apa itu kartu gpn?

Kartu GPN merupakan kartu ATM yang memiliki logo burung garuda terbang yang dibawahnya terdapat tulisan GPN, yang merupakan Kartu ATM yang dapat digunakan pada mesin EDC bank manapun di Seluruh Indonesia.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa selama ini kamu adalah pengguna kartu GPN atau kepanjangan adalah Gerabang Pembayaran Nasional. Kartu ini sedang digencarkan oleh pemerintah Indonesia agar seluruh bank menggunakan kartu ini demi menuangkan transaksi pembayaran secara domestic.

Untuk membahas lebih jauh tentang kartu ini. Berikut dibawah ini adalh penjelasan lengkap tentang kartu GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional.

Apa Itu Kartu GPN?

Kartu GPN atau Kartu Gerbang Pembayaran Nasional merupakan sistem yang memiliki fungsi untuk mengintegrasikan transaksi antar bank. Kartu ini sejenis dengan jaringan principal luar negeri seperti VISA, Mastercard, dan Cirrus.

Kartu GPN sudah diuji selama 20 tahun hingga akhirnya diluncurkan pada Mei 2018 dan hingga kini terus disosialisasikan oleh Bank Indonesia dan Bank kepada masyarakat Indonesia agar penggunaan kartu GPN merata.

Jika kartu ATM mu belum memiliki Logo GPN, kamu dapat menukarnya ke bank terdekat dengan membawa identitas diri dan buku tabungan.

cara pakai kartu gpn lur
Photo by Pickawood on Unsplash

Fungsi Kartu GPN

Fungsi utama dari kartu GPN adalah untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non tunai ketika ingin melakukan pembayaran. Para pengguna kartu GSM dapat menggunakan mesin EDC berlogo GPN walaupun mesin EDC tersebut punya dari bank lain, sehingga memudahkan para penggunanya terkhusus masyarakat Indonesia untuk bertransaksi di semua merchant.

Mesin EDC berlogo GPN ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dengan kata lain kartu ini adalah salah satu cara mendorong masyarakat Indonesia untuk meninggalkan kebiasaan membayar dengan uang tunai atau uang kertas, sehingga akhirnya menciptakan sistem perdagangan berbasis elektronik sesuai harapan pemerintah kedepannya.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Keuntungan Menggunakan Kartu GPN

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya tentang keuntungan dari kartu ini. Tentunya kamu akan merasakan keuntungan dengan kehadiran kartu ini, salah satunya adalah memudahkan kamu membayar non tunai dengan menggunakan mesin EDC bank manapun.

Kartu ini juga memiliki teknologi terbaru yang menggunakan chip mirip seperti kartu SIM card ponsel. Chip ini yang terdapat di kartu ini berfungsi untuk membuat kamu lebih aman dari resiko kejahatan seperti pencurian data, skimming, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya dari kartu GPN, yaitu:

Tanpa Biaya Tambahan

Ketika kamu bertransaksi menggunakan kartu GSM ke mesin EDC berlogo GPN walaupun berbeda bank, kamu tidak akan di cash biaya tambahan atau biaya admin antar bank.

Aman dan Terpercaya

Keamanan yang ada di Kartu GPN sudah dijamin oleh Bank Indonesia yang sudah menelitinya lebih dari 20 tahun sebelum peluncuran. Jadi, kamu tidak perlu meragukannya lagi untuk bertransaksi di merchant kartu ini.

Teknologi Chip

Teknologi Chip yang terdapat di kartu ini akan menyimpan informasi pemilik pengugunya, chip pada kartu ini akan meminta 6 digit PIN sebelum penggunanya melakukan transaksi.

Tidak Ada Transaksi Minimum

Keuntungan lainnya dari penggunaan kartu GPN adalah kamu dapat bertanda ski dengan jumlah apapun, tanpa dibatasi jumlah minimum transaksi.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

cara pakai kartu gmn apa manfaatnya lur
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Manfaat Penggunaan Kartu GPN

Selain keuntungan yang akan kamu dapatkan, kamu juga mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan kartu ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari kartu GPN yang akan kamu rasakan.

Perasaan Aman

Kartu GPN akan memberikan banyak kemudahan saat bertransaksi dengan banyak fitur yang sudah terstadarisai secara nasional.

Efisiensi

Biaya yang digunakan saat menggunakan kartu GON adalah biaya peromosesan domestic.

Kemudahan Akses

Kartu GNP sebagai gerbang pembayaran nasional yang resmi, sehingga dapat di proses pada kartu ATM seluruh bank yang terdaftar di Indonesia.

Keamanan Nasional

Resiko perbatasan menjadi lebih kecil, karena data-data yang terdapat pada kartu GPN di proses dalam negeri.

Data & Informasi

Data dan Informasi yang kamu miliki akan dijamin keamanannya oleh penjagaan nasional

Selain manfaat-manfaat tersebut, ada beberapa manfaat yang dapat dibedakan dari penggunanya, yaitu

Manfaat GPN bagi Masyarakat

  1. Aksesibilitas
  2. Nyaman
  3. Efisiensi
  4. Fitur & Layanan Terstandarisasi

Manfaat GPN bagi Merchant

  • Aksesibiliti.
  • Efisiensi
  • Fitur & Layanan Terstandarisasi
  • Peningkatan Bisnis

Beberapa Kekurangan Kartu GPN

Kartu GPN seperti yang sudah dibahas sangat bermanfaat sekali untuk melakukan pembayaran domestic, karena memberikan perasaan aman, serta efisiensi yang lebih baik.

Akan tetapi masih ada kekurangan yang dimiliki Kartu ini yaitu belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi luar ini.

Misalnya kamu mengimpor barang atau membeli barang dari e-commerce luar negeri maka kamu belum bisa membayarnya dengan menggunakan kartu ini. Karena kartu GPN hanya dapat melayani transaksi dalam negeri saja, untuk melakukan transaksi internasional kamu harus menggunakan kartu ATM berlogo principal luar negri.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena kartu ini akan terus dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. Jadi, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti kartu GPN dapat  digunakan untuk melakukan transaksi online.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai kartu GPN, jika kamu belum menggunakan kartu ini segeralah kunjungi bank terdekat untuk menemukan kartu ATM lama mu dengan kartu GPN. Agar transaksi kamu menjadi jauh lebih mudah, dan tentunya lebih efisien.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram