Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Apa saja syarat gadai sertifikat rumah? Jika kamu sedang dalam keadaan terdesak sangat membutuhkan uang, kamu dapat menggadaikan sertifikat rumah kamu di Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan solusi cepat untuk kamu yang sangat membutuhkan dana cepat.

Yang perlu kamu pahami bahwa menggadaikan sertifikat di BPR harus memenuhi persyaratan dari BPR. Semakin tinggi pinjamanan kamu maka semakin besar pula bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan.

Kamu masih bingung bagaimana caranya menggadaikan sertifikat rumah di BPR? Silahkan simak penjelasan dibawah ini ya!

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Syarat Gadai Sertifikat Rumah di BPR

1. Persyarat Untuk Nasabah

Jika kamu ingin menggadaikan sertifikat rumah di BPR dan mengajukan permohonan pinjaman. Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan seperti dibawah ini:

– Minimal berusia 21 tahun
– Maksimal usia 55 tahun untuk karyawan, dan maksimal 60 tahun untuk pekerja profesional dan pengusaha
– Adanya penghasilan tetap setiap bulan
– Dapat mencicil angsuran pinjaman setiap periode dengan jumlah yang sudah ditentukan
– Sudah bekerja minimal dua tahun untuk pegawai

2. Persyaratan Dokumen

Apabila kamu sudah merasa memenuhi persyaratan diatas. Kini saatnya kamu memenuhi persyaratan dokumen untuk mendapatkan pinjaman di BPR.

Berikut dibawah ini adalah persyaratan administrasi gadai sertifikat rumah di BPR yang wajib kamu penuhi:

– F.C nasabah dan suami atau istri
– Kartu keluarga nasabah
– Slip Gaji
– Rekening koran periode tiga bulan terakhir
– Untuk pengusaha lampirkan SIUP, TDP, dan SKU
– Untuk pegawai lampirkan Surat Keterangan Kerja
– F.C SHM, HGB, IMB, dan PBB periode tiga tahun terakhir
– Sertfikat rumah asli yang ingin digadaikan

Keuntungan Gadai Sertifikat Rumah di BPR

Nah, setelah kamu mengetahui persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman di BPR dengan menggadaikan sertifikat rumah. Kamu mungkin masih belum tau apa sih keuntungannya menggadaikan sertifikat rumah di BPR.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Salah satu keuntungannya adalah dapat dijadikan alternatif dan solusi terbaik ketika kamu terdesak dan sangat memerlukan uang dengan jumlah yang cukup besar. Terlebih persyaratan yang diminta juga sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan kamu.

Berikut dibawah ini keuntungan lainnya dari gadai sertifikat rumah di BPR:

1. Bunga Kecil

Meminjam uang di BPR kenyataannya sangat menguntungkan karena bunga pinjaman yang diberikan oleh BPR sangat kecil dibandingkan dengan lembaga bank lainnya. Artinya cicilan yang harus kamu bayarkan juga sangat ringan untuk kamu.

Biasanya BPR menetapkan bunga untuk masa setahun sebesar 9% sampai 12%, dan untuk masa dua tahun besaran bunga 10% sampai 14%, dan untuk masa tiga tahun besaran Bunga hanya 15%.

Bunga pinjaman akan semakin besar apabila kamu meminjamnya dengan jangka waktu pinjaman yang lama. Jadi, jika ingin bunganya ringan kamu bisa mengambil jangka waktu pinjaman di periode satu tahun.

2. Dana Pinjaman Lebih Besar

Keuntungan lainnya meminjam di BPR dengan mengadaikan serfikat rumah yaitu kamu akan mendapatkan jumlah pinjaman yang lebiih besar dibandingkan dengan lembaga bank lainnya. Biasanya kamu akan mendapatkan 80% dari nilai sertfikat rumah unutk dana pinjaman kamu.

