Pengertian Funding, Sistem Kerja, Tujuan dan Metode Menjalankannya

Pada dunia finansial tentunya kamu akan mengenal dengan istilah yang sudah tidak asing lagi yaitu funding dan lending. Kedua dari istilah tersebut mempunyai pengertian yang berbeda sehingga ketika kamu ingin terjun di dunia finansial tentunya harus memahami perbedaan dari keduanya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Funding mempunyai arti pengumpulan dana dan sementara itu lending mempunyai artian menyalurkan dana. Apabila kamu sudah memahami setiap artian dari keduanya maka akan lebih mudah ketika menjalankan sebuah pekerjaan di dunia finansial itu sendiri.

Pengertian Funding, Sistem Kerja, Tujuan dan Metode Menjalankannya

1. Pengertian Funding

Pada umumnya istilah funding ini berasal dari bahasa Inggris yaitu fund yang artinya dana, modal ataupun simpanan sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mengumpulkan dana, model ataupun simpanan oleh lembaga keuangan seperti halnya koperasi, bank dan lain sebagainya. Tempat antara itu dalam artian yang lebih luas sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menghimpun dana yang asalnya dari masyarakat sebagai nasabah dalam bentuk produk finansial.

Produk finansial tersebut diantaranya deposito, obligasi, tabungan, reksadana, giro, asuransi dan lain sebagainya. Dari proses pengumpulan dananya itu nanti bisa membuat nasabah mendapatkan imbal hasil serta jaminan keamanan dari simpanannya, dalam hal ini tentunya jaminan keamanan dari simpanan dana hanya dapat digunakan nasabah melalui lembaga keuangan yang sudah legal dan mendapatkan pengawasan dari otoritas Jasa keuangan.

2. Pengertian Lending

Lending merupakan sebuah kegiatan untuk menyalurkan dan istilahnya ini juga berasal dari bahasa Inggris yaitu lend yang memiliki artian meminjamkan, memberi ataupun menghutangi. Pada umumnya untuk bentuk lending yang ada di dunia perbankan adalah pemberian kredit ataupun pinjaman pada nasabah dan pihak yang memberikan pinjaman tersebut dikenal sebagai kreditur atau lender.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Dari kegiatan untuk meminjamkan sejumlah dana nantinya dari lender akan mendapatkan sebuah keuntungan berupa imbal hasil dan orang yang meminjam dana dikenal dengan sebutan debitur. Apabila kamu ingin menjadi seorang lain dan maka harus memiliki izin dan telah diawasi oleh otoritas jasa keuangan, dengan demikian kamu dapat memilih produk pendanaan sesuai dengan preferensinya mulai dari pendanaan pinjaman, Reksadana for lender serta surat berharga negara ritel.

3. Sistem Kerja Funding dan Lending

Dana yang sebelumnya sudah dikumpulkan dari kegiatan funding yaitu berasal dari uang masyarakat ataupun nasabah yang telah disimpan pada bank ataupun lembaga finansial lain kemudian disalurkan pada debitur melalui aktivitas lending. Dari penyaluran dananya tersebut biasanya dilakukan melalui cara pemberian pinjaman ataupun kredit pada masyarakat yang membutuhkan sesudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Sementara itu untuk bentuk kredit ataupun pinjaman yang ditawarkan bisa berbagai macam tergantung dari kemampuan dari pihak lembaga keuangan yang akan menyalurkan sejumlah dana tersebut. Berikut ini sistem kerja funding dan lending yang dapat kamu ketahui ketika ingin mengajukan sebuah pinjaman atau kredit pada lembaga keuangan:

• Pihak pengelola dana seperti halnya lembaga finansial ataupun bank akan mempertimbangkan serta menilai kelayakan dari pihak calon peminjam sebelum memberikan kredit
• Penerima dari pinjaman tersebut akan dikenakan sejumlah biaya serta bunga dengan besarannya juga tergantung dari kebijakan atas setiap penyelenggara ataupun pengelola dana
• Besarannya biaya serta suku bunga yang seharusnya dibayarkan oleh nasabah akan diperhitungkan sesuai dengan jumlah dana pinjaman serta masa tenor atau jangka waktu yang diambil oleh nasabah itu sendiri
• Makin rendahnya tingkat biaya serta suku bunga yang ditawarkan maka juga semakin membuat nasabah merasa tertarik sebagai peminjam dana.

4. Tujuan Funding

1. Penelitian atau Research Funding

Dalam penelitian ataupun research maka alokasi funding ini biasanya akan diberikan sesuai dengan proyek, departemen ataupun lembaga dari ruang lingkup penelitian ataupun proyek itu sendiri. Sementara itu untuk pendanaan dari kegiatan penelitian bisa dibagi menjadi commercial funding dan non commersial funding, yang mana untuk commersial research sendiri disediakan oleh department penelitian serta pengembangan pada sebuah perusahaan serta untuk non commersial research dari badan amal, lembaga pemerintah ataupun dewan penelitian.

2. Bisnis atau Business Launch

Fanding yang satu ini biasanya akan diberikan pada entrepreneur ataupun individu yang memang mempunyai ide bisnis akan tetapi mereka tidak mampu untuk menyediakan dana yang dibutuhkan dalam menjalankannya. Dengan adanya bantuan dari funding ini maka bisa membuat proyek bisnisnya bisa direalisasikan oleh individu yang bersangkutan.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

3. Investasi atau Investment Funding

Pada sebuah perusahaan yang melakukan pengelolaan funding tentunya akan mengumpulkan uang dari berbagai investor dan menggunakan untuk membeli sebuah sekuritas. Sementara itu untuk dana yang dilakukan pengelolaan oleh pihak manajer investasi profesional tentunya bisa menghasilkan pengembalian yang jauh lebih tinggi dengan adanya tingkat resiko yang lebih rendah melalui diversifikasi aset.

5. Metode Funding

Dalam menjalankannya terdapat tiga metode yang biasanya dilakukan mulai dari pemerintah, crowdfunding dan juga investor. Berikut ini beberapa uraian terkait metode funding yang dapat kamu ketahui dari ketiga metode tersebut:

1. Pemerintah

Dalam hal ini pemerintah akan memberikan bantuan untuk menyediakan funding baik secara langsung ataupun melalui lembaga pemerintahan guna menjalankan proyek-proyek yang memberikan manfaat bagi masyarakat dengan dijalankan melalui proses seleksi. Contoh dari bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah biasanya diberikan pada pengusaha UMKM supaya usahanya bisa berjalan dengan lancar.

2. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan salah satu metode dengan cara memanfaatkan akses untuk jaringan yang lebih luas lagi seperti halnya media sosial dan web khusus untuk crowd funding. Hari ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menyatukan beberapa investor yang berada di luar koneksi tradisional seperti halnya teman, harga hingga kerabat.

3. Investor

Dalam upaya untuk menarik investor guna menyuntikkan fanding pada proyek biasanya melalui cara penawaran. Selain itu dari pihak perusahaan sendiri juga akan menjelaskan terkait keuntungan yang nantinya bisa didapatkan ketika proyek tersebut berhasil dijalankan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait pembahasan funding di dalam dunia finansial yang tentunya berhubungan dengan peminjaman kredit. Pengumpulan dana ini memiliki tujuan tersendiri mulai dari penelitian, bisnis ataupun kegiatan investasi.

Instagram