pasar uang antar bank adalah apa lur

Pasar Uang Antar Bank diterangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai kegiatan pinjam meminjam dana jangka pendek antar bank yang dilakukan melalui jaringan komunikasi elektronis.

Pasar Uang Antar bank terjadi karena bank diwajibkan memiliki aset likuid pada jumlah yang mencukupi, contohnya uang tunai yang cukup untuk mengelola nasabah di bank tersebut,

Ketika bank tidak dapat menyanggupi persyaratan likuiditas tersebut. Maka bank harus meminjam uang di pasar antar bank guna menutupi kekurang aset likuiditas tersebut.

Biasanya ada beberapa bank yang memiliki kelebihan aset likuid dari persyaratan yang ditentukan, maka bank tersebut merupakan pihak yang meminjamkan bank di pasar uang antar bank tersebut.

Pengertian Pasar Uang Antar Bank

Pasar uang antar bank diatur oleh Bank Indonesia pada pasal 2 21/55/KEP/DIR/1988. Pada pasal tersebut dijelaskan bahwa dana bank diatur memiliki ketentuan dalam rupiah. Sedangkan jangka waktu peminjaman dana antar bank dikembalikan kepada pengaturan dari bank-bank tersebut.

Pasar Uang antar bank merupakan pelaksanaan pinjam meminjam dana dari bank ke bank lain. Umumnya pinjaman antar bank tersebut memiliki jatuh tempo sekitar satu minggu dan bisa saja kurang, bahkan ada yang menerapkannya dalam satu malam.

Jika jatuh temponya adalah semalam maka pinjaman antar bank tersebut akan diterapkan dengan suku banga antar bank yang disebut dengan tarif semalam.

pasar uang antar bank contohnya apa lur

Pinjam meminjam dana antara bank ini merupakan lalulintas dana antar bank yang dapat dilakukan dalam bentuk simpanan pada bank lainnya.

Tingkat bunga yang dikenakan pada transaksi pasar uang antar bank merupakan suku bunga antar bank yang dasaran pinjaman jangka pendek antar bank. Untuk memenuhi peraturan persyaratan cadangan maka bank akan meminjam dan meminjamkan uang di pasar uang antar bank.

Tingkat bunga pada pasar uang antar bank ini didasarkan dengan ketersedian uang di pasar, tingkat bunga yang berlaku, serta persyaratan kontrak, dan jangka waktu yang ditentukan.

Untuk mengambil posisi spekulatif yang didasarkan penelitian bank menggunakan pasar uang antar bank serta untuk mengelola risiko nilai tukar dan suku bunga bank itu sendiri.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Contoh Pasar Uang Antar Bank

Pasar uang antar bank merupakan bagian dari pasar antar dealer. Pasar antar dealer adalah tempat OTC yang didalamnya terdapat lembaga keuangan untuk bertransaksi beberapa kelas asset antara satu dengan lainnya dengan atas nama klien mereka, biasanya pialang antar-dealer adalah fasilitas yang mereka berikan.

Bank harus mampu membuat harga kepada bank lainnya dan meminta harga, untuk layak dijadikan sebagai pelaku pasar uang antar bank. USD 1 miliar dapat dicapai untuk satu kesepakatan antar bank dalam pasar uang antar bank.

Contohnya adalah Citi Cirop ,  JP morgan Chase di Amerika Serikat, Deutsche Bank di Jerman,  HSBS di Asia, dan beberapa peserta lainnya di pasar uang antar bank, yang diantaranya masuk ke dalam dana yang dilindungi dan perusahaan perdagangan.

Perusahaan pedagang ikut serta dalam pengaturan nilai tukar pada proses transaksi mereka. Sedangkan peserta lain tidak memiliki begitu banyak dampak pada nilai tukar mata uang layaknya bank besar.

Perjanjian netting merupakan penyelesaian untuk mengurangi resiko. Isi dari perjanjian netting adalah memberi syarat berakhirnya transaksi dengan sepasang mata uang yang nilainya sama, diselesaikan pada tanggal yang sama juga dengan sepasang nilai mata uang yang sama.

Dengan ini maka akan mengurangi jumlah uang yang berpindah tangan, dampaknya akan mengurangi resiko dari kedua belah pihak.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Pelaku Pasar uang antar bank

Ada beberapa pelaku atau peserta Pasar Uang Dana Bank yaitu

  • Pelaku Pasar uang antar bank adalah BUS, UUS, Bank Konvensional, Bank Asing.
  • Pada proses transaksi pasar uang dan bank, para pelaku pasar uang antar bank dapat menggunakan perusahaan Transaksi yang dilakukan oleh perusahaan bilang bisa dilakukan dengan baik saat penerbitan instrumen pasar uang antar bank ketika pengalihan ke pemilik atau sebelum jatuh tempo
  • Perusahaan pialang hanya bisa melakukan transaksi di pasar uang antar bank atas nama peserta pasar uang antar bank
  • Peserta Pasar uang antar bank dan perusahaan pilang wajib mengikuti ketentuan transaksi yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Penempatan Pasar Uang Antar Bank

Pasar uang antar bank penyimpanan dananya bisa dalam bentuk-bentuk seperti dibawah ini, yaitu:

  1. Giro,  adalah simpanan dari salah satu produk perbankan baik dari nasabah perorangan maupun badan usaha, yang disimpan dalam uang rupiah atau mata uang asing.
  2. Deposito, adalah simpanan dimana proses pencairan dananya memerlukan jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat yang ditentukan.
  3. Tabungan , adalah simpanan uang di bank yang proses penarikannya hanya bisa dilakukan dengan cara yang memenuhi syarat

Peraturan dari penempatan dana akan diserahkan kembali kepada setiap yang bersangkutan satu sama lain.

Pasar uang antar bank juga berfungsi untuk membuat hubungan antar bank menjadi lebih baik dari sebelumnya. Juga merupakan penegasan bahwa tidak adanya penempatan dana antar bank yang digunakan untuk  keperluan bersama atau konsorsium.

Instrumen Pasar Uang Antar Bank

Instrumen pasar uang antar bank yang dijelaskan di peraturan Bank Indonesia yaitu penerbitan sertifikat deposito oleh bank dan lembaga keuangan bukan bank, persyaratan penerbitan dan commercial paper melalui bank umum di Indonesia, sertifikat perdagangan komoditi yang didasarkan dengan prinsip syariah antar bank, dan sertifikat investasi mudharabah antar bank.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi mengenai pasar uang antar bank. Anda dapat memahaminya secara lebih detail melalui pengertian serta contoh dari pasar uang antar bank.