Contohnya apabila sertfikat rumah yang kamu gadaikan memiliki nilai jual rumah 500 juta, maka kamu akan mendapatkan dana pinjaman dari BPR yaitu hingga 400 juta.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

3. Rumah Bisa Dihuni

Keuntungan lainnya dari menggadaikan sertifikat rumah di BPR yaitu kamu tetap bisa tinggal dengan nyaman di rumah kamu selama proses peminjaman. Sehingga kamu tetap memiliki tempat tinggal meskipun sertifikat rumahnya sedang kamu gadaikan di BPR.

Tips Agar Dana Pinjaman Cepat Cair Saat Gadai Sertifikat Rumah di BPR

Setelah kamu mengetahui keuntungan apa saja yang akan didapatkan ketika kamu mengabaikan sertifikat rumah di BPR. Kamu pasti tertarik dan ingin segera mengajukan permohonan pinjaman.

Akan tetapi kamu perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini agar dana pinjaman cepat diberikan oleh BPR. Silahkan simak dibawah ini tips agar dana pinjaman cepat cair saat gadai sertifikat rumah di BPR.

1. Lokasi Rumah Strategis/Mumpuni

Tidak semua sertfikat rumah dpat dijadikan kredit dengan agunan, sebab lembaga bank akan melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu kepada rumah yang ingin kamu gadaikan. Salah satu hal penting yang bisanya menjadi penilian pihak bank yaitu adalah lokasi dari rumah yang ingin di gadaikan.

Apabila lokasi rumah berada di lingkungan yang rawan banjir, dan dengan dengan SUTET, dekat dengan pemakaman, atau berada di gang kecil atau simpet kemungkinannya sertfikat rumah yang ingin kamu gadaikan di BPR akan ditolak.

Nah, agar dana kamu cepat cair di BPR kamu harus pastikan bahwa lokasi rumah kamu berada dilokasi yang sangat mumpuni aman dari banjir, dan strategis. Agar proses permohonan pinjaman kamu di BPR berjalan lancar.

2. Cermati Syarat yang Diminta

Tips berikutnya yaitu kamu harus mampu mencermati setiap persyaratan yang diminta,.Jangan sampai ketika kamu mengajukan persyaratan permohonan pinjaman persyaratan yang kamu ajukan masih kurang.

Kelebihan dari bank BPR yaitu akan memberikan kemudahan kepada kamu yang ingin menggadaikan sertifikat rumah. Tim BPR akan menjemput data kelengkapan kamu dan akan memproses pinjaman yang kamu ajukan.

3. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Jangan sampai kamu kalap ketika mengetahui jumlah pinjaman yang besar di BPR sehingga kamu mengajukan jumlah pinjaman lebih dari nominal yang sebenarnya kamu butuhkan.

Karena semakin besar jumlah nominal pinjaman maka jumlah cicilan akan semakin besar dan nantinya akan membebankan kamu sendiri. Jadi, bijaklah dalam menentukan nominal jumlah pinjaman.

4. Komitmen Untuk Melunasi Hutang

Setelah proses pinjaman gadai sertifikat rumah di BPR selesai. Kamu harus mampu berkomitmen untuk melunasi hutang yang kamu miliki, karena yang kamu agunkan adalah sertifikat rumah.

Sebab apabila kamu mangkir dari pembayaran angsuran setiap bulannya rumah tersebut akan disita oleh BPR. Selain itu kamu harus dapat memperhatikan biaya lain seperti biaya appraisal, biaya layanan, dan bunga bank.

Agar setiap bulannya kamu bayar dengan tepat kamu harus mampu memperhitungkan biaya-biaya tersebut untuk membayarkan angsuran cicilan kamu kepada BPR.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah Informasi syarat gadai sertifikat rumah di BPR yang harus kamu ketahui. Jika kamu ingin mengajukan permohonan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di BPR perhatikan beberapa persyaratan seperti pembahasan di atas.

Instagram