mengatur gaji umr

Bagaimana mengatur gaji UMR yang benar? Mempunyai gaji UMR menjadi masalah bagi kebanyakan orang untuk memulai kegiatan investasi ataupun menabung. Maka dari itu mengatur gaji menjadi salah satu yang sangat penting untuk dilakukan kamu sebagai pekerja.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan
Cara Mengatur Gaji Harian untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari
Tips Mengatur Gaji UMR untuk Mulai Menabung dan Berinvestasi

Menabung atau investasi juga menjadi hal penting guna mempersiapkan keuangan untuk masa depan. Untuk itu berapapun gaji yang kamu dapatkan harus bisa kamu alokasikan dengan baik agar lebih sehat secara finansial.

Tips Mengatur Gaji UMR Bulanan

Mengatur keuangan yang berasal dari gaji UMR sebenarnya bukan suatu masalah sulit. Namun tergantung bagaimana kamu mempertimbangkan dan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Inilah beberapa tips untuk kamu pekerja dengan mengatur gaji UMR agar tetap bisa menabung atau berinvestasi:

1. Menghitung jumlah penghasilan

Penghasilan merupakan uang total yang bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber seperti profit, gaji bulanan, bisnis sampingan ataupun aset kegiatan investasi. Jika kamu mempunyai gaji bulanan dari pekerjaan utama yang dilakukan sebanyak 3 juta dan pendapatan pekerjaan paruh waktu 1 juta maka total hasilnya 4 juta.

Setelah kamu mengetahui jumlah dari penghasilan setiap bulannya maka hanya perlu memperkirakan anggaran untuk belanja. Kamu harus bisa mengatur agar keuangan bisa untuk mencukupi kebutuhan setiap hari dan ditabung.

2. Mengatur Gaji dengan menghitung jumlah pengeluaran

Dengan kamu menentukan pengeluaran utama untuk setiap bulan maka bisa menghitung pengeluaran kebutuhan primer di antaranya kebutuhan sewa, tagihan listrik, makan, internet dan lainnya. Kamu bisa membuat daftar pengeluaran yang disesuaikan dengan kebutuhan sekunder dan tersier untuk belanja atau yang lainnya.

Jika kamu setiap bulannya juga mengirimkan uang untuk orang tua maka juga perlu dicatat. Setelahnya dapat diketahui seberapa banyak pengeluaran dan dapat ditulis jumlah alokasi dana pada setiap kebutuhan.

3. Konsisten untuk menabung dan berinvestasi

Setelah menghitung semua pendapatan dan pengeluaran pada setiap bulannya untuk kebutuhan primer. Kamu juga bisa menambahkan pengeluaran itu untuk digunakan menabung dan melakukan kegiatan investasi.

Mungkin kamu selama ini mengesampingkan untuk kegiatan ini karena merasa gaji yang didapatkan tidak cukup. Akan tetapi kamu harus mengubah pola pikir bahwa dengan menabung secara rutin bisa meningkatkan taraf hidup untuk masa depan.

4. Membuat anggaran keuangan secara rasional

Dalam mengatur gaji agar UMR agar bisa dialokasikan dengan baik yakni dengan menyusun daftar pengeluaran untuk setiap bulannya. Kamu harus menyusun dan menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran secara seimbang.

Pastikan jumlah untuk pengeluarannya sama atau bahkan bisa kurang dari pendapatan setiap bulan. Jika pengeluaran yang kamu butuhkan lebih besar maka perlu menggunakan cara agar bisa tetap sesuai.

5. Melakukan pencatatan pengeluaran setiap bulan

Setelah kamu sudah membuat anggaran setiap bulan maka hanya perlu untuk merealisasikan budget. Selain itu juga perlu disiplin dalam mencatat pengeluaran setiap bulan yang telah kamu lakukan.

Agar setiap proses pencatatan menjadi lebih mudah maka bisa memanfaatkan aplikasi pada smartphone untuk mencatat histori keuangan dengan rapi. Hal ini bisa memberikan kemudahan untuk kamu dalam mengontrol pengeluaran supaya sesuai dengan anggaran bulanan yang telah ditetapkan.

6. Mengevaluasi untuk mengatur gaji UMR

Jika telah mempunyai catatan keuangan dengan lengkap maka penting bagi kamu melakukan evaluasi pengeluaran pada setiap bulannya. Evaluasi akan memudahkan kamu dalam mengetahui pengeluaran yang sesuai atau bahkan tidak sesuai pada anggaran bulanan.

Dengan begitu kamu bisa menentukan keputusan agar mengubah anggaran yang mana tidak sesuai. Cara melakukannya dengan mengurangi anggaran pengeluaran yang dianggap kurang penting.

7. Mengevaluasi keuangan

Dalam mengevaluasi keuangan dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa hal yang bisa diperbaiki agar pengeluaran kamu untuk satu bulan menjadi ideal. Selain itu kamu bisa lebih menghemat pengeluaran, jika sudah berhemat namun tetap besar dari pendapatan.

Maka kamu harus mengakalinya untuk cara lain agar pengeluaran tidak membengkak yang membuat keteteran pada dananya.

8. Jangan menunda

Pisahkan langsung saat mendapatkan gaji sebagai bentuk mengatur gaji agar bisa menabung. Tidak hanya menabung, kamu juga bisa berinvestasi saat sudah menerima gaji.

Dengan kamu banyak menunda untuk menabung maka semakin habis gaji bulanan. Sehingga besar kemungkinan kamu tidak akan jadi untuk memulai menabung bahkan ke tahap investasi.

9. Membuat rekening baru

Ketika kamu ingin memulai menabung dan berinvestasi maka harus membuat rekening baru. Kegunaannya untuk memisahkan dana kebutuhan setiap hari dan sebagai dana tabungan.

Dengan begitu uang tabungan tidak akan tercampur bersama uang kebutuhan yang nantinya bisa saja kamu ambil. Selain itu juga anggaplah tidak mempunyai tabungan di dalam rekening tersebut.

10. Menetapkan tujuan keuangan

Saat kamu menerima gaji harus bisa menetapkan tujuan atas keuangan tersebut. Sehingga selalu ingat untuk mewujudkan tujuan untuk berinvestasi dan bisa lebih semangat dalam mengatur gaji.

11. Meminimalisir kegiatan konsumtif

Cara lain yang dapat kamu lakukan dengan membatasi pembelian menurut keinginan saja. Jika kamu menjadi konsumtif dengan mengatur gaji UMR maka akan menyulitkanmu.

Sebaiknya mengurangi tindakan konsumtif dalam melakukan pembelian barang yang tidak mendesak. Hal itu bisa kamu lakukan apabila tidak ingin kondisi keuangan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

12. Menerapkan hidup minimalis

Dengan mengatur gaji UMR yang kamu dapatkan harus dikelola dengan baik agar semua kebutuhan penting bisa tercukupi secara baik. Salah satunya dengan menerapkan hidup minimalis yang sangat efektif karena bisa mengontrol dalam membeli barang tidak sesuai kebutuhan.

Dengan begitu kamu juga harus bisa bertahan dari pendapatan gaji UMR setiap bulan. Mengatur keuangan dengan baik dan terperinci dapat membantu kamu untuk memulai hidup hemat dan bisa digunakan menabung ataupun memulai investasi yang menjanjikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store   350px appstore

Itulah dari beberapa penjabaran mengenai tips dalam mengatur gaji UMR. Setelah kamu mempelajari tips di atas maka mudah bagi kamu untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik.