Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan

Bagaimana cara mengatur gaji 2 juta per bulan? Saat bekerja yang akan dicari adalah gaji, namun bagaimana jika gaji dalam satu bulan yang didapatnya hanya 2 juta? Secara otomatis mau tidak mau kamu harus bisa mengatur gaji dengan baik agar dialokasikan pada pos anggaran yang tepat.

Cara mengatur gaji 2 juta menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kamu agar bisa menghemat uang namun tetap menabung. Meskipun terlihat begitu sulit namun dengan perencaan yang matang maka pengelolaan keuangan kamu akan berjalan tanpa ada kendala.

Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan

Cara Mengatur Gaji 2 Juta untuk Satu Bulan

Mengelola keuangan sebenarnya tidak sulit jika kamu sudah menentukan anggaran pengeluarannya. Selain itu kamu juga harus berpatok pada anggaran dan jangan melebihinya agar gaji tetap terkelola dengan baik.

Inilah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatur gaji 2 juta:

1. Menerapkan aturan pengelolaan keuangan 50/30/20

Cara mudah yang dapat kamu terapkan yakni dengan menggunakan aturan 50/30/20 untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari. Aturan itu bisa membantu kamu dalam mengalokasikan gaji yang sudah diterimanya.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji Harian untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari
Tips Mengatur Gaji UMR untuk Mulai Menabung dan Berinvestasi

Contoh untuk penerapan aturan saat kamu mendapatkan gaji 2 juta setiap bulannya yakni 50 persen digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap hari seperti halnya makanan, tagihan bulanan, cicilan dan kebutuhan lain. 30 persen kamu gunakan untuk kebutuhan tidak tetap ataupun kebutuhan sekunder dan 20 persen bisa kamu sisihkan untuk ditabung atau pelunasan hutang yang belum lunas.

2. Membuat laporan keuangan dengan rinci

Cara mengatur gaji dengan pendapatan 2 juta per bulan bisa dengan membuat laporan keuangan. Isi dari laporan keuangan ini yakni pendapatan atau pemasukan pada setiap bulannya dan pengeluaran yang kamu gunakan selama 1 bulan.

Akan lebih baik lagi jika kami membuat laporan keuangan tersebut dengan rapi dengan membuta kategori pengeluaran untuk setiap bulannya. Laporan keuangan tersebut bisa membantu kamu untuk mengatur pengeluaran dari pendapatan 2 juta dan pastikan menulis setiap pengeluaran.

3. Membayar tagihan secara otomatis

Kamu dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membayarkan tagihan bulanan dengan sistem otomatis agar terhindar dari keterlambatan. Jika tagihan yang kamu dibayarkan tepat waktu maka tidak ada terkena resiko denda sehingga pendapatan bulanan tetap aman dan tidak terganggu.

Cara yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu jika tidak mempunyai waktu luang. Terlebih dalam membuat perencanaan keuangan dengan jelas dan rinci dan kesulitan dalam memulai kebiasaan menabung.

4. Menghilangkan pengeluaran dalam jumlah kecil

Ketika kamu membuat anggaran maka sangat penting untuk bisa menghilangkan pengeluaran dalam jumlah kecil. Seperti halnya langganan TV kabel padahal jarang sekali digunakan ataupun langganan koran namun tidak pernah membacanya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Hal-hal kecil seperti itu sebaiknya dipangkas dan kamu bisa berhenti berlangganan untuk meminimalisir pengeluaran tidak penting. Bahkan akan lebih baik jika kamu mengalokasikan untuk memenuhi rekening tabungan yang mana dari waktu ke waktu akan menjadi lebih banyak.

5. Menggunakan metode anggaran 80/20 untuk mengatur gaji

Selain kamu juga bisa menggunakan aturan anggaran 50/30/20 juga bisa memilih untuk aturan 80/20. Sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja untuk aturan yang ini kamu bisa mengalokasikan dana 20 persen dari pendapatan gaji agar ditabung di rekening dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan.

Cara yang satu ini sangat tepat untuk kamu yang tidak terlalu suka membuat sistem laporan keuangan atau melakukan penyusunan anggaran. Sehingga bisa membuat lebih disiplin dalam menabung demi kepentingan masa depan dan kebutuhan darurat nantinya.

6. Mencatat setiap pengeluaran untuk dilakukan evaluasi

Dengan kamu membuat anggaran saja tidak akan cukup jika belum membuat catatan pengeluaran. Penting bagi kamu mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan agar terkontrol dengan baik dan tidak melebihi rencana anggaran.

Jika pengeluaran yang dilakukan sudah mendekati rencana anggaran maka bisa mulai untuk membatasinya agar lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Kamu dapat melakukan pencatatan ini dengan menggunakan aplikasi pencatat keuangan di smartphone yang digunakan.

7. Mengikuti pola hidup sehat

Cara lain untuk mengatur gaji agar tetap hemat yakni tidak membeli makanan secara sembarangan dan menjaga kesehatan diri agar terhindar dari penyakit. Penyakit bisa datang dari mana saja dan kapan saja dan penyembuhannya membutuhkan dana yang tidak sedikit dan pastinya akan mengacaukan keuangan bulanan.

Jika kamu mau menjalani hidup sehat maka hal seperti itu bisa dihindari. Selain itu tidak akan mengganggu rencana anggaran pengeluaran kamu untuk berobat.

8. Membuat skala prioritas

Ketika kamu mendapatkan gaji maka harus mempunyai skala prioritas yang mana tidak membuat kamu menghamburkan uang di awal bulan. Kamu harus menentukan kebutuhan wajib terlebih dahulu yang dipenuhi barulah kebutuhan sekunder lainnya.

Persentase untuk pembagian gaji agar kebutuhan pokok bisa terpenuhi pada sekitar 50 persen. Hal yang sifatnya konsumtif harus berada pada daftar paling bawah dan kamu bisa memenuhinya jika kebutuhan pokok sudah tercukupi dengan baik.

9. Menyisihkan gaji untuk ditabung

Mengatur gaji yang lainnya yakni dengan menabung secara rutin setelah menerima gaji. Cara yang dapat kamu gunakan yakni dengan memotong gaji pada tabungan dan usahakan tidak mengambil uang tabungan jika tidak darurat.

Selain itu menyisihkan beberapa nominal secara teratur untuk ditabung, dengan melakukannya secara konsisten maka uang akan semakin banyak. Cara lainnya untuk menabung yakni mengumpulkan uang receh setelah belanja, meskipun nominalnya terlihat sepele namun jika dilakukan secara terus menerus hasilnya juga sangat lumayan.

10. Menyediakan rekening khusus

Untuk kamu yang ingin mengelola keuangan dan tetap mempunyai tabungan meskipun dengan gaji 2 juta. Cara lainnya yakni dengan menyediakan rekening untuk menabung secara khusus dan jangan kamu campur dengan rekening melakukan transaksi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran tentang cara untuk mengatur gaji 2 juta agar cukup memenuhi kebutuhan. Dahulukan kebutuhan pokok ketimbang keinginan yang tidak penting.

Instagram