pengertian lengkap ekonomi mikro

Seringkali kamu mungkin mendengar istilah ekonomi mikro dan ekonomi makro, tanpa benar-benar mengetahui penjelasan dari keduanya.

Agar kamu memahami lebih jauh, berikut dibawah ini adalah penjabaran lebih detail tentang ekonomi mikro.

Pengertian Ekonomi Mikro

pengertian lengkap ekonomi mikro

Ekonomi Mikro merupakan ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang perusahaan dan perilaku konsumen, penentuan harga pasar kuantitas faktor input, dan barang atau jasa yang diperjual belikan.

Ekonomi mikro juga disebut dengan mikroekonomi yang dalam prakteknya secara langsung dapat berpengaruh untuk pengambilan keputusan pada penawaran serta permintaan barang atau jasa.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan utama untuk perusahaan yaitu menganalisis pasar, serta membentuk mekanisme harga relatif produk dan jasa.

Analisis dalam Ekonomi Mikro

Berikut dibawah ini adalah beberapa aspek analisis pada ekonomi mikro, yaitu:

– Analisis biaya dan manfaat
– Terori Pemintaan dan penawaran
– Elastisitas
– Model-model pasar
– Industri
– Teori Produksi
– Teori harga

Ekonomi mikro sangat berperan dalam bisnis yaitu membantu menganalisis kegagalan pasar, serta menjelaskan secara teoritis tentang kondisi pasar pada persaingan sempurna.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Konsumen dan Produsen merupakan ruang lingkup ekonomi mikro. Pada dunia ekonomi produsen serta konsumen merupakan individu para rumah tangga, masyarakat, perusahaan atau organisasi.
Ekonomi mikro menganalisis tentang perilaku dari penjual serta pembeli, yang didalamnya termasuk interaksi keduanya pada pasar faktor produksi.

Berikut dibawah ini adalah beberapa ruang lingkup ekonomi mikro, yaitu permintaan, penawaran, dan kesimpangan pasar, elastisitas permintaan dan penawaran, teori perilaku konsumen, teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba, pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoly, pasar persaingan monopolistic, permintaan akan input, dan mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

Tujuan Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro memiliki beberapa tujuan, yaitu:

– Alokasi sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternative, melakukan analisis kepada mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk jasa dan barang.
– Menjelaskan banyak kondisi dan situasi teroris yang diperlukan pada suatu pasar dengan persaingan sempurna, dan melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal untuk melakukan produksi dengan hasil yang efisien.

Teori Ekonomi Mikro

Analisis ekonomi mikro terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Teori Harga

Teori Harga merupakan teori yang digunakan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi interaksi antara penawaran serta permintaan barang atau jasa di dalam pasar.
Analisis teori harga dilakukan pada:

– Pembentukan Harga
– Perumahan pada permintaan dan penwaran yang dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhinya
– Harga permintaan dan harga penawaran yang dilihat dari hubungannya
– Bentuk dan jenis pasar
– Permintaan dan penawaran yang dilihat dari konsep elastisitas.

2. Teori Produksi

Untuk melakukan analisis biaya produksi dan tingkat produksi diperlukan teori produksi untuk melihat hal tersebut dari dasarnya.

Analisis teori produksi dilakukan kepada:

– Barang dan jasa yang seluruhnya memiliki hubungan dengan biaya produksi
– Untuk produsen mendapatkan keuntungan paling tinggi dari tingkat produksi
– Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dilakukan kombinasi pada faktor produksi yang harus dipilih sendiri oleh produsen

3. Teori Distribusi

Melakukan analisis ekonomi mikro yang berhubungan dengan upah karyawan, serta besaran bunga yang harus dibayarkan ke pemilik modal merupakan tujuan dari teori distribusi. Teori ini juga menghitung serta menganalisis besaran keuntungan yang akan diperoleh produsen.

Komponen Ekonomi Mikro Pada Bisnis

DI bidang bisnis ekonomi mikro diterapkan pada 3 komponen utama yang wajib dipahami, yaitu:

1. Interaksi dalam Pasar Barang

Apabila dilihat dari pandangan ekonomi mikro, pasar barang merupakan salah satu dari berbagai pasar perekonomian. Interaksi pada pasar barang merupakan aktivitas tawar menawar yang terjadi pada penjual dan pembeli sehingga membentuk kesepakatan harga.

Keputusan yang terkait dengan harga produk pada perusahaan akan dipengaruhi kebijakan pengambilan keputusannya oleh ekonomi mikro yang memiliki peran penting mendalami interaksi pada pasar barang.

2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Perilaku produsen serta konsumen pada pasar memiliki tujuan berbeda hal ini dapat dianalisis oleh ekonomi mikro yang mempelajari tingkah laku penjual dan pembeli. Produsen berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, sedangkan konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, hal tersebut dibahas pada ekonomi mikro.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

3. Interaksi di Pasaran

Faktor-faktor produksi misal sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, serta kewirausahaan dilibatkan pada interaksi konsumen dan produsen yang dijelaskan pada ekonomi mikro.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Fungsi Ekonomi Mikro Pada Bisnis

Berikut dibawah ini adalah fungsi ekonomi mikro pada bisnis atau perusahaan yang dilihat pada ekonomi mikro yang berpengaruh pada perusahaan.

– Membuat dan Merumuskan Kebijakan

Perusahaan dapat merumuskan atau membuat kebijakan tentang harga dan upah yang dibayarkan untuk mengelola sumber daya yang didasari dari ekonomi mikro. Membentuk kebijakan perusahaan yang inovatif serta strategis, serta mempelajari interaksi di pasar dan campur tangan pemerintah, hal –hal ini didapatkan dari informasi yang diberikan pada teori ekonomi mikro.

– Membuat Prediksi

Perusahaan dapat menyusun strategi atau prediksi pada kedepannya dengan menggunakan ekonomi mikro. Misalnya pada hal trend produk, ekonomi mikro bisa membantu untuk melakukan strategi atau prediksi tentang kemungkinan yang akan terjadi di pasar.

– Memahami Perilaku Konsumen

Dengan ekonomi mikro perusahaan dapat memahami apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen secara tidak langsung. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan bertahan produk atau jasa di pasar.

– Mengetahui Perputaran Barang

Tujuan dari mengetahui perputaran barang adalah menghindari kecurangan dari pesaing, dan dapat mengawasi produk perusahaan yang dijual selalu pada jalurnya jika ingin bertahan di pasar.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah Informasi tentang Ekonomi Mikro yang dapat kamu ketahui dari pengertian serta contohnya. Jika ada hal yang belum jelas terkait pembahasan dalam topik ini, silahkan tulis pertanyaan atau pendapat kamu di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini ya!

Instagram