Dampak Positif Inflasi Terhadap Perekonomian Negara

Dampak positif inflasi bisa saja terjadi bagi setiap negara yang sedang mengalaminya. Inflasi menjadi bentuk kenaikan harga dari setiap barang dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Inflasi yang pada umumnya terlihat memberikan dampak buruk pada perekonomian nasional, namun terjadinya inflasi pada sebuah negara ternyata juga memberikan dampak positif pada beberapa aspek kegiatan perekonomian. Guna melihat laju inflasi ini dapat dilakukan pengukuran menggunakan angka indeks yakni indeks harga konsumen dan biasanya di Indonesia sendiri untuk perhitungan inflasi akan dilakukan oleh badan pusat statistik sehingga bisa diketahui besaran inflasi di Indonesia.

Dampak Positif Inflasi Terhadap Perekonomian Negara

Dampak Positif Inflasi

Jika banyak kalangan umum yang berpikiran bahwasanya terjadinya inflasi di setiap negara akan menimbulkan dampak negatif jika berlangsung cukup lama. Namun perlu diketahui bahwasanya dalam beberapa aspek terjadinya inflasi ini juga memberikan dampak positif yang menguntungkan bagi beberapa pihak. Berikut ini dampak positif dari terjadinya inflasi pada sebuah negara:

1. Inflasi Ringan Mendorong Perekonomian

Apabila sebuah negara mengalami tingkat inflasi ringan maka cenderung mampu membawa pengaruh yang sangat positif dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Terjadinya inflasi ini ternyata dapat membantu untuk meningkatkan pendapatan nasional, menarik minat kalangan masyarakat untuk siap menabung kembali di bank, bekerja dengan stabil dan melakukan investasi sesuai keinginan.

2. Penurunan Mata Uang

Dampak positif inflasi salah satunya disebabkan oleh penurunan nilai mata uang di masyarakat. Kondisi seperti ini biasanya jumlah peredaran uang di kalangan masyarakat cenderung lebih banyak sehingga bisa menyebabkan inovasi berkepanjangan apabila tidak diatasi dengan segera.

Sehingga apabila terjadi penurunan mata uang tentunya tidak merugikan sebagian kelompok. Contoh yang paling terlihat yaitu ketika pengusaha bisa memperoleh keuntungan dari penghasilan usaha yang dilakukannya.

3. Dampak Positif Inflasi Untuk Produsen

Terjadinya inflasi di sebuah negara ternyata juga bisa memberikan dampak positif bagi produsen dalam menghasilkan barang. Hal ini dikarenakan inflasi yang terjadi bisa membuat pendapatan lebih tinggi bagi produsen dan mampu menaikkan biaya produksi untuk nantinya didistribusikan kepada konsumen.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

4. Dampak Positif Inflasi Bagi Debitur

inflasi juga memberikan dampak positif bagi debitur ketika melakukan pinjaman kredit kepada pelayanan perbankan. Penyebabnya yaitu pada saat pembayaran hutang maka nilai uang yang harus dibayarkan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan saat melakukan peminjaman.

Hal ini dikarenakan suku bunga telah mengalami penurunan yang menjadikan pengaruh besar pada pembayaran hutang. Dengan demikian debitur tidak perlu membayarkan angsuran dengan jumlah yang sama seperti sebelum terjadi inflasi, sehingga debitur bisa lebih melakukan penghematan uang karena tidak digunakan untuk pembayaran angsuran secara penuh seperti sebelum penurunan suku bunga.

Dampak Negatif Inflasi

Selain adanya dampak positif inflasi tentunya juga terdapat dampak negatif inflasi yang sudah diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya terjadinya inflasi memberikan pengaruh negatif terhadap perekonomian nasional.

Inilah beberapa dampak negatif dari terjadinya inflasi yang memicu kondisi kurang baik pada perekonomian nasional:

1. Kreditur

Dampak negatif inflasi akan dirasakan oleh pihak kreditur atau pihak yang memberikan pinjaman. Sebab terjadinya inovasi di sebuah negara menjadikan nilai uang yang mereka terima menjadi lebih kecil dibandingkan ketika meminjamkan atau sebelum terjadi inflasi.

Nilai uang yang lebih kecil dipengaruhi oleh suku bunga yang menurun sebagai ketentuan dari Bank Indonesia. Dengan demikian pihak debitur saat melakukan pembayaran angsuran juga cenderung lebih rendah dibandingkan saat perjanjian sebelum suku bunga menurun.

2. Orang Berpenghasilan

Bagi kalangan masyarakat yang memiliki penghasilan tetap seperti karyawan ataupun pegawai diantaranya PNS, pegawai swasta, tentara ataupun polisi akan terkena dampak buruk dari terjadinya inflasi yang terjadi di negaranya. Dengan adanya inovasi ini maka bisa membuat harga-harga barang mengalami kenaikan yang cukup pesat dibandingkan dengan sebelumnya.

Sementara itu untuk pendapatan atau gaji yang diterima tidak ikut mengalami kenaikan layaknya harga barang-barang di pasar. Apabila kondisi inflasi ini terjadi berkepanjangan maka mampu menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat karena daya beli yang dimiliki oleh kalangan semakin rendah.

3. Buruknya Distribusi Pendapatan Pada Perekonomian Nasional

Apabila dilihat secara keseluruhan, dampak positif inflasi memang tetap dirasakan meskipun memang memberikan dampak negatif yang cukup banyak. Jika dilihat dari sudut pandang negara, inflasi yang terjadi akan memberikan keuntungan bagi mereka yang mempunyai tingkat pendapatan jauh lebih besar dibandingkan laju inflasinya.

Akan tetapi apabila jumlah mereka terbilang sangat sedikit saat dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami kerugian karena inflasi. Dengan demikian untuk pola pembagian pendapatan pada suatu negara menjadi sangat berat sebelah dan tidak seimbang.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor

4. Terganggunya Stabilitas Ekonomi Pada Perekonomian Nasional

Terjadinya inflasi memang tidak dapat dipungkiri bahwasanya inflasi akan menyebabkan ketergantungan stabilitas ekonomi pada perekonomian nasional. Hal ini dikarenakan pada saat negara mengalami inflasi pasti terdapat kemungkinan bahwasanya inflasi tersebut akan berlangsung secara terus-menerus yang artinya dapat menaikkan harga-harga barang di pasar.

Dengan demikian para konsumen pun biasanya akan memutuskan untuk melakukan pembelian secara besar-besaran sebelum harga di pasaran terus mengalami kenaikan. Sehingga nantinya bisa menimbulkan permintaan yang meningkat namun ketersediaan barang tidak mampu mencukupi kebutuhan atau permintaan dari konsumen itu sendiri.

5. RAPBN Terdampak

Terjadinya inflasi pada suatu negara tentunya juga memiliki dampak negatif terhadap rencana pembangunan pemerintah dan anggaran belanja negara atau RAPBN. Hal ini dikarenakan inflasi yang cukup tinggi tentunya juga terdapat kenaikan dari semua harga barang di pasar, sehingga memiliki pengaruh yang sangat besar pada pembuatan APBN negara.

Dengan demikian pemerintah pun juga harus melakukan perombakan pada APBN yang telah dibuat sebelumnya. Tujuan dilakukan perombakan yaitu untuk menyesuaikan anggaran dana yang ada dengan harga pasar sesuai realnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa orang yang terkait pembahasan dampak positif inflasi bagi perekonomian nasional. Inflasi yang memiliki pandangan cenderung negatif ternyata juga memiliki dampak positif dari berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Instagram