)
  • School of Economics
  • Department of Business Economics

3. Faculty of Science

Faculty of Science untuk kalian yang memiliki tujuan untuk memahami, menjelaskan, dan memprediksi fenomena alam melalui metode ilmiah. Selain itu, Fakultas Sains berfokus pada pengembangan keterampilan analisis, penalaran yang kritis, dan pemecahan masalah. Ada beberapa jurusan yang dapat kalian pilih sesuai minat dan fokus studi. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Centre for High Energy Physics
  • Centre for Remote Sensing
  • Centre of Excellence in Solid State Physics
  • College of Statistical Sciences
  • Department of Mathematics
  • Department of Physics
  • Department of Space Science
  • School of Chemistry

4. Faculty of Islamic Studies

Faculty of Islamic Studies untuk kalian yang ingin mempelajari atau memperdalam ilmu islam dengan belajar di negara Pakistan. Selain itu, fakultas ini juga mempelajari Mengkaji dan mempertahankan tradisi Islam. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Institute of Islamic Studies
  • Sheikh Zayed Islamic Centre

5. Faculty of Computing & Information Technology

Faculty of Computing & Information Technology bagi kalian yang ingin belajar data, ilmu komputer, dan mempelajari sistem operasi dalam sesuatu perangkat, seperti hardware dan software. Ini dia program pendidikan di falkutas tersebut.

  • Department of Computer Science
  • Department of Data Science
  • Department of Information Technology
  • Department of Software Engineering

Selain kelima fakultas di atas, masih banyak fakultas dan jurusan lainnya. Seperti fakultas pharmacy, life-science, oriental learning, commerce, law dan lain-lain.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah sekilas informasi mengenai Biaya Kuliah di Universitas Chulalongkorn. Semoga ulasan singkat ini dapat menambah pengetahuan dan bisa menjadi gambaran. Terutama untuk para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di University of The Punjab.