Cara Bayar PBB Lewat Tokopedia

PBB merupakan Pajak Negara yang harus dibayarkan terhadap bumi dan bangunan sesuai UU no. 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan yang telah diubah dengan UU No. 12 Tahun 1994. Cara melakukan pembayarannya pun sangat mudah bisa dengan cara bayar PBB lewat Tokopedia.

Dalam meningkatkan layanan pada wajib pajak, maka pembayaran PBB online pun menjadi salah satu pilihan yang efektif karena penggunaannya sangat mudah. Pembayaran PBB melalui Tokopedia bisa melayani pembayaran hingga ke seluruh Indonesia dan pastinya tidak terikat hari bahkan jam.

Cara Bayar PBB Lewat Website

Sebelum memahami cara bayar PBB lewat Tokopedia sebaiknya juga kenali cara pembayaran melalui website. Bagi kamu yang belum mengetahui cara mudah ini cukup dengan menuliskannya di kolom pencarian dengan menggunakan format pbb online (nama daerah).

Maka dengan demikian akan muncul informasi panduan dalam membayarkan PBB melalui website. Beberapa laman yang menyediakan di antaranya BPRD atau Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, PBB Kabupaten Bogor dan Pelayanan PBB dan BPHTB Kota Depok (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

Ketentuan Nilai Pajak

Dengan adanya pengenaan atas pajak di dalam PBB merupakan Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP dan ketentuaannya nilai berdasarkan pada harga pasar setiap wilayah serta penetapannya setiap tahun oleh menteri keuangan. Besaran pajak PBB diperoleh dari perkalian dengan tarif 0.5 persen dengan Nilai Jual Kena Pajak atau NJKP yang ditetapkan 20 persen dari NJOP ataupun 40 persen dari NJOP.

Baca Juga Artikel Tentang Bank Syariah Indonesia (BSI) Lainnya dari Transfez

Cara Cek Mutasi Rekening Bank Syariah Indonesia Lewat BSI Mobile dan ATM
Cara Cek Nomor Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Syarat Pengecekan
Cara Cek Saldo Rekening BSI Lewat BSI Mobile dan Internet Banking
Cara Ganti PIN BSI Mobile dengan Ponsel dan Kantor Cabang BSI
Cara Ganti Password BSI Mobile Tanpa Perlu ke Bank
Cara Aktivasi BSI Mobile Banking dan Limit Transaksi Maksimal
Call Center Bank Syariah Indonesia Via Telepon, Media Sosial dan Email
Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Cara Cek Tagihan PBB Online Melalui Website

Apabila sudah menemukan situs yang digunakan untuk melakukan pengecekan pembayaran PBB secara online maka akan diarahkan pada halaman mengecek nominal yang harus dibayarkan. Langkah berikutnya dengan memasukkan Nomor Objek Pajak atau NOP serta tahun pajak dan akan diminta memasukkan kode verifikasi untuk memunculkan informasi yang diminta.

Cara Bayar PBB Melalui Online

Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran PBB secara online. Sehingga akan lebih memudahkan setiap orang tanpa perlu bingung ke kantor pajak untuk mengurus pembayaran pajak.

Berikut cara bayar PBB lewat Tokopedia, Indomaret dan Traveloka yang dapat digunakan:

Cara Bayar PBB Lewat Tokopedia

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan ecommerce maka akan jauh lebih mudah melakukan pembayaran PBB melalui Tokopedia. Namun sekarang ini bayar PBB secara online melakui Tokopedia baru bisa dilakukan di wilayah DKI Jakarta serta Kota Depok dalam waktu 24 jam.

