Cara Menerima dan Mengirim Uang Melalui Alfamart

Untuk menerima uang atau mengirim sejumlah uang tanpa ATM ataupun buku rekening, dapat dilakukan melalui Alfamart. Alfamart kini telah menyediakan fasilitas pengiriman dan penerimaan uang, yang memberikan kemudahan kepada masyarakat saat kesulitan untuk menemukan fasilitas pengiriman atau pengambilan uang.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Alfamart saat ini sudah dapat ditemukan di berbagai pelosok kota. Untuk mengetahui cara cara menerima uang dan mengirim uang melalui Alfamart lebih detail dan jelas, berikut kami berikan informasi mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Syarat Menerima Uang dari Alfamart

syarat, langkah dan cara transfer uang lewat alfamart

1. Kartu Identitas
Yang perlu kamu persiapkan saat akan menerima uang transfer di Alfamart adalah menyiapkan kartu identitas. Seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar dan kartu identitas lainnya.
2. Kode Penarikan Uang
Sebelum menarik uang, pastikan bahwa kamu sudah menerima kode penarikan uang dari pengirim uang.
3. Datang ke Alfamart terdekat

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Cara menerima uang transfer di Alfamart

cara transfer uang lewat alfamart

Nah, untuk mengetahui seperti apa cara menerima uang transfer di Alfamart, silahkan Simak penjelasan di bawah.

1. Persiapkan KTP dan 10 digit kode MTCN atau PIN dari pengirim
Sebelum kamu mengambil uang di Alfamart, maka pastikan bahwa kamu telah menyiapkan 2 dokumen tersebut. Apabila kamu tidak memiliki kode PIN dari pengirim uang, maka proses pengambilan uang akan sedikit sulit.
2. Kemudian, datang ke Alfamart terdekat
Sudah pasti kamu harus datang ke Alfamart terdekat untuk melakukan pengambilan uang.
3. Apabila kamu sudah di depan kasir, maka silahkan sampaikan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan pengambilan uang.
4. Pihak kasih akan meminta kamu kode MTCN atau PIN yang sudah disiapkan begitu juga dengan KTP kamu.
5. Apabila kamu tidak memiliki KTP, kamu juga bisa menggunakan kartu identitas lain seperti Kartu Pelajar, SIM, Paspor dan sebagainya.
6. Apabila sudah dicek oleh kasir, maka kasir akan menyebutkan informasi mengenai uang yang akan kamu ambil. Informasi tersebut berisikan dengan nama pengirim yang mengirimkan uang kepada kamu beserta besar nominal jumlah uang akan dikirim dan kamu terima.
7. Simak dengan benar bahwa informasi yang telah disampaikan sudah sesuai
8. Jika sudah, kamu akan langsung diberikan uang oleh kasir Alfamart

Cara Mengambil Uang di Alfamart dari Rekening BCA

Selain menerima uang dari pengirim yang jauh melalui Alfamart, kamu juga bisa mengambil uang di Alfamart dari Rekening BCA. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir apabila di situasi urgent dan tidak menemukan mesin ATM.

Nah, berikut beberapa langkah agar kamu bisa tetap mengambil uang di Alfamart dari Rekening BCA kamu.

1. Kunjungi Alfamart terdekat
2. Lalu, temui kasir dan sampaikan bahwa kamu ingin melakukan penarikan uang dari Rekening BCA
3. Kemudian, kamu akan diarahkan oleh kasir dan diminta untuk melakukan transaksi atau belanja terlebih dahulu di Alfamart tanpa minimal belanja.
4. Berikan belanjaan kamu dan juga ATM BCA kamu ke kasir
5. Masukan PIN ATM kamu
6. Setelah itu, kasir akan memproses transaksi kamu
7. Lalu, kamu akan diberikan struk setelah uang diambil
8. Periksa segala sesuatu dengan teliti sebelum meninggalkan Alfamart

Persyaratan transfer uang melalui Alfamart

Sebelum melakukan transfer uang, sebaiknya kamu harus memperhatikan syarat-syarat pengiriman uang tanpa ATM di Alfamart. Tentu saja persyaratan transfer melalui Alfamart berbeda dengan transfer uang menggunakan sistem lain.

Persyaratan berikut ini yaitu:
• Menunjukkan identitas diri yang valid, seperti KTP
• Catat nomor handphone penerima dan pengirim
• Mencatat jumlah uang yang akan ditransfer
• Mencatat kode MTCN atau Money Transfer Control Number, yang akan menjadi bukti verifikasi penerima saat mengambil uang.

Cara Transfer Uang Melalui Alfamart

Langkah-langkah melakukan transfer uang melalui Alfamart yaitu:

1. Kunjungi dan datang ke cabang Alfamart terdekat

Kamu bisa mengirim uang uang melalui Alfamart terdekat dengan membawa semua persyaratan yang disebutkan di atas. Bisa membawa data diri yang perlu dipersiapkan, seperti KTP, SIM ataupun paspor yang masih berlaku beserta fotokopiannya.

2. Temui kasir

Temui kasir dan dan katakan bahwa kamu ingin mengirim uang yang ke rekening bank tujuan atau ke seluruh cabang Alfamart.

3.Isi lembaran formulir

Setelah semua persyaratan siap, kasir akan memberi lembaran formulir pengiriman uang yang perlu kamu isi. kamu perlu menyebutkan nomor handphone pengirim dan penerima transfer uang.

4. Memberikan sejumlah nominal uang yang akan dikirimkan kepada kasir

Ketika setelah proses pengisian formulir dan memberikan bukti data diri kepada petugas, maka kasir akan menanyakan berapa jumlah uang yang akan dikirim. Untuk mengirim uang melalui Alfamart dapat dilakukan dengan menggunakan uang mulai dari pecahan Rp10.000 hingga Rp5.000.000.

5. Periksa kode sms

Jika telah berhasil kamu akan menerima pesan SMS otomatis dari DOMPETKU, yang menandakan bahwa transaksi telah dilakukan dan berisi kode pengiriman uang.

6. Screenshot kode MTCN

Screenshot dan kirimkan kode MTCN pengiriman pada pihak penerima, agar bisa mengambil uang tersebut. Jika penerima telah mendapatkan kode MTCN, maka dapat dilakukan pencairan uang melalui Alfamart terdekat dengan menunjukkan kode tersebut.

Cara Menerima dan Mengirim Uang Melalui Alfamart
Pexels/energepic.com

Biaya Transfer Uang Melalui Alfamart

Transfer uang melalui Alfamart dilakukan melalui True Money, yang memungkinkan pengiriman uang tunai tanpa nomor rekening. Sehingga, meskipun kamu tidak mengetahui atau penerima tidak mempunyai nomor rekening, kamu tetap bisa mengirikan uang.

Transaksi pengiriman yang melalui Alfamart membutuhkan biaya administrasi sebesar Rp15.000 – Rp25.000 per transaksi. Nominal biaya transfer ini akan kamu bayarkan saat uang hendak dikirimkan ke penerima.

Sehingga, pihak penerima akan mendapatkan uang yang dikirim secara utuh. Contohnya, kamu mengirimkan uang sebesar Rp2.000.000 dengan biaya administrasi Rp15.000, maka kamu harus membayar ke kasir sebesar Rp2.015.000.

Uang yang kamu kirimkan, akan diterima oleh penerima tetap utuh sebesar Rp2.000.000. Selain melalui Alfamart, juga bisa kamu kirimkan melalui Alfamidi. Tutorial mengirimkan uang melalui Alfamidi juga sama dengan transfer melalui Alfamart.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah penjelasan mengenai cara transfer dan menerima uang melalui Alfamart di atas, dimana penerima bisa langsung menerima uang tunai. kamu bisa mentransfer uang ke kerabat atau keluarga secara mendadak tanpa tahu nomor rekeningnya, asalkan kamu mengetahui data lengkap penerima maka pengiriman uang bisa dilakukan di gerai Alfamart atau Alfamidi terdekat.

Instagram