Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Tabungan Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan produk simpanan yang berasal dari Bank Syariah Indonesia. Jenis tabungan Bank Syariah Indonesia sangat banyak yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP

BSI merupakan bank baru dari hasil merger beberapa bank syariah di antarnya Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah dan BRI Syariah. Dari merger tersebut menghasilkan nama menjadi Bank Syariah Indonesia dengan berbagai macam layanan dan produk terbaru yang dihadirkan.

Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia

Jenis Tabungan Bank Syariah Indonesia dan Keunggulan Produknya

Dalam hal ini Bank Syariah Indonesia tidak hanya menyediakan produk unggulan namun juga basis pada setiap tabungan. Kali ini Bank Syariah Indonesia mempunyai 2 jenis tabungan yakni tabungan akad wadiah dan tabungan akad mudharabah.

Kedua jenis tabungan ini hanya bisa ditemukan pada produk tabungan Easy. Dengan demikian bisa membantu kamu dalam memahami jenis tabungan yang dihadirkan oleh BSI, berikut inilah penjelasannya:

1. Tabungan Akad Wadiah BSI

Tabungan yang dikeluarkan oleh BSI ini merupakan tabungan yang menggunakan skema penitipan. Penitipan dimaksudkan bahwa nasabah bertindak sebagai penitip dana serta sebagai pihak yang memberikan amanah pada pihak bank guna memanfaatkan dana tersebut dengan baik,

Lihat Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

Selain itu tabungan wadiah tidak menyediakan adanya perjanjian dalam pemberian bonus, akan tetapi pihak bank dapat memberinya dalam bentuk insentif secara sukarela tanpa ada kesepakatan sebelumnya antara dua belah pihak. Dengan demikian tabungan wadiah tidak ditujukan sebagai penambah nilai dari tabungan namun hanya untuk menabung saja.

2. Tabungan Mudharabah

Jenis tabungan Bank Syariah Indonesia yang berbeda dengan tabungan wadiah karena mempunyai skema kerjasama dari nasabah dan pihak bank. Peranan nasabah tidak hanya sebagai penitip uang saja melainkan juga memberi ijin pada bank agar mengelola uangnya untuk mencapai keuntungan.

Keuntungan yang nanti didapatkan oleh nasabah sesuai dengan kontraknya dan akan dibagikan dalam periode tertentu dengan menyesuaikan awal perjanjian baik itu bulanan ataupun tahunan. Apabila bank mengalami kerugian maka kerugiannya akan ditanggung penuh oleh pihak bank dan tabungan ini bisa dikatakan sebagai investasi dana.

Lihat Juga Video Cara Mudah Mengirim Uang Ke Luar Negeri

Produk Tabungan Bank Syariah Indonesia

Jika kamu berminat membuka tabungan BSI maka sebelumnya harus mengetahui apa saja produk yang dimilikinya. Selain itu juga pertimbangkan keunggulan yang ditawarkan dengan kebutuhan kamu dalam menggunakan tabungan tersebut.
Berikut inilah beberapa produk tabungan yang ditawarkan oleh BSI kepada nasabahnya:

1. Tabungan Easy Wadiah dan Mudharabah

Tabungan easy adalah salah satu produk tabungan unggulan yang dihadirkan oleh Bank BSI. Nasabah yang menggunakan jenis tabungan ini akan mendapatkan beberapa fasilitas di antaranya kartu ATM dan layanan mobile banking.

Sementara itu tabungan Easy juga dibagi menjadi 2 bagian yakni Easy Wadiah dan Easy Mudharabah. Inilah keunggulan dengan menggunakan Easy Wadiah:

• Tidak akan dikenakan biaya admin bulanan
• Tarik tunai bisa dilakukan di seluruh ATM Bank Mandiri secara gratis
• Transaksi pada EDC Bank Mandiri dan EDC Bank yang memiliki jaringan prima tidak ada biaya admin
• Kartu ATM digunakan di seluruh ATM BSI, Bersama, Mandiri, Link, Prima dan mesin ATM dengan logo VISA
Sedangkan keunggulan Easy Mudharabah di antaranya:
• Tidak ada tambahan biaya untuk tarik tunai melalui TM BSI dan ATM Bank Mandiri
• Biaya transaksinya bisa di seluruh EDC Bank Mandiri serta biaya jaringan Prima gratis
• ATM yang bisa digunakan adalah seluruh ATM BSI, Bersama, Mandiri, Link, Prima, dan ATM dengan logo VISA
• Memperoleh bonus berupa bagi hasil sebanyak 8 sampai 13 persen dari total keseluruhan keuntungan pengelolaan dana nasabah.

2. TabunganKu

Tidak jauh berbeda dengan tabungan dari bank lain, jenis tabungan Bank Syariah Indonesia pada produk TabunganKu ini diperuntukkan bagi nasabah perorangan melalui syarat yang mudah dan ringan. Kemudahan yang bisa dirasakan membuat nasabah mampu meningkatkan budaya dalam menabung di bank.

Sebab setoran awalnya dalam membuka tabungan adalah Rp 20 ribu untuk jenis tabungan yang tanpa menggunakan ATM dan untuk tabungan dengan ATM setoran awalnya Rp 80 ribu. Berikut inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh TabunganKu:

• Syarat untuk pembukaan tabungan sangat mudah hanya menggunakan KTP dan NPWP
• Memperoleh fasilitas e banking yang cukup lengkap baik itu mobile banking atau internet banking
• Memperoleh BSI debit yang digunakan sebagai ATM serta kartu debit
• Dapat menyalurkan zakat melalui cara mudah dengan TabunganKu

3. BSI Giro

Tabungan giro merupakan produk dari tabungan yang diperuntukkan bagi perorangan ataupun badan usaha dengan bentuk uang rupiah ataupun mata uang asing. Akan tetapi giro yang ada di BSI ini hanya dapat menggunakan bentuk uang rupiah saja.

Dalam proses penarikan saldi dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun akan tetapi hanya bisa pada waktu jam kerja dengan menggunakan bilyet giro, cek dan juga kartu debit.

Sementara prinsip yang digunakan adalah akad wadiah dengan bonus yang dijanjikan 3 persen dari totalnya keuntungan, inilah keunggulan dari BSI Giro:

• Transaksi lebih mudah hanya dengan cek ataupun bilyet giro
• Memperoleh bonus bulanan sesuai perjanjian kontrak serta kebijakan yang dibuat oleh BSI
• Memperoleh laporan keuangan pada setiap bulannya.

4. Tabungan Pensiun

Tabungan pensiun diperuntukkan bagi nasabah perorangan guna mempersiapkan masa tua. Adapun untuk keunggulan yang dimilikinya sebagai berikut:

• Syarat pembukaan rekening tabungan sangat mudah
• Memperoleh fasilitas BSI Mobile dan internet banking
• Memperoleh fasilitas BSI Debit Co Branding Taspen yang bisa juga digunakan sebagai kartu ATM atau debit.

5. Tabungan Mabrur

Jenis tabungan Bank Syariah Indonesia dalam bentuk rupiah untuk berangkat haji dan umroh. Setoran awalnya sekitar Rp 100 ribu dan harus terkumpul hingga Rp 25.100.000 agar bisa didaftarkan ke Siskohat Kementerian Agama.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai jenis tabungan Bank Syariah Indonesia yang bisa dipahami oleh nasabah. Setiap produk tabungan BSI menawarkan keunggulan yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh nasabah.

Instagram