Menggadaikan sertifikat rumah merupakan salah satu alternatif yang dapat kamu tempuh jika memang sedang membutuhkan uang. Cara gadai sertifikat rumah di Pegadaian tidak begitu sulit jika sudah mengetahui prosedurnya.

Cara ini sangat efektif sebab pihak bank ataupun lembaga lainnya menjadikan properti itu sebagai jaminan untuk dipertimbangkan sebelumnya. Properti mempunyai nilai yang terbilang cukup mahal serta banyak dibutuhkan.

Apa itu Gadai Sertifikat Rumah

Gadai sertifikat rumah merupakan kegiatan untuk menjadikan sertifikat rumah sebagai bahan jaminan pada lembaga tertentu agar bisa mendapatkan pinjaman. Pinjaman yang menggunakan sertifikat rumah sangat banyak di minati oleh kalangan masyarakat dan jauh lebih mudah untuk mendapat persetujuan sehingga dana tersebut bisa cair lebih cepat.

Baca Juga: Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Keberadaan sertifikat rumah sendiri merupakan salah satu bentuk dari jaminan yang sangat kuat jika dibandingkan emas atau barang lainnya. Karenanya sertifikat rumah mempunyai nilai stabil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Berbagai Lembaga

Pada umumnya terdapat dua lembaga yang bisa digunakan untuk gadai sertifikat rumah yakni di bank dan juga pegadaian. Inilah uraian dari lembaga yang dapat gadai sertifikat rumah:

Gadai sertifikat rumah di bank

Salah satu cara yang sangat umum untuk dilakukan dalam gadai sertifikat rumah di bank dalam bentuk perorangan. Kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman yang memberikan jaminan sertifikat rumah guna mendapatkan kredit dari bank tersebut.

Kredit multiguna akan cair dengan dana 80 sampai 90 persen dari nilainya apprasial rumah dan waktu tenor 1 sampai 10 tahun. Berikut contoh syarat yang harus dilengkapi sesuai dengan ketentuan dari OCBC NISP:

• WNI
• Usia minimal 21 tahun
• Mempunyai penghasilan tetap
• Mempunyai angunan berupa properti dan kondisi pembanguan sudah 100 persen
• Kartu keluarga. KTP, akta nikah hingga akta lahir
• Sertifikat pecahan yang sudah balik nama
• Bukti adanya kwitansi DP
• Formulir KMG
• Keterangan jumlah penghasilan dalam bentuk slip gaji ataupun keterangan penghasilan

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Gadai sertifikat rumah di Pegadaian

Pegadaian dulunya hanya mau menerima jaminan dalam bentuk bergerak, tapi sekarang cara gadai sertifikat rumah di pegadaian bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, pegadaian ini tidak dapat memperoleh kucuran dana dalam jumlah 50 juta lebih dengan waktu tenor 3 hingga 5 tahun saja.

Seperti halnya pengajuan kredit multiguna di bank dengan menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminannya. Inilah beberapa syarat yang dapat diketahui untuk gadai sertifikat rumah di pegadaian:

• Usianya minimal 21 tahun dan maksimalnya 64 tahun
• Fotocopy KK dan KTP
• Fotocopy akta nikah
• Surat keterangan usaha
• Sertifikat tanah asli
• Sertifikat rumah asli
• Bukti pembayaran PBB terakhir
• IMB

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Dengan kamu mengetahui apa saja syarat yang akan dibutuhkan untuk melakukan gadai sertifikat rumah di pegadaian. Maka dengan begitu kamu hanya membutuhkan prosedur untuk gadai sertifikat rumah tersebut.

Berikut langkah yang dapat kamu lakukan untuk gadai sertifikat rumah:

• Datang langsung ke kantor pegadaian terdekat dengan membawa dokumen serta mengisi formulir pengajuan pinjaman sejumlah dana
• Dari pihak pegadaian akan menentukan nilai jual dari rumah yang akan kamu gadaikan tersebut
• Apabila telah disetujui oleh pihak pegadaian maka uang akan cair dalam waktu 1 samapi 5 hari
• Untuk dana tunai dapat diambil ataupun langsung ditransfer melalui rekening pribadi kamu

Resiko Gadai Sertifikat Rumah

Meskipun langkah yang akan dilakukan ini sangat mudah namun banyak sekali resiko dari cara gadai sertifikat rumah di pegadaian. Sebab sistem pinjaman tersebut akan menahan sertifikat rumah selama masa kredit habis.

Jika nanti hutang tidak dapat dibayarkan maka rumah dapat dilakukan penyitaan. Selain itu resiko yang dihadapi yakni suku bunga di pegadaian yang begitu tinggi di atas 10 persen.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Tips Aman Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Dalam melakukan pinjaman yang menjaminkan sertifikat rumah tidak dapat dilakukan secara asal. Maka dengan begitu penting sekali bagi kamu untuk mengetahui tips aman dalam gadai sertifikat rumah agar tidak rugi atau terkena penipuan, simak uraiannya:

1. Nama terdaftar yang ada di sertifikat rumah

Sertifikat rumah yang akan digadaikan di pegadaian maka harus dapat dipastikan bahwa sudah terbukti kepemilikannya. Sebab banyak sekali lembaga keuangan yang melayani berbagai macam jenis sertifikat rumah belum balik nama makanya membuat proses sangat sulit.

Sehingga sangat penting bagi kamu untuk memastikan terlebih dahulu sertifikat yang telah tercantum sudah tepat atau belum. Atau sebelumnya kamu dapat balik nama terlebih dahulu sertifikat rumah tersebut.

2. Memastikan lembaga keuangan terdaftar di OJK

Guna menghindari adanya sindikat penipuan, maka cara gadai sertifikat rumah di pegadaian ini sangat penting bagi kamu untuk memastikan lembaga keuangan telah terdaftar di OJK. Banyak sekali pilihan bank ataupun perusahaan kredit yang telah diawasi oleh OJK dan aman untuk bertransaksi.

3. Melengkapi syarat pengajuan

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman, pastikan telah melengkapi syarat untuk gadai sertifikat rumah tersebut. Mempersiapkan berkas yang diminta oleh lembaga dan dijadikan satu pada map dengan rapi agar tidak tercecer yang membuat dokumen menjadi hilang.

4. Memeriksa status 5C kamu

Untuk mengkaji kecakapan calon debitur maka pihak lembaga keuangan biasanya akan melakukan analisa 5C yakni Capacity, Character, Condition, Capital, Collateral. Hal ini dapat dilakukan guna memastikan bahwasannya pihak dari debitur memang layak untuk diberikan pinjaman tersebut.

Dari pihak bank pastinya tidak akan memberikan pinjaman jika kamu mempunyai hutang yang telah menumpuk. Apabila tidak mempunyai penghasilan secara tetap maka bisa membuat pengajuan kamu menjadi macet, maka penting bagi kamu untuk menguatkan financial jika sedang meminjam kredit.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah uraian mengenai cara gadai sertifikat rumah di pegadaian dengan langkah mudah. Lengkapi persyaratan untuk melancarkan proses persetujuan hingga pencairan dana dari pegadaian.

Instagram