Tips Mengatur Gaji Bulanan Sangat Mudah untuk Kebutuhan Masa Depan

Bagaimana cara mengatur gaji bulanan? Hampir setiap orang menginginkan untuk mempunyai tabungan yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan masa depan. Tidak jarang dari orang-orang tersebut mengatur gaji agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun sebagai seseorang yang sudah berumah tangga juga mempunyai kebutuhan untuk sekarang ini dan kemungkinan besarnya uang bisa terambil dalam jangka waktu pendek. Maka pentingnya tips mengatur gaji bulanan secara tepat dan bisa digunakan untuk menabung.

Tips Mengatur Gaji Bulanan Sangat Mudah untuk Kebutuhan Masa Depan

Tips Mengatur Gaji Bulanan dengan Mudah

Mengelola keuangan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan masa depan. Kesadaran menabung untuk masa depan harus dimulai dari sekarang dan meminimalisir terjadinya pemborosan uang.

Baca Juga Artikel Cara Mengelola Gaji Lainnya dari Transfez

Cara Mengelola Gaji 10 Juta untuk Mulai Menabung dan Investasi
Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat
Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga
Cara Mengatur Gaji 2 Juta Agar Cukup untuk Kebutuhan Satu Bulan
Cara Mengatur Gaji Harian untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari
Tips Mengatur Gaji UMR untuk Mulai Menabung dan Berinvestasi

Inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk bisa mengatur gaji bulanan agar tetap bisa mempunyai tabungan.

1. Membuat anggaran pengeluaran sesuai dengan kebutuhan

Membuat daftar pengeluaran untuk setiap bulan seperti halnya kebutuhan sewa, tagihan listrik, tagihan air, makanan, transportasi dan yang lainnya. Kamu bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan sekadar hanya keinginan saja, dengan begitu kamu bisa memperkirakan jumlah uang untuk dikeluarkan.

Kamu juga perlu hati-hati dengan adanya kebiasaan kecil yang menggunakan uang untuk hal tidak penting. Dengan membuat perencanaan pengeluaran terlebih dahulu maka bisa menghemat uang untuk jangka panjang.

2. Menggunakan metode 50-30-20 untuk mengatur gaji bulanan

Cara menggunakan aturan 50-30-20 ini sebagai tips untuk bisa mengatur uang bulanan yang kamu miliki dari pendapatan gaji. Kamu harus memilah gaji menjadi 3 kategori utama yakni 50 persen untuk kebutuhan biaya sehari-hari seperti sewa, tagihan, makan dan yang lainya.

Selain itu untuk yang 30 persen ini dapat kamu gunakan memenuhi keinginan seperti halnya nonton bioskop, jalan-jalan, shopping dan lain sebagainya. Sementara sisanya yakni 20 persen digunakan untuk menabung dalam instrumen keuangan darurat atau bisa dalam bentuk investasi.

3. Jangan suka memamerkannya untuk orang lain

Kebanyakan orang menghabiskan uang ini hanya untuk kepentingan pamer saja. Mulai dari membeli mobil mewah ataupun pakaian bermerk dan sebagian besarnya pembelian itu atas dasar agar membuat orang lain terkesan bukan benar-benar untuk menikmatinya.

Dengan begitu kamu bisa membeli barang sesuai kebutuhan atau yang memang kamu inginkan. Sehingga tidak membuang uang untuk hal yang tidak penting seperti hanya memamerkan kepada orang lain agar terkesan.

4. Bijaksana dalam membeli suatu hal

Jangan melakukan pembelian barang secara impulsif yang memang kedengarannya sangat mudah untuk dilakukan seperti adanya diskon, promo, cuci gudang dan lainnya. Menghindari pembelian secara impulsif merupakan tips ampuh untuk kamu bisa mengatur gaji bulanan.

Sebelum memutuskan untuk membeli maka pikirkan dengan baik dan matang apakah nilai dan harganya sebanding. Sehingga kamu bisa menjadi pembeli yang bijaksana melihat sisi worth it atau tidaknya sebuah barang.

5. Mempunyai dana darurat

Dalam mengatur keuangan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menyisihkan dana darurat. Pada prinsipnya mempunyai dana darurat yang cukup bisa memenuhi kebutuhan untuk 3 hingga 6 bulan ke depan.

Hal seperti ini guna meminimalisir terjadinya kehilangan gaji atau situasi lain yang tidak dapat diprediksi ke depannya. Cara menabung untuk dana darurat ini dengan menyisihkan sebagian dari uang gaji ke rekening darurat.

6. Mempunyai asuransi masa depan

Poin penting yang tidak boleh kamu lewatkan yakni mempunyai asuransi, sebab bisa melindungi kamu dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai kamu jatuh sakit dan semua uang hasil kerja keras habis untuk biaya pengobatan yang cukup besar.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Karena itu asuransi menjadi suatu hal yang penting untuk dimiliki untuk mengatur gaji bulanan dan menyisihkannya guna membayar premi asuransi dan mampu melindungi penghasilan. Namun penting juga bagi kamu untuk menemukan asuransi yang sesuai dengan pendapatan serta kebutuhan akan masa depan dan memberikan ketenangan pada pikiran.

7. Menetapkan tujuan keuangan untuk jangka panjang

Bagian dari cara mengatur gaji yakni difokuskan juga untuk kepentingan jangka panjang seperti halnya membeli rumah, pendidikan anak, tujuan pensiun saat masa tua. Tujuan keuangan bisa membantu untuk mengingatkan kamu bahwa ini menjadi jalan yang benar dalam meningkatkan kekayaan seiring berjalannya waktu.

Kamu bisa mengalokasikan sebagian dari gaji itu untuk sebuah tujuan yang sangat jelas. Salah satunya dengan belajar dan menambahkan keahlian yang mana bisa berpotensi besar meningkatkan penghasilan untuk masa depan.

8. Mengalokasikan gaji untuk kegiatan investasi

Selain gaji bisa ditabung di rekening, kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan kegiatan investasi yang justru uang bisa bertambah dan berkembang dari waktu ke waktu. Caranya dengan menginvestasikan uang dari gaji pada instrumen yang tepat antara lain reksa dana, saham, obligasi, pasar uang, emas, logam mulia, atau bahkan jika tabungan banyak bisa membeli tanah.

Memilih instrumen yang tepat dengan mempertimbangkan profit keuntungan dan juga resiko dalam berinvestasi. Sebab tidak ada investasi yang hanya menghasilkan keuntungan besar saja, namun kamu juga pasti akan mendapatkan resiko dari kegiatan tersebut.

9. Menggunakan kartu kredit dengan tepat

Kartu kredit memang tidak sepenuhnya buruk dalam hal keuangan, terdapat banyak manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit seperti halnya diskon, promo, cashback, dll. Namun kamu harus mengetahui cara kerja dari kartu kredit, yakni kemampuan kamu dalam melunasi hutang pada akhir bulan.

Jika kamu bisa melunasi saldo kartu kredit pada setiap bulannya maka tidak dikenakan biaya bunga dan sebenarnya memang sama dengan pembayaran tunai. Akan tetapi jika kamu tidak bisa membayarkan hutang pada akhir bulan maka akan timbul beban yang justru menguras gaji kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah tadi penjabaran tentang cara mengatur gaji bulanan agar tetap bisa menabung. Menyisihkan uang bulanan untuk menabung bisa memenuhi kebutuhan masa depan atau kondisi darurat.

Instagram