Produk Pinjaman Pegadaian Syariah dengan Biaya Pemeliharaan Jaminan

Sekarang ini produk keuangan syariah sudah menjamur di Indonesia salah satunya pinjaman pegadaian syariah. Pegadaian sebagai lembaga keuangan BUMN dengan penawaran produk syariah bagi nasabah yang tidak ingin berhubungan dengan riba.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan

Dengan mengusung basis syariah ini, Pegadaian menyediakan berbagai macam produk dengan penawaran pengajuan pinjaman yang sangat mudah. Dengan demikian besar kemungkinan nasabah bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu cepat.

Produk pinjaman Pegadaian Syariah

Produk pinjaman Pegadaian Syariah

 

Bagi Anda yang merasa tidak nyaman dengan pinjaman syariah online maka bisa memilih produk Pegadaian syariah. Inilah beberapa produk pinjaman yang disediakan oleh Pegadaian Syariah untuk nasabah:

1. Amanah

Produk pinjaman syariah yang telah dihadirkan oleh Pegadaian ini berupa cicilan kendaraan. Plafon untuk pinjaman yang ditawarkan minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 45 juta dalam jangka waktu pinjaman 12 sampai 60 bulan.

Dengan menggunakan Amanah maka nasabh akan dikenakan biaya admin atau mu’nah akad sebanyak Rp 70 ribu untuk motor dan Rp 200 ribu untuk mobil. Pegadaian Syariah tidak menetapkan aturan bunga seperti pinjaman Pegadaian secara konvensional akan tetapi ada biaya pemeliharaan barang sebesar Rp 0.9 persen x harga kendaraan.

2. Rahn

Rahn merupakan produk pinjaman Pegadaian Syariah yang terbentuk untuk melakukan pembiayaan gadai emas seperti halnya perhiasan dan emas batangan yang dapat dijadikan sebagai angunan. Pinjaman yang dapat dilakukan mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 1 miliar ke atas dengan waktu pinjamannya 4 bulan namun bisa diperpanjang.

Cara pembayaran untuk produk pinjaman Rahn sesuai dengan kemampuan dari nasabah, bisa langsung dilunasi, dicicil ataupun melakukan perpanjangan dengan membayarkan biaya pemeliharaannya saja. Selain itu pinjaman tidak ada bunga, akan tetapi nasabah dapat dikenakan biaya mun’ah sebanyak Rp 2 ribu hingga Rp 120 ribu.

3. Arrum Emas

Produk pinjaman syariah yang ditawarkan oleh Pegadaian lainnya adalah Arrum Emas yang terbebas dari unsur riba. Arrum Emas ini merupakan salah satu produk Pegadaian Syariah untuk pinjaman uang tunai dengan menggunakan jaminan perhiasan baik itu emas ataupun berlian.

Dalam memilih produk pinjaman ini maka nasabah akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 70 ribu. Selain itu untuk biaya munah atau perawatan 0.95 persen per bulan dari nilai taksiranya barang yang digunakan sebagai jaminan dengan menawarkan plafon 95 persen dari taksiran.

4. Arum BPKB

Arum BPKB merupakan jenis produk pinjaman Pegadaian Syariah guna melakukan pengembangan UMKM dengan menggunakan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Pembiayaan jenis pinjaman ini memiliki jangka waktu cukup fleksibel mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 14 bulan.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Dengan demikian nasabah harus menjaikan BPKB kendaraan bermotornya sebagai barang jaminan untuk pinjaman pada plafon Rp 1 juta hingga Rp 400 juta. Biaya mun’ah yang telah ditetapkan sebanyak 1 persen dari pinjaman yang diajukan, namun untuk pinjaman di atas Rp 100 juta tidak dikenakan mun’ah akad.

5. Arrum haji

Pegadaian Syariah menyediakan pinjaman yang digunakan untuk melakukan pembiayan porsi haji dengan kegunaannya mendapatkan porsi nomor antrian ibadah haji sistem syariah. Jaminan yang digunakan untuk jenis pinjaman ini adalah emas.

Biaya admin pinjaman sebesar Rp 270 ribu dengan jumlah pengajuan minimal Rp 1.9 juta dan maksimalnya Rp 25 juta dalam jangka waktu 1 sampai 5 tahun. Tidak hanya biaya admin namun nasabah bisa dikenakan biaya tambahan yang nantinya digunakan untuk melakukan pemeliharaan pada barang jaminan di Pegadaian.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

6. Rahn Flexi

Produk pinjaman Pegadaian Syariah lainnya adalah Rahn Flexi yang dapat memberikan pinjaman dana dengan menggunakan jaminan berupa barang. Dalam hal ini barang yang dijaminkan adalah barang bergerak seperti halnya emas batangan, perhiasan, elektronik, dan juga kendaraan.

Pegadaian Syariah tidak menggunakan sistem bunga pada pinjaman yang ditawarkannya. Akan tetapi Pegadaian menggunakan Mun’ah sebesar Rp 0,1 persen dari nilainya taksiran barang setiap harinya dengan jangka waktu pinjaman 5 hari sampai 60 hari.

7. Rahn Hasan

Rahn Hassan adalah jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah dengan tarif mun’ah. Besaran tarif yang dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan sebesar 0 persen.

Menariknya Pegadaian Syariah pada produk ini menawarkan jangka waktu atau masa tenornya 60 hari dan hal ini berlaku untuk besaran marhun bih pada golongan A. Sementara itu untuk jaminan yang digunakan berupa emas, kendaraan dan juga perhiasan dengan maksimal marhun bih Rp 500 ribu.

8. Rahn

Rahn bisnis ini juga termasuk produk pinjaman yang ditawarkan oleh pihak Pegadaian dengan sistem syariah. Pinjaman yang ditawarkan untuk memberi dana tunai pada pemilik usaha dengan menggunakan jaminan emas perhiasan ataupun batangan.

Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar dengan jangka waktu pembayaran pinjaman 4 bulan. Mun’ah yang ditetapkan adalah 0.38 sampai 0.55 persen per 10 hari dan akan dikenakan juga pada mun’ah akad sebanyak Rp 100 ribu.

9. Pembiyaan Pegadaian Syariah Gadai Sertifikat

Produk pinjaman di Pegadaian Syariah yang ditawarkan yakni pembiyaan pegadaian gadai sertifikat dengan menggunakan sistem syariah. Pembiayaan dengan basis syariah yang dilakukan ini ditawarkan pada masyarakat dengan penghasilan rutin atau tetap, pengusaha mikro atau kecil, dan juga para petani dengan menggunakan jaminan sertifikat tanah dan HGB.

Plafon pinjaman yang dapat digunakan oleh nasabah mulai dari Rp 1 juta hingga Ro 200 juta dan jangka waktu pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan di awal peminjaman dana. Dengan demikian nasabah bisa memilih pinjaman ini jika tidak ingin berhubungan dengan riba.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait produk pinjaman Pegadaian Syariah dengan menggunakan jaminan dan masa tenor sesuai perjanjian di awal. Pinjaman yang ditawarkan sangat cocok bagi Anda yang tidak mau ikut campur dalam unsur riba.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 2 Maret 2024