Transaksi pengiriman dana kian meningkat setiap harinya. Mulai dari transaksi jual-beli, pengiriman uang antar individu, hingga pembayaran tagihan jadi kegiatan yang tidak asing lagi. Banyak pula orang yang kerap melakukan pengiriman uang ke luar negeri untuk tujuan bisnis maupun memenuhi kebutuhan keluarga yang bermukim di negara lain.

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez

Kita tentu mengenal beberapa layanan transfer uang internasional, seperti bank dan layanan remittance konvensional non-bank. Kini, masyarakat memiliki layanan alternatif yang semakin beragam, baik layanan bersistem konvensional maupun digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis jenis Layanan Transfer Uang

Remitansi Konvensional

Bank

Bank merupakan layanan transfer uang ke luar negeri yang paling konvensional. Transaksi melalui bank umumnya dilakukan untuk transfer dari bank ke bank. Jadi uang akan diterima oleh rekening tujuan pengiriman Anda di luar negeri.

Prosedur transfer uang ke luar negeri melalui bank tidak jauh berbeda dari prosedur pengiriman uang domestik. Anda hanya perlu mengisi data formulir pengiriman ke luar negeri dan menyetorkan sejumlah uang yang akan ditransfer. Jangan sungkan untuk menanyakan besaran biaya yang diterapkan untuk setiap transaksi. Antisipasi pula adanya biaya tersembunyi, seperti nilai konversi yang lebih tinggi setiap melakukan transaksi antar negara atau biaya provisi.

Selain faktor biaya tersembunyi, saat memilih bank untuk mengirim uang ke luar negeri, sebaiknya pilih layanan full amount transfer. Tanpa full amount transfer, jumlah uang yang dikirimkan tidak akan utuh karena potongan biaya kirim, provisi, dan lainnya. Alhasil, kalau Anda ingin penerima menerima dalam jumlah utuh, Anda harus membayar biaya tambahan dalam jumlah yang cukup besar.

Western Union

Western Union merupakan perusahaan layanan keuangan yang berbasis di Amerika Serikat. Layanan Western Union termasuk yang paling diandalkan masyarakat Indonesia untuk mengirim uang ke luar negeri. Cakupan wilayah yang luas serta biaya yang terjangkau menjadi dua keunggulan utama yang ditawarkan Western Union.

Prosedur transfer melalui Western Union pun cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor layanannya yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, lalu mengisi formulir transfer dan menyerahkan dana yang akan dikirim sekaligus biaya transfernya. Setelah beres, petugas akan memberikan bukti transaksi. Namun, jangka waktu pengiriman uang melaui layanan ini terbilang cukup lama dan biayanya relatif mahal, terutama jika Anda memilih opsi pembayaran via kartu kredit atau transfer bank.

Remitansi Digital

Internet Banking

Selain melalui teller, pengiriman uang ke luar negeri pun dapat dilakukan lewat internet banking. Namun, Anda perlu mengetahui kode SWIFT negara tujuan agar dapat melakukan transaksi ini. Informasi kode SWIFT dapat Anda cari melalui internet sebelum menuju ATM. Pastikan untuk memasukkan informasi dengan benar demi menghindari potensi kerugian yang cukup besar akibat kesalahan kode maupun nomor rekening.

Paypal

PayPal merupakan layanan transfer uang berbasis online yang lumayan digemari masyarakat Indonesia. Biasanya, PayPal digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli. Untuk mengirimkan uang, Anda perlu mendaftarkan kartu kredit agar akun Anda dapat terverifikasi oleh PayPal. Pengiriman dana melalui PayPal relatif cepat dan murah. Namun, transaksi ini hanya dapat dilakukan antar akun PayPal dan nilai kursnya kurang kompetitif

Aplikasi Transfez

penyedia layanan transfer uang internasional | transfez

Transfez merupakan aplikasi remittance Indonesia yang telah diluncurkan pada Desember 2019. Meski demikian, Transfez bukan pemain baru di bidang pengiriman uang antar negara. Transfez sudah berdiri sejak 2010 dengan nama Indo Koala Remittance. Perusahaan ini mendapatkan lisensi Bank Indonesia pada 2011 dan telah melayani pengiriman uang untuk koridor Indonesia-Australia.

Kini, Transfez hadir dengan aplikasi smartphone yang menawarkan sejumlah fitur canggih dan cakupan negara tujuan transfer yang lebih luas. Biaya transfer pun jauh lebih hemat dibandingkan transaksi antar bank. Dengan layanan real-time, Anda dapat lebih tenang berkat transaksi yang cepat dan mudah dilacak. Pengiriman uang pun dapat diselesaikan hanya dalam 1-2 hari.

Itulah perjalanan layanan transfer uang internasional di Indonesia. Bagaimana, tertarik mencoba salah satunya? Kunjungi situs Transfez untuk mendapatkan informasi layanan transfer uang internasional sekaligus menjajal kemudahannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram