apa itu proposal investasi

Dalam dunia bisnis investasi tidak cukup hanya dengan memiliki modal awal dan juga skill, terlebih ke depannya harus memiliki ekspansi bisnis. Untuk mencapai hal tersebut kamu harus bergerak lebih tidak hanya mengumpulkan modal dari bank saja, apalagi ingin memulai namun dana masih kurang.

Salah satu yang dapat kamu lakukan yakni menarik investor dengan cara membuat proposal investasi. Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia bisnis tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan tersebut.

Pengertian Proposal Investasi

Proposal sendiri merupakan suatu rencana yang bentuknya tertulis dengan menganut pada rangkaian sistematis dan terperinci. Selain itu proposal juga sebagai pedoman dan media untuk melakukan tindakan sebuah penawaran.

Proposal dalam penanaman modal adalah bagian dari adanya sebuah proposal usaha dan isinya mengenai rencana sebuah perusahaan secara lengkap dengan penulisan yang jelas dan rinci. Isi dari proposal mulai dari prospek usaha, proses menjalankan usaha, biaya yang diperlukan hingga perhitungan kembalinya modal.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Manfaat dalam membuat proposal untuk bisnis

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis dan ragu untuk mengambil tindakan membuat proposal sebagai bentuk langkah mengembangkan usaha. Berikut inilah beberapa manfaat yang dapat kamu ketahui sebagai bentuk peningkatan kesuksesan dari bisnis:

contoh proposal investasi

Dapat dijadikan sebagai perbandingan

Proposal untuk investasi yang telah kamu buat untuk diajukan kepada investor dapat digunakan sebagai perbandingan bisnis. Hal itu berkaitan dengan perbandingan antara perkiraan bisnis serta keadaan yang tengah terjadi ketika bisnis tersebut sedang kamu jalankan.

Melakukan uji strategi

Proposal bisnis tidak hanya sebagai bahan perbandingan demi kesuksesan usaha yang sedang dikerjakan. Proposal juga bertindak sebagai uji strategi yang sudah dibuat rancangannya oleh pihak lain.

Sebagai strategi bisnis makin matang

Dalam menjalankan bisnis memang dituntut mempunyai strategi yang matang hingga nantinya bisa meraih kesuksesan. Di sinilah peran dari proposal untuk kematangan strategi bisnis sebab pebisnis akan dituntut bisa menjadi peran objektif dan lebih kritis akan suatu hal yang berkaitan dengan bisnisnya.

Perancangan dan perhitungan tingkat keberhasilan

Proposal bisnis yang tengah kamu ajukan kepada investor memuat kelengkapan informasi secara rinci. Di dalam proposal tentunya memuat rancangan serta perhitungan yang menunjukkan tingkat keberhasilan bisnis.

Sebab proposal adalah gambaran perencanaan atau estimasi kemungkinan yang akan dicapai atau tercapai. Sehingga bisa digunakan sebagai prediksi tentang bagaimana sistem pelaksanaannya.

Kejelasan transparansi biaya

Proposal tidak hanya memuat sebuah perencanaan dalam bisnis, namun juga terdapat rincian transparansi dana. Sehingga tidak sulit lagi untuk mengetahui transparansi biaya yang jelas mulai dari dana masuk hingga keluar.

Proposal untuk investasi sebagai gambaran awal

Banyak yang menggunakan proposal sebagai gambaran awal atau acuan dalam melakukan pengelolaan bisnis. Proposal tersebut mempunyai banyak manfaat untuk pemilik hingga investor yang kamu ajukan proposal bisnis tersebut.

Mengindentifikasi kemungkinan resiko

Proposal sebagai bentuk rancangan sebuah bisnis yang dijalankan ini mampu melakukan identifikasi kemungkinan resiko. Tidak hany itu saja, proposal juga dapat berperan sebagai langkah antisipasi dalam meminimalisir terjadinya resiko tersebut.

Kelengkapan informasi potensi pasar

Proposal terdapat rincian secara lengkap mengenai informasi potensi pasar, sehingga kamu tidak perlu bingung harus terjun lagi untuk riset karena sudah tercantum di proposal. Selain itu proposal juga memuat perkiraan market share.

Sebagai peluang kerjasama

Seperti yang telah dibahas di atas, kekurangan dana dalam bisnis tidak hanya cukup untuk mengandalkan bank. Cara lain yang dapat diambil yakni dengan mencari investor dari proposal tersebut.

Sehingga memberikan peluang besar untuk melakukan kerjasama. Baik itu dari kolaborasi bisnis ataupun merger.

Menjadi media komunikasi

Informasi yang lengkap dalam proposal dapat dijadikan sebagai media komunikasi antar bisnis. Proposal berisi kelengkapan hal tentang bisnis yang memuat gagasan, rencana, ide hingga strategi bisnis.

Mendatangkan modal usaha

Hal ini berkaitan dengan proposal yang kamu ajukan kepada investor. Dengan membaca proposal kamu yang jelas dan rinci mampu mendatangkan modal usaha atau biaya tambahan dari investor.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Tips Membuat Proposal untuk Investasi

Membuat bab pendahuluan

Bab pendahuluan ini berisi visi dan misi perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan. Selain itu bagaimana gambaran kamu ke depan agar bisa mencapai tujuan dari usaha.

Membuat profil usaha

Hal yang ditulis pada profil badan usaha ini meliputi jenis usaha, nama usaha dan lokasi usaha. Informasi tersebut penting untuk investor yang digunakan sebagai analisa pasar serta menentukan potensi kesuksesan bisnis tersebut.

Menulis struktur organisasi

Setiap bisnis yang dijalankan pastinya mempunyai struktur organisasi. Struktur pada umumnya memuat pemilik bisnis serta karyawan yang ada di dalamnya.

Menulis informasi produk usaha

Untuk mendapatkan investasi maka penting bagi kamu menuliskan detail dari produk yang kamu buat. Sehingga investor lebih yakin lagi dengan bisnis kamu untuk memberikan kucuran dana.

Membuat target pasar

Target pasar adalah poin yang sangat penting untuk mendapatkan investor. Sebab target pasar merupakan hal yang dipertimbangkan oleh investor agar kucuran dananya tidak terbuang sia-sia.

Pastikan kamu sudah menuliskannya dengan baik dan meyakinkan atas produk bisnis memang mempunyai pasar. Jika tidak maka sulit bagi kamu mendapatkan investor untuk menjalankan bisnis.

Menuliskan bab promosi atau pemasaran

Jelaskan secara detail bagaimana strategi kamu dalam bidang marketing untuk bisnis yang dijalankan. Tuliskan secara lengkap bagaimana promosi yang kamu lakukan sehingga investor bisa menganalisanya.

Membuat laporan keuangan

Keputusan dari investor untuk memberikan bantuan dana berasal dari laporan keuangan usaha kamu. dalam laporan keuangan tuliskan secara rinci dan transparan agar investor mendapatkan informasi dengan jelas.

Membuat bab penutup

Pada bagian penutup kamu harus memilih kalimat yang tepat. Masukkan kata-kata yang mampu meyakinkan investor agar mau bekerjasama dan memberikan dana untuk usaha kamu.

Sertakan lampiran

Pada lampiran berikan kelengkapan biodata pemilik usaha, sertifikat usaha, sertifikat ijin usaha, sertifikat pelatihan hingga surat perjanjian.

Demikianlah beberapa penjabaran tentang proposal untuk investasi yang dapat kamu ketahui. Proposal sangat penting untuk kamu menjalankan usaha.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram