Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga

Mengelola penghasilan agar bisa mencukupi kebutuhan setiap hari memang menjadi suatu hal yang sangat penting. Terlebih dengan mengelola gaji 3 juta untuk 1 bulan bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Namun jika sudah terbiasa melakukan maka mengelola keuangan bisa menjadi lebih teratur dengan pos-pos anggarannya masing-masing. Tujuan untuk membaginya pada pos anggaran yakni agar semua kebutuhan untuk satu bulan bisa terpenuhi dengan baik.

Cara Mengelola Gaji 3 Juta untuk 1 Bulan

Cara Mengelola Penghasilan Gaji 3 Juta pada Kehidupan Rumah Tangga

Kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengatur gaji yang sudah didapat dalam kebutuhan 1 bulan. Atur sebagaimana mestinya agar tidak timbul masalah keuangan pada keluarga khususnya bagi kamu yang sudah berumah tangga:

1. Menghindari hutang

Mengajukan pinjaman memang menjadi salah satu andalan jika sedang kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan. Akan tetapi keberanian untuk berhutang ini tentunya mendapatkan resiko yang cukup tinggi yakni harus membayar cicilan pada setiap bulannya.

Jika kamu tidak mampu menyetorkan cicilan maka sudah pasti bunga akan menumpuk yang justru mengacaukan keuangan kamu. Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk kamu berutang jika mempunyai penghasilan yang minim.

2. Mencoba investasi selain menabung

Menabung tidak dilakukan pada setiap akhir bulan atau hanya ketika ada uang saja. Namun kamu harus mewajibkan untuk menabung secara rutin agar kelak bisa berguna memenuhi kebutuhan di masa depan.

Setelah kamu gajian langsung sisihkan uang 5 hingga 10 persen untuk ditabung dan lakukan secara rutin setiap bulan. Selain kamu bisa memilih untuk menabung, cara lain mengelola gaji dengan melakukan investasi setiap bulan dan kamu bisa mengikuti instrumen yang menawarkan modal tidak banyak.

3. Belanja kebutuhan saat ada promo

Banyak yang bilang belanja promo ini sangat membuat boros dan kantong jebol karena akan tergiur untuk membeli semua barang. Hal itu memang benar namun dengan harga promo maka harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah daripada harga normal.

Namun tetap perhatikan pembelian barang sesuai dengan kebutuhan saja dan kamu harus bisa memilih produk yang berkualitas. Dengan promo pastikan kamu juga mempunyai anggaran pengeluaran dan mengelola gaji secara baik agar tidak kebablasan membeli banyak macam.

4. Memberikan pengertian ke orang tua mengenai pendapatan setiap bulan

Berbakti pada orang tua memang menjadi hal yang sangat penting namun bagaimana lagi jika pendapatan sangat terbatas. Maka dengan begitu kamu bisa memberikan pengertian jika pendapatan kamu sangat minim untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Sampaikanlah dengan jujur secara apa adanya agar orang tua mengerti dengan kondisi keuangan kamu. Nanti jika kamu mempunyai penghasilan yang lebih bisa memberikannya lagi kepada orang tua.

5. Mencoba untuk mencari penghasilan tambahan

Dengan gaji yang stuck 3 juta memang bukan keinginan oleh banyak orang, maka terkadang di tempat kerja mengajukan kenaikan gaji yang lebih. Akan tetapi jika hal itu ternyata gagal dan ditolak oleh atasan maka kamu harus bisa mencari solusi yang lain agar kebutuhan setiap hari tercukupi dengan baik.

Cara lainnya yakni dengan mencari pekerjaan sampingan seperti halnya freelancer atau membuka usaha kecil di rumah. Dengan begitu setidaknya penghasilan kamu bisa bertambah dari waktu ke waktu.

6. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Dalam mengelola gaji yang paling penting bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari penghasilan setiap bulannya. Perhatikan semua kebutuhan dalam rumah tangga dari hal kecil dan paling besar.

Alokasikan dana dengan baik dan merata untuk setiap kebutuhan kamu dan jangan memaksakan mengatur pada nominal yang besar. Dalam membuat anggaran pastikan sudah menyisihkan untuk sebagian ditabung.

7. Menyisihkan tabungan di awal bulan

Saat menerima gaji maka segera sisihkan gaji tersebut untuk di tabung pada awal bulan dan hindari menabung di akhir bulan. Hal seperti ini dilakukan agar uang untuk memenuhi kebutuhan setiap hari tidak sampai memangkas uang tabungan.

Jika tabungan tidak menjadi prioritas bagi kamu maka sudah pasti keuangan kamu ke depan akan menipis. Sehingga penting bagi kamu menyisihkan dana tabungan untuk tabungan guna dan darurat yang tidak terduga.

8. Membuat dua rekening pada bank berbeda untuk mengelola gaji

Cara menabung yang paling tepat agar tidak sering diambil yakni dengan membuat 2 rekening pada bank berbeda. Rekening pertama dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi selain menabung.

Sementara itu pada rekening kedua digunakan sebagai rekening tabungan dan alangkah baiknya kamu memilih bank yang mempunyai biaya administrasi rendah. Selain itu mencari bank yang tidak mempunyai ATM agar dana di rekening tabungan tidak sering diambil dengan cara mudah.

9. Melakukan pencatatan kebutuhan

Saat kamu menerima gaji bulanan maka kamu bisa mencatat semua kebutuhan yang dibutuhkan dalam satu bulan. Prioritaskan kebutuhan utama atau primer sebelum kamu menggunakan dana untuk kebutuhan sekunder.

Dari pencatatan yang kamu lakukan tersebut, usahakan untuk tidak melebihi dana penghasilan setiap bulan. Kamu harus membuat rencana anggaran tersebut dengan jumlah yang kurang dari penghasilan agar tercukupi semua kebutuhan.

10. Melakukan penghematan dana

Mengelola gaji 3 juta yang lainnya yakni melakukan penghematan dan tidak menggunakan dana untuk kebutuhan kurang penting. Jika ada uang lebih sebaiknya digunakan untuk mengisi rekening tabungan yang nantinya bisa kamu gunakan di masa depan.

Melakukan penghematan ini bisa dari berbagai faktor seperti mengurangi perilaku konsumtif, jalan-jalan dan lainnya. Dengan demikian kondisi keuangan kamu bisa stabil dan tidak terganggu sampai akhir bulan.

11. Menggunakan metode khusus 50/30/20

Aturan yang sudah umum diketahui banyak orang ini dengan menyisihkan dana 50 persen untuk kebutuhan pokok atau primer. Selain itu untuk dana gaji 30 persen lainnya digunakan menabung ke rekening tabungan agar punya dana simpanan dalam pemenuhan kebutuhan darurat nantinya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Sementara itu 20 persen dari hasil gaji untuk hiburan kamu. Pengelolaan secara baik tidak membuat kamu keteteran.

Demikianlah uraian mengenai cara mengelola gaji yang didapatkan sebanyak 3 juta setiap bulan. Dengan menggunakan cara di atas maka pengelolaan gaji kamu akan cukup.

Instagram