Bangunan Tradisional Indonesia di Luar Negeri yang dikenal Masyarakat Internasional

Bangunan tradisional Indonesia di luar negeri memang terbilang sangat unik dan menarik karena mampu membawa nilai sejarah yang dapat dihargai oleh masyarakat internasional. Adanya bangunan tradisional Indonesia yang ada di luar negeri ini sebagai warisan atas kekayaan dari budaya Indonesia yang dimiliki dan untuk setiap bangunan tradisionalnya ini mempunyai berbagai macam keunikannya masing-masing.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Hal ini seperti bentuk bangunan, konsep bangunan, desain bangunan sampai nilai filosofi dari bangunan tersebut yang masing-masing akan berbeda. Sehingga tidak heran sampai sekarang ini banyak masyarakat internasional yang justru terpesona dengan keunikan yang dihadirkan oleh bangunan tradisional dari Indonesia.

Bangunan Tradisional Indonesia di Luar Negeri yang dikenal Masyarakat Internasional

Bangunan Tradisional Indonesia di Luar Negeri

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia tentunya sudah tahu bahwasanya Indonesia sendiri memiliki banyak bangunan rumah adat di setiap daerahnya. Ternyata bentuk rumah adat yang ada di indonesia tersebut sangat bagus dan unik yang bahkan bisa tampil di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa model bangunan tradisional Indonesia yang sudah berada di luar negeri:

1. Dua Rumah Gadang di Belanda

Bahwasanya adanya rumah adat gadang ini merupakan sebuah bangunan tradisional yang berasal dari Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Minangkabau. Rumah adat dari Sumatera barat ini dikenal dengan bagonjong yang mempunyai atap sangat khas seperti tanduk kerbau dan keunikan dari rumah adat yang satu ini sudah berada di taman bermain di negara Belanda yang memberikan daya tarik tersendiri.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Rumah gadang di Belanda tersebut dinamai dengan The house of The five senses sebagai sebuah landmark yang sangat khas untuk masuk gerbang menuju ke area taman tersebut dan ketika kamu berada di Belanda maka wajib untuk melihatnya secara langsung di taman Efteling yang letaknya di kawasan Kaatsheuvel.Selain itu rumah adat Padang atau gadang ini dibangun di Kralingse Bos sebagai wilayah hutan yang ada di kawasan Rotterdam dengan ukuran dari rumah adat terbilang cukup luas dan memang menjadi inspirasi untuk berbagai macam kebutuhan.

2. Pura Khas Bali di Belgia

Bangunan tradisional Indonesia di luar negeri masih berada di kawasan Eropa, ketika kamu datang ke Belgia maka akan melihat adanya sebuah bangunan terasa tradisional berasal dari Indonesia khususnya adalah Bali. Bangunan tradisional dari Bali ini berada di taman bermain yang terdapat bangunan sangat unik karena mengadaptasi bangunan pura khas dari Bali.

Bahkan untuk tampilan dari bangunannya sendiri memang dalam bentuk replika Pura Agung Shanti Buana dengan ukuran yang sama seperti di Bali dan bahkan juga dilengkapi dengan latar persawahan bertingkat seperti layaknya Ubud. Kamu bisa melihat penampakan bangunan tradisional Indonesia ini yang ada di Belgia pada sebuah taman bermain yang dinamakan The Kingdom of Ganesha.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Rumah Adat Batak di Jerman

Bangunan tradisional Indonesia di luar negeri salah satunya adalah rumah adat Batak yang ada di Jerman. Hal ini dibuktikan bahwasanya negara luar negeri ini salah satunya Jerman tidak ingin kalah menariknya dengan Belgia untuk menghadirkan bangunan tradisional Indonesia khususnya rumah adat khas Batak yang sangat lengkap dengan model hingga motif bangunannya yang sama persis.

Rumah adat khas Batak ini sudah dibangun di Jerman sejak tahun 1978 dan merupakan bentuk inisiasi dari seorang agamawan yaitu Pastor Matthus. Kamu bisa langsung mengunjungi rumah adat Batak ini karena dijadikan sebagai sebuah museum yang berada di kawasan kota Waperloh sebagai bagian dari Niedersachsen Jerman.

4. Rumah Joglo Khas Yogjakarta di Slovenia

Bangunan tradisional Indonesia di luar negeri lainnya masih di kawasan berilah Eropa yaitu kamu akan menemukan rumah adat Yogyakarta yang diberikan nama rumah joglo ketika datang ke Slovenia. Untuk bentuk bangunannya ini berbeda dari konsep bangunan tradisional Indonesia yang sebelumnya.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Model dari rumah joglo yang mengusung rumah tradisional khas Yogyakarta ini merupakan sebuah sumbangan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kehadiran dari rumah joglo yang saat ini sudah berdiri di Slovenia sejak tahun 2013 tepatnya di Kebun Raya Arboreum Slovenia.

5. Rumah Adat Woloan Tomohon di Dubai

Siapa sangka ternyata bangunan tradisional Indonesia di luar ini negeri ini cukup banyak yang dibuktikan dengan adanya para pengrajin rumah panggung di kelurahan Woloan, kota Tomohon Sulawesi Utara. Hadirnya rumah panggung khas dari Tomohon ini ternyata juga dipesan oleh berbagai negara seperti halnya Dubai, uni emirat Arab hingga beberapa negara lain yang ada di kawasan Asia tenggara.

Sejak dulu adanya rumah panggung khas Minahasa ini memang telah dianggap menjadi sebuah produk unggulan di dunia industri dengan pusat untuk pembuatan produksinya di wilayah kelurahan Woloan, Tomohon. Bahkan sekarang ini untuk produk dari rumah panggung yang dibuat dengan konsep khas Minahasa ini sudah mencapai ekspornya ke benua Eropa.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Konstruksi
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan
Bisnis Jasa Bodyguard

Keunikan Arsitektur Pada Tradisional Indonesia

Keunikan dari arsitektur yang dihadirkan oleh konsep tradisional Indonesia ini memang mempunyai nilai budaya yang sangat tinggi karena bisa tampil dengan mengusung balutan seni bangunan hingga filosofi secara adat yang sangat mengagumkan hingga membuat masyarakat internasional tertarik untuk melihatnya. Seperti halnya kehadiran dari rumah adat yaitu rumah panggung yang berasal dari bahan kayu ini merupakan ciri khas bangunan tradisional yang ada di Sulawesi dan sampai saat ini memberikan daya tariknya sendiri khususnya pada Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja bersama ikatan arsitek Indonesia, bahwasanya Sulawesi Selatan menyelenggarakan seminar untuk mengenalkan rumah adatnya.

Hal ini tentunya membuktikan bahwasanya keberadaan dari rumah tradisional memiliki potensial yang sangat besar dan banyak dikagumi mulai dari bentuk hingga konstruksi yang dihadirkan memberikan inspirasi menarik untuk membuat desain bangunan baru. Sehingga tidak heran banyak pegiat yang mengharapkan bahwasanya rumah panggung khas dari Sulawesi ini harus tetap dilestarikan yang nantinya bisa menjadi bukti sejarah bahwasanya orang Sulawesi sudah kenal dengan budaya arsitektur dari kehadiran rumah adatnya itu.

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa keunikan dari bangunan tradisional Indonesia di luar negeri yang bisa dilihat dan memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat internasional. Hal ini membuktikan bahwasanya bangunan tradisional yang ada di Indonesia memiliki nilai sejarah dengan filosofi unik yang memberikan nilai berbeda untuk masyarakat internasional.

Instagram