Dampak inflasi yang Positif dan Negatif pada Negara

Dampak inflasi dapat terjadi pada setiap negara baik itu negara maju ataupun negara berkembang. Gejala ekonomi yang satu ini memang tidak bisa dihilangkan dengan mudah karena upaya yang nantinya akan dilakukan hanya sebatas untuk mengurangi dan menghilangkan saja tanpa bisa menghilangkan seutuhnya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Inflasi merupakan peningkatan harga yang pada umumnya terus berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan penyebab yang tidak bisa dihindarkan dari adanya inflasi yaitu nilai mata uang yang terus mengalami penurunan dari setiap tahun atau dalam jangka waktu periode tertentu. Kenaikan harga pada sejumlah barang ataupun jasa dengan cepat dan sementara bisa menjadi inflasi yang cukup memberatkan masyarakat.

Dampak inflasi yang Positif dan Negatif pada Negara

Dampak Inflasi Positif Dan Negatif Terhadap Negara

Terjadinya inflasi tentunya memberikan dampak yang cukup besar terhadap negara baik itu dari segi positif ataupun negatif yang memang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ekonomi masyarakat. Dengan demikian terjadinya inflasi memiliki dampak yang cukup buruk apabila terus dibiarkan begitu saja karena bisa merusak tatanan ekonomi masyarakat.

Berikut ini adalah dampak dari inflasi baik itu positif ataupun negatif yang bisa kamu ketahui:

1. Dampak Inflasi Pada Pendapatan

Kondisi inflasi yang tidak dapat dikendalikan mampu meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat yang ada di sebuah negara seperti halnya inflasi tersebut akan mendorong perkembangan ekonomi karena adanya permintaan barang ataupun jasa yang mengalami peningkatan dan menjadikan harga terus mengalami kenaikan. Pada kondisi inilah bisa mendorong para pengusaha untuk meluaskan produksi sehingga memberikan lapangan kerja baru pada masyarakat yang pengangguran.

Akan tetapi untuk masyarakat yang memiliki penghasilan tetap ataupun tidak meningkat dari setiap tahunnya, terjadinya inflasi ini tentu akan membuatnya semakin rugi. Alasannya yaitu untuk total pendapatan tetap yang bisa diperoleh itu apabila ditukarkan dengan barang ataupun jasa maka hasil yang nantinya akan didapatkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sebelumnya.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

2. Dampak Terjadinya Inflasi Pada Perekonomian Nasional

Dalam beberapa hal dampak inflasi juga akan berpengaruh pada perekonomian nasional yang membuat kondisinya semakin memburuk. Namun selain itu inflasi yang terjadi pada sebuah negara ternyata juga memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Adapun untuk dampak terjadinya inflasi terhadap perekonomian nasional baik itu positif ataupun negatif sebagai berikut:

  • Inflasi mengalami penurunan yang cukup signifikan
  • Mendorong terjadinya peningkatan bunga
  • Mendorong adanya penanaman modal yang memiliki sifat lebih spekulatif
  • Menciptakan terjadinya kegagalan pada pelaksanaan pembangunan
  • Menciptakan adanya ketidak kepastian pada keadaan ekonomi di masa yang akan datang nantinya
  • Menyebabkan timbulnya daya saing atas produk secara nasional menjadi berkurang
  • Menimbulkan defisit pada neraca pembayaran yang nantinya bisa menyebabkan merosotnya tingkat kehidupan masyarakat dan kesejahteraan dari masyarakat itu sendiri.

3. Dampak Terjadinya Inflasi Membuat Penurunan Minat Menabung

Dampak inflasi tentunya cukup banyak dan berpengaruh pada perekonomian masyarakat dan kesejahteraannya yang tidak stabil. Terjadinya inflasi memberikan dampak yang nantinya bisa menjadikan masyarakat tidak minat lagi menabung dan hal ini tentunya bisa mengurangi minat masyarakat untuk bergabung dengan pelayanan perbankan.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena nilai uang yang terus-menerus mengalami penurunan dalam waktu cepat. Pada saat terjadi inflasi maka pendapatan dari bunga tabungan terbilang lebih kecil dibandingkan sebelumnya dan di sisi lain nasabah juga harus melakukan pembayaran biaya administrasi tabungan setiap bulan.

4. Dampak Terjadinya Inflasi Pada Kreditur Dan Debitur

Dampak inflasi sangat terlihat terhadap kreditur dan debitur di dunia perbankan. Pada saat inovasi ini terjadi maka debitur ataupun orang yang melakukan hutang pada layanan perbankan dengan bunga pinjaman tetap tentunya akan diuntungkan karena bunga yang nantinya ditanggung terus mengalami penurunan seiring menurunnya laju nilai mata uang.

Sementara itu bagi pihak kreditur tentu bisa menjadi dampak inflasi negatif sebagai pihak yang meminjamkan uang. Hal ini dikarenakan kreditur akan mengalami kerugian cukup besar karena dari nilai mata uang yang nantinya dikembalikan cenderung lebih rendah dibandingkan saat dipinjamkan kepada debitur.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial

5. Dampak Positif Dan Negatif Lainnya

Dalam kondisi tertentu, terjadinya inflasi memang masih dianggap wajar dan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat. Akan tetapi ketika inflasi yang terjadi tersebut telah mencapai tingkatan tertentu, pastinya inflasi bisa membuat perekonomian masyarakat cenderung memburuk.

Inilah beberapa dampak positif dan negatif dari terjadinya inflasi yang bisa diketahui:

  • Peredaran ataupun perputaran barang menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya
  • Dampak inflasi pada produksi barang semakin bertambah yang menyebabkan kenaikan keuntungan bagi pihak pengusaha
  • Memberikan kesempatan kerja yang semakin bertambah dan luas dengan adanya tambahan investasi pada sebuah usaha
  • Pendapatan nominal semakin bertambah meskipun dari riilnya sendiri mengalami pengurangan yang disebabkan oleh kenaikan pendapatan relatif lebih kecil
  • Harga dari setiap barang yang berhubungan dengan perekonomian masyarakat ataupun jasa mengalami kenaikan
  • Nilai serta kepercayaan pada uang mengalami penurunan dan terus berkurang
  • Dampak inflasi negatif yang bisa dirasakan yaitu memberikan efek spekulasi terhadap masyarakat diantaranya menimbun barang dan melakukan pembelian valuta asing secara berlebihan
  • Terdapat banyak proyek pembangunan yang terlantar dan macet
  • Tingkat kesadaran dari masyarakat untuk minat menabung menjadi berkurang karena nilai uang juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Penyebab Inflasi

Dampak inflasi memang memberikan efek positif ataupun negatif terhadap perekonomian masyarakat. Namun terjadinya inflasi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

• Tekanan dari permintaan atau barang ataupun jasa yang cenderung lebih tinggi dan ketersediaannya relatif tetap
• Perkiraan atau ekspektasi inflasi dalam memutuskan ekonominya
• Dorongan biaya karena depresi nilai tukar
• Peredaran uang secara berlebihan
• Kekacauan dari segi ekonomi dan politik.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait dampak inflasi baik itu positif ataupun negatif terhadap negara. Adanya dampak terjadinya inflasi bisa ada karena sejumlah faktor penyebab yang mendasarinya.

Instagram