Cara Bayar Pajak Motor Online

Di era digital pembayaran pajak motor tidak perlu mengantri lama lagi di kantor Samsat karena sudah tersedia layanan membayar dengan menggunakan cara online. Cara bayar pajak motor online pun dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui beberapa langkah saja dan cukup menggunakan ponsel pintar.

Salah satu yang dapat digunakan yakni aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL dan sudah tersedia di Play Store ataupun App Store. Aplikasi SIGNAL merupakan bentuk layanan untuk mengesahkan STNK Tahunan, Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan atau SWDKLLJ dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB.

Cara Bayar Pajak Motor Online dengan Pendaftaran

Kehadiran SIGNAL banyak membantu dan memudahkan pengguna pengguna yang akan melakukan pembayaran pajak motor. Layanan ini sangat mudah dan aman sehingga tidak perlu khawatir dengan sistem dari SIGNAL.

Sebelum melakukan pembayaran pajak motor perlu registrasi terlebih dahulu. Berikut inilah langkah untuk daftar bayar pajak motor secara online di samsatdigital.id:

Masukkan Data Pribadi

Dalam mendaftarkan diri untuk melakukan pembayaran pajak harus dengan memasukkan data identitas diri pada kolom yang sudah tersedia. kelengkapan data diri tersebut di antaranya NIK, alamat email, nama sesuai dengan yang tercantum di KTP dan nomor telepon yang aktif digunakan.

Kamu akan dimintai untuk memasukkan kata sandi ulang dan mengulangi kata sandi tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk konfirmasi atas kebenaran dari data diri yang terdaftar.

Masukkan Foto KTP

KTP menjadi salah satu persyaratan yang penting dan utama dalam melakukan pembayaran pajak motor. Sehingga baik itu pembayaran secara offline ataupun online harus dengan menggunakan KTP.

Hal ini juga berlaku untuk samsatdigital.id yang membutuhkan foto KTP. Fotokan KTP dengan gambar dan data diri yang jelas, pastikan foto KTP tidak ngeblur dan tidak miring.

Verifikasi Biometric

Layanan online sekarang ini sudah mendukung penggunaan verifikasi biometrik untuk wajah. Dengan demikian kamu bisa melakukan swafoto menggunakan ponsel pintar yang dimiliki.

Lakukan pemotretan wajah pada tempat yang memiliki cahaya terang dan pastikan posisinya tidak miring. Sehingga wajah bisa terlihat jelas dan sesuai dengan yang tercantum di dalam KTP.

Memasukkan Kode OTP

Setelah melakukan verifikasi pada wajah maka akan diarahkan pada langkah berikutnya. Langkah ini untuk mengirimkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dan pastikan nomor telepon yang terdaftar masih aktif digunakan.

Apabila ada kode yang masuk melalui SMS maka silahkan masukkan pada kolom yang tersedia di halaman layar. Pastikan juga kode yang kamu masukkan tidak salah agar bisa diverifikasi dan bisa melakukan pendaftaran untuk membayar pajak motor.

Registrasi Berhasil

Dengan demikian verifikasi berhasil dilakukan dan langkah berikutnya untuk verifikasi ulang. Caranya sangat mudah cukup dengan klik link yang telah dikirimkan SIGNAL melalui email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Sehingga proses pendaftaran sudah berhasil dilakukan namun belum bisa langsung membayar pajak motor. Cara bayar pajak motor online harus melalui tahapan berikutnya salah satunya mendaftarkan kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya tersebut.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Mendaftarkan Kendaraan Milik Sendiri

Setelah mendaftarkan data diri selanjutnya mendaftarkan kendaraan yang akan dipajakkan. Berikut inilah beberapa langkah yang bisa diikuti:

  • Pada halaman klik menu Tambah Data Kendaraan Bermotor dan pilihlah kendaraan atas nama sendiri
  • Masukkanlah nomor registrasi kendaraan bermotor
  • Kemudian masukkan juga 5 digit terakhir nomor rangka

Mendaftarkan Kendaraan

Cara bayar pajak motor online harus melalui tahapan mendaftarkan kendaraan terlebih dahulu. Untuk mendaftarkan kendaraan milik orang lain sebagai berikut:

  • Memilih tombol + guna menambahkan data kendaraan pada dokumen digital sehingga muncul form tambah dokumen
  • Masukkanlah nama pemilik kendaraan di kolom pemilik kendaraan. Jika kendaraan milik anak atau istri dalam satu KK maka pilihlah Milik Keluarga satu KK
  • Masukkan NRKB pada kolom NRKB
  • Masukkan Nomor Rangka 5 digit terakhir di kolom Nomor Rangka
  • Masukkan NIK dari pemilik kendaraan lalu mengunggah foto KTP
  • Apabila sudah terisi semua maka tekan tombol Lanjut
  • Setelahnya akan ada peringatan dokumen berhasil ditambahkan

Cara Bayar Pajak Motor Online

Inilah langkah melakukan pendaftaran pajak secara online dengan mudah:

  • Memilih NRKB yang akan disahkan dan klik Lanjut
  • Dengan begitu informasi terkait SKK pembayaran PKB dan juga SWDKLLJ akan muncul pada halaman layar dengan jumlah yang harus dibayarkan
  • Lalu slide tombol kirim dokumen TBPKP serta masukkan terlebih dahulu alamat pengiriman sesuai dengan kolom yang tersedia
  • Setelah itu akan muncul rekap biaya di layar ponsel pintar dan silahkan untuk ke langkah berikutnya dengan klik Lanjut
  • Jika sudah muncul notifikasi Pilih Cara Pembayaran maka silahkan klik tombol Pilih Cara Pembayaran. Pada langkah ini akan muncul kode bayar dan jumlah yang wajib dibayarkan oleh wajib pajak. Selain itu juga tersedia cara melakukan pembayaran, kemudian tekan tombol Lanjut
  • Setelah semua prosesnya dilakukan dengan benar maka cara bayar pajak motor online selesai.

Aplikasi Bayar Pajak Online

Tersedianya aplikasi SIGNAL banyak memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk membayar pajak. Selain itu kemudahan ini pun juga dapat dirasakan oleh wajib pajak di setiap daerah dengan adanya aplikasi bayar pajak pada daerah tertentu.

Beberapa daerah yang telah menggunakan seperti halnya SAMBAT daerah Banten, Pajak Online DKI Jakarta, SMABARA untuk Jawa Barat, SAKPOLE untuk Jawa Tengah, e-Dempo untuk Sumatera Selatan, SAMSAT Delivery untuk Nusa Tenggara Barat dan eSamsat Polda Kalimantan Tengah. Ketersediaan layanan ini sangat memudahkan setiap orang karena cukup dengan menggunakan ponsel sudah bisa membayar pajak motor.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara bayar pajak motor online yang bisa dilakukan dengan langkah mudah. Namun kamu harus memiliki aplikasi SIGNAL terlebih dahulu untuk bisa bayar pajak.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Instagram