Bagi masyarakat di luar Jakarta dan Depok belum bisa merasakan kemudahan akan hal ini. Akan tetapi kamu tetap bisa mempelajarinya terlebih dahulu apabila sewaktu-waktu sudah bisa bayar PBB dengan Tokopedia, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Mengunjungi aplikasi ataupun situs resmi dari Tokopedia
  • Lalu pilih PBB Onlina yang tersedia pada pilihan menu di halaman layar Tokopedia
  • Kemudian masukkan nomor objek Pajak Bumi Bangunan kamu yang akan dibayarkan
  • Setelah itu akan muncul perincian secara otomatis apabila nomor kontrak yang telah kamu masukkan benar
  • Pilihlah opsi Bayar pada halaman yang muncul dan lanjutkan dengan memilih metode pembayaran yang kamu inginkan
  • Dengan demikian maka sistem akan melakukan proses cara bayar PBB lewat Tokopedia dan akan muncul notifikasi saat transaksi pembayaran tersebut telah sukses dilakukan.

Cara Bayar PBB Melaui Indomaret

Pembayaran PPB melalui sistem online sudah diresmikan oleh pemerintah DKI Jakarta yang sangat mempermudah dan dirasa cukup efektif. Terlebih banyaknya Indomaret akan jauh lebih memudahkan masyarakat untuk membayar PBB dan akan meningkatkan partisipasi dari masyarakat mengenai wajib pajak.

Namun perlun diketahui bahwa Indomaret hanya menerima pembayaran pajak dengan tagihan di bawah Rp 5 juta dan jika di atas itu bisa menggunakan cara lain. Berikut inilah langkah untuk melakukan pembayaran melalui Indomaret yang perlu kamu pahami:

  • Datang langsung ke kasir dan beritahukan akan membayar pajak PBB dan memberitahukan nomor objek besaran tagihan kamu
  • Maka dengan demikian kasir akan memberitahukan kamu terkait informasi atas tagihan pajak PBB yang harus dibayarkan
  • Lalu berikan sejumlah uang sesuai dengan jumlah pembayaran yang harus kamu lakukan
  • Prosesnya sudah selesai dan simpan struk bukti pembayaran yang telah diberikan oleh kasir atau dengan memfotonya sebagai dokumen apabila suat saat dibutuhkan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Bayar Pajak PBB Melalui Traveloka

Cara bayar PBB lewat Tokopedia memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun kamu juga bisa menggunakan aplikasi Traveloka yang mana kemudahannya tidak jauh berbeda dengan pembayaran melalui aplikasi Tokopedia.

Sementara itu untuk cakupan wilayah yang sudah bisa menggunakan aplikasi Traveloka untuk bayar PBB di antaranya DKI Jakarta, Kabupaten Serang, Tangerang Selatan, Kabupaten Bandung, Kerawang, Bekasi, Cirebon, Depok, Majalengka, Sukabumi, Tasikmalaya dan Batam. Inilah cara pembayaran PBB melalui aplikasi Traveloka yang bisa kamu gunakan:

  • Membuka aplikasi Traveloka yang sudah terinstal pada ponsel pintar kamu dengan versi 3.10 ke atas
  • Pilihlah Bills dan Top up pada menu yang terletak di halaman utama pada aplikasi Traveloka
  • Lalu piihkan ikon PBB dan memilih wilayah untuk melakukan pembayaran
  • Silahkan mengisi Nomor Objek Pajak atau NOP dan pilihlah tahun pembayaran yang dilakukan
  • Kemudian lakukan pembayaran dengan transaksi sesuai metode yang sudah dipilih sebelumnya dan dirasa lebih mudah digunakan
  • Dengan demikian sistem akan melakukan proses pembayaran atas permintaan kamu dan jika sudah berhasil maka ada notifikasi proses selesai.
  • Apabila mendapatkan bukti atas transaksi yang telah dikirimkan melalui email sebaiknya disimpan jika suatu saat akan dibutuhkan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara bayar PBB lewat Tokopedia, Indomaret dan Traveloka. Setiap layanan mempunyai kelebihan masing-masing namun dengan tujuan sama yakni memudahkan setiap wajib pajak untuk membayar PBB melalui cara mudah